Hobi & Kriya

6 Tips Cara Merawat Action Figure Supaya Tahan Lama

cara merawat action figure

Kamu punya action figure kesayangan yang bertumpuk? Suka khawatir action figure kamu kotor atau rusak karena bingung merawatnya? Demi menjaga koleksimu tetap awet, yuk simak 6 tips cara merawat action figure! Gampang kok, GenK!

Mengoleksi berbagai macam action figure memang punya pride tersendiri. Namun apa jadinya kalau kamu tidak tahu bagaimana cara merawatnya secara tepat. Selain mencegah terjadinya kerusakan, merawat action figure sejak dini akan memberikan banyak keuntungan di masa depan, terutama untuk melakukan investasi jangka panjang. 

Berikut adalah 6 tips merawat action figure supaya lebih awet, GenK!

Rutin Membersihkan Action Figure

cara merawat action figure 1

Membersihkan action figure (sumber: awards.sg)

Ayo siapa yang suka malas membersihkan koleksi action figure?

Padahal kegiatan ini menjadi langkah krusial jika ingin koleksimu awet dan tahan lama. Buku saja butuh perawatan ekstra supaya tidak rusak karena debu, apalagi action figure, GenK. Sebersih apapun sebuah tempat, namun kalau jarang dibersihkan akan tetap kotor juga loh

Gunakan kain yang sudah dibasahkan untuk membersihkan debu dan noda membandel yang menempel di permukaan koleksimu. Setelah itu jangan lupa dilap lagi pakai kain kering. Atau kamu dapat menggunakan kuas atau gas duster untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Nah, setelah dibersihkan, simpan koleksi action figure milikmu di tempat khusus yang akan kami bahas di poin berikutnya. Let’s go!

Menyimpan di Tempat Khusus

cara merawat action figure 2

Letakkan di atas rak (sumber: homemydesign.com)

Biaya yang kamu keluarkan untuk membeli satu set action figure tidaklah murah. Apalagi kalau beli yang limited edition, bakal sayang banget kalau ditelantarkan begitu saja. Setidaknya, sediakan satu tempat khusus untuk menyimpan koleksi action figure milikmu. Bisa di dalam lemari kaca atau disusun di rak khusus.

Berkat disimpan di tempat khusus, koleksimu jadi tidak mudah terkena debu, tidak terpapar matahari langsung, dan tidak mudah dijangkau anak-anak. Alhasil tetap tersimpan rapi layaknya saat pertama kali kamu lihat di etalase toko. 

Tips: Kini ada banyak rak murah yang dapat kamu borong di toko online. Dengan kisaran harga Rp100.000 – Rp200.000 pun kamu sudah bisa mendapatkan rak yang kokoh dan layak pakai untuk menyimpan koleksimu, GenK.

Hindari Paparan Matahari Langsung

cara merawat action figure 3

Simpan di ruangan khusus (sumber: tfw2005.com)

Setelah menyimpannya di tempat khusus, cara merawat action figure yang berikutnya adalah dengan memastikan koleksimu tidak terpapar matahari langsung. Karena meski sudah dimasukkan ke dalam lemari kaca sekalipun tetap rentan terkena cahaya matahari loh, GenK. 

Menutup lemari atau rak dengan kain, malah membuat deretan koleksimu tertutup. Niatnya ingin menunjukkan koleksi kepada setiap tamu yang datang, tapi malah tidak terlihat karena terhalang kain. 

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mempertimbangkan posisi lemari atau rak tersebut. Supaya koleksi action figure milikmu tidak terpapar sinar matahari langsung. Usahakan untuk tidak meletakkan lemari atau rak di dekat jendela. Karena panas dari sinar matahari dapat merusak koleksimu, terutama untuk masalah warna.

Perhatikan Tingkat Kelembapan Tempat Penyimpanan

cara merawat action figure 4

Diberi lampu untuk mengatur kelembaban (sumber: homemydesign.com)

Nah, selain sinar matahari, tingkat kelembaban juga harus diperhatikan, GenK. Ketahuilah bahwa jamus dan kawan-kawannya mampu berkembang dengan cepat di tempat yang lembab. Kamu pasti tidak mau kan kalau action figure kesayanganmu terkena jamur?

Guna menghindari pertumbuhan jamur, letakkan gel silika di tempat penyimpanan koleksimu. Kemudian perhatikan juga suhu ruangan, apakah terlalu lembab karena menghindari sinar matahari atau tidak. Ini dapat menjadi langkah yang tepat untuk menjaga agar action figure milikmu tetap awet.

Simpan di Dalam Plastik

Menyimpan action figure di dalam plastik (sumber: the-saleroom.com)

Seandainya kamu ingin memajang action figure sekaligus melindunginya dari ancaman kerusakan, simpanlah koleksimu di dalam plastik. Ini dapat menjadi cara yang tepat jika kamu memiliki budget yang terbatas. Pertama-tama masukkan action figure ke dalam plastik yang ditutup dengan rapat. Kemudian simpan bungkusan tersebut di lemari atau rak yang jauh dari jendela.

Selain satu set action figure, plastik ini dapat digunakan untuk menyimpan beberapa sekrup secara terpisah. Sekrup yang ukurannya kecil sangat rentan hilang. Untuk menjaganya, simpan saja di dalam plastik, GenK. Praktis banget!

Cabut Baterai Jika Tidak Dipakai

Baterai pada action figure (sumber: wikihow.com)

Cara merawat action figure yang berikutnya adalah dengan mencabut baterai jika tidak dipakai. Kebocoran baterai dapat terjadi jika sudah dipakai berkali-kali dalam jangka waktu panjang. Ini akan berefek buruk, karena kebocoran dan karat dari baterai dapat merusak koleksimu, GenK.

Langkah pencegahan yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengeluarkan baterai setiap kamu selesai bermain dengan action figure. Selama apapun itu dan di mana pun kamu menyimpannya, tetap tidak lupa untuk melepas baterai. 

Tips: Apabila ternyata baterai di dalam action figure milikmu sudah berkarat, gunakan sarung tangan latex untuk mencabutnya dari sana. Supaya tanganmu tidak terkena dampak apapun, GenK.

 

Itu dia beberapa cara merawat action figure yang dapat langsung kamu terapkan. Mulai dulu dari langkah kecil, yang penting koleksimu tetap terjaga. Selain action figure, kami juga pernah membahas tentang cara merawat komik di artikel sebelumnya. 

Polling

About author

Related posts
Hobi & Kriya

7 Tips&Trick Mengelola Limbah Masker Menjadi Pot Untuk Hiasan Ruangan

Hobi & Kriya

Tips Membuat Area Belajar Anak Menjadi Nyaman, Agar si Kecil Betah Belajar

Hobi & Kriya

Ciptakan Fasilitas Belajar Unik untuk Anak di Rumah Berbahan Eceng Gondok

Hobi & Kriya

Ide Vas Bunga Tanah Liat Yang Wajib Kamu Coba Buat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *