Hobi & Kriya

6 Tips Cara Merawat Action Figure Supaya Tahan Lama

cara merawat action figure

Hindari Paparan Matahari Langsung

cara merawat action figure 3

Simpan di ruangan khusus (sumber: tfw2005.com)

Setelah menyimpannya di tempat khusus, cara merawat action figure yang berikutnya adalah dengan memastikan koleksimu tidak terpapar matahari langsung. Karena meski sudah dimasukkan ke dalam lemari kaca sekalipun tetap rentan terkena cahaya matahari loh, GenK. 

Menutup lemari atau rak dengan kain, malah membuat deretan koleksimu tertutup. Niatnya ingin menunjukkan koleksi kepada setiap tamu yang datang, tapi malah tidak terlihat karena terhalang kain. 

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mempertimbangkan posisi lemari atau rak tersebut. Supaya koleksi action figure milikmu tidak terpapar sinar matahari langsung. Usahakan untuk tidak meletakkan lemari atau rak di dekat jendela. Karena panas dari sinar matahari dapat merusak koleksimu, terutama untuk masalah warna.

Perhatikan Tingkat Kelembapan Tempat Penyimpanan

cara merawat action figure 4

Diberi lampu untuk mengatur kelembaban (sumber: homemydesign.com)

Nah, selain sinar matahari, tingkat kelembaban juga harus diperhatikan, GenK. Ketahuilah bahwa jamus dan kawan-kawannya mampu berkembang dengan cepat di tempat yang lembab. Kamu pasti tidak mau kan kalau action figure kesayanganmu terkena jamur?

Guna menghindari pertumbuhan jamur, letakkan gel silika di tempat penyimpanan koleksimu. Kemudian perhatikan juga suhu ruangan, apakah terlalu lembab karena menghindari sinar matahari atau tidak. Ini dapat menjadi langkah yang tepat untuk menjaga agar action figure milikmu tetap awet.

Simpan di Dalam Plastik

Menyimpan action figure di dalam plastik (sumber: the-saleroom.com)

Seandainya kamu ingin memajang action figure sekaligus melindunginya dari ancaman kerusakan, simpanlah koleksimu di dalam plastik. Ini dapat menjadi cara yang tepat jika kamu memiliki budget yang terbatas. Pertama-tama masukkan action figure ke dalam plastik yang ditutup dengan rapat. Kemudian simpan bungkusan tersebut di lemari atau rak yang jauh dari jendela.

Selain satu set action figure, plastik ini dapat digunakan untuk menyimpan beberapa sekrup secara terpisah. Sekrup yang ukurannya kecil sangat rentan hilang. Untuk menjaganya, simpan saja di dalam plastik, GenK. Praktis banget!

About author

Related posts
Hobi & Kriya

7 Tips&Trick Mengelola Limbah Masker Menjadi Pot Untuk Hiasan Ruangan

Hobi & Kriya

Tips Membuat Area Belajar Anak Menjadi Nyaman, Agar si Kecil Betah Belajar

Hobi & Kriya

Ciptakan Fasilitas Belajar Unik untuk Anak di Rumah Berbahan Eceng Gondok

Hobi & Kriya

Ide Vas Bunga Tanah Liat Yang Wajib Kamu Coba Buat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *