Hobi & Kriya

Cara Menyulam Sederhana bagi Pemula, Kamu Pun Pasti Bisa!

cara-menyulam

Di saat kamu nggak bisa keluar rumah, rasanya pasti bakal bosan banget. Makanya, biar nggak mati gaya, kamu bisa coba menekuni hobi baru, misalnya menyulam. Selain simpel, menyulam bisa bikin kamu rileks. Apalagi kalau dilakukan di waktu santai! Yuk, kita simak cara menyulam bagi pemula.

Mempersiapkan Peralatan Menyulam

peralatan-menyulam

Peralatan menyulam (Sumber: content.instructables.com)

Untuk menyulam, kamu perlu mempersiapkan peralatan wajib seperti midangan, gunting kecil tajam, benang sulam, jarum sulam, spidol untuk marker dan kain jenis apapun yang kamu suka. Katun, kanvas, linen, semua bisa.

Cara Menggunakan Midangan Sulam

midangan-sulam

Midangan sulam (Sumber: content.instructables.com)

Nah, cara menyulam untuk pemula selanjutnya adalah menjepit kain dengan midangan. Midangan tersedia dalam berbagai macam ukuran. Pilih yang ukurannya lebih kecil dari kainmu. Pisahkan midangan lingkaran kecil dari yang besar. Taruh kain di atas lingkaran kecil lalu rekatkan midangan lingkaran besar di luarnya. Pastikan kainmu di bagian tengah lingkaran tertarik sempurna sehingga terlihat datar lurus.

Mempersiapkan Benang dan Jarum Sulam

benang-dan-jarum-sulam

Benang dan jarus sulam (Sumber: content.instructables.com)

Selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan menyulam, yaitu benang dan jarum. Kamu bebas memilih warna apa saja sesuai dengan gambar sulaman kamu. Jarumnya juga jarum sulam atau yang lubang benangnya besar. Nanti setelah kamu masukkan benang ke lubang jarumnya, buat bundelan agar jahitan benangnya nggak terlepas dari kain.

Oh iya, sebelum mulai menyulam, kamu bisa menggambar dulu motif sulaman yang mau dibuat. Ini bebas sesuka hatimu, ya. Kamu bisa mencontoh motif dari internet, seperti Instagram atau Pinterest.  Setelah semuanya siap, kamu bisa mencoba macam-macam teknik menyulam. Ada beberapa teknik yang bisa kamu coba seperti yang dicontohkan juga melalui gambar berikut ini:

Baca Juga :   Yuk Belajar Membuat 3 Jenis Kerajinan dari Kain Perca!
About author

Related posts
Hobi & Kriya

Cara Mudah Membuat Paludarium untuk Pemula Agar Interior Makin Estetik

Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula