GenK LIFE

Terkesan Sepele, Cara Menulis Footnote Penting Kamu Tahu Ketika Menulis Skripsi!

cara menulis footnote

Dalam sebuah jurnal, buku, atau karya ilmiah yang lain, kamu pasti sering menemukan footnote. Footnote atau catatan kaki adalah keterangan tambahan yang diletakkan di margin bawah sebuah halaman karya ilmiah. Catatan kaki biasanya ditandai dengan adanya kurung siku yang mengapit angka atau huruf dalam sebuah kata di teks utama.

Tidak hanya itu, penulisan tanda catatan kaki dibuat dengan format superscript atau huruf kecil di atas garis huruf. Untuk kamu yang lagi skripsi atau menulis karya ilmiah, penting banget tahu cara menulis footnote dengan tepat.

Komponen yang Harus Ada dalam Penulisan Footnote

Dalam penulisan footnote, ada beberapa hal yang harus tercantum diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Nama Penulis

Nama Penulis

sumber : unsplash.com

Catatan kaki berperan sebagai bukti dan penjelas sumber mana yang kamu gunakan. Sumber penulisan karya ilmiah yang kamu gunakan memang bisa dituliskan di daftar pustaka atau referensi di bagian belakang. Akan tetapi, penggunaan catatan kaki akan memudahkan pembaca untuk menemukan siapa nama penulis yang kamu buat sebagai referensi.

2. Judul Sumber

Judul Sumber

sumber : free-designs.net

Kemudian sertakan judul karya ilmiah yang kamu gunakan. Penulisan judul akan mempertegas sumber mana yang kamu jadikan rujukan. Pembaca karya ilmiahmu juga akan lebih mudah menemukan referensi lebih lengkap dari sumber tersebut.

3. Tahun

tahun

sumber : wallpaperflare.com

Tahun terbit juga perlu kamu cantumkan untuk mengetahui kapan referensi yang kamu gunakan diterbitkan. Hal ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui pernyataan yang diutarakan apakah memakai teori lama atau baru.

4. Halaman Kutipan

kutipan

sumber : pixabay.com

Ada baiknya halaman kutipan yang kamu ambil juga disertakan. Hal ini akan memperkuat bukti bahwa kamu menggunakan referensi yang tepat. Jika pun nanti ada kekeliruan atau butuh penjelasan, pembaca lebih mudah mencarinya pada sumber yang digunakan.

Cara Menulis Footnote Sesuai Sumber yang Digunakan

Cara menulis catatan kaki bisa disesuaikan dari sumber referensi yang kamu gunakan. Kamu mungkin pernah mengambil sumber dari buku, koran, internet, dan sebagainya. Berikut adalah cara menulis footnote sesuai sumber yang digunakan.

1. Menulis Footnote dari Buku

Menulis Footnote dari Buku

sumber : thepitcher.org

Menjadikan buku sebagai sumber referensi adalah yang paling umum dan utama untuk digunakan. Buku dianggap lebih kredibel dan lengkap jika digunakan sebagai rujukan. Kamu juga pasti akan sering menggunakan catatan kaki dari buku. Salah satu format penulisan catatan kaki dari buku yaitu Nama Pengarang, Judul Buku, Nama Penerbit, Kota Penerbit, Tahun Terbit, hlm. Nomor Halaman.

2. Menulis Footnote dari Koran

Menulis Footnote dari Koran

sumber : independent.co.uk

Ada kalanya kamu juga harus menggunakan referensi dari koran. Data atau kutipan yang kamu jadikan referensi dalam penulisan bisa kamu tulis dalam footnote. Cara penulisan catatan kaki untuk sumber koran yaitu Nama Koran, Tanggal Terbit, hlm. Nomor Halaman.

3. Menulis Footnote dari Internet

Menulis Footnote dari Internet

sumber : unsplash.com

Salah satu sumber yang juga umum digunakan sebagai sumber referensi yaitu internet. Meskipun sumber dari internet sah-sah saja jika digunakan sebagai referensi karya ilmiah namun kamu harus tetap memerhatikan sumber yang kamu ambil. Ambillah referensi dari sumber kredibel seperti website resmi lembaga, penyedia jurnal bereputasi, dan lain-lain. Cara penulisan catatan kaki untuk sumber dari internet yaitu Nama Penulis, “Judul Artikel”, diakses dari Alamat Web, pada tanggal …, pukul ….

Itulah cara menulis footnote yang bisa kamu terapkan dalam karya ilmiah. Catatan kaki akan memudahkan pembaca dalam mengetahui pembahasan secara lebih kompleks. Sebab biasanya catatan kaki tidak hanya berupa sumber referensi tapi juga pembahasan suatu kata yang dirujuk.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif