GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif

Siapa, sih, yang nggak pernah mendapat kritik dari orang lain, GenKs? Sebagai pemilik bisnis, kita dapat kritik dari klien. Sebagai leader, kita dikritik tentang leadership style dan segala keputusan yang kita ambil. Bahkan lebih sering lagi kritik datang dari karyawan. Dan dalam hubungan personal dengan orang-orang di sekitar atau masyarakat yang lebih luas, kita juga berhadapan dengan berbagai kritik. Well, well, seperti yang kamu lihat, kritik akan selalu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Biar nggak makan hati, cara terbaik menghadapi kritik di setiap kondisi hidupmu adalah dengan belajar gimana cara merespon kritik dengan positif.

Tips Menanggapi Kritik dengan Baik

Sumber Gambar : incimages.com

Meski rasanya menyakitkan saat mendapat kritik dari orang lain, tapi bagaimanapun ini adalah kesempatanmu untuk tumbuh jadi pribadi yang lebih baik. Nah, karena itulah penting banget belajar tentang gimana cara menerima kritik dengan anggun dan meresponnya secara profesional.

Jika kamu menutup diri dan bertindak defensif saat mendengar kritikan, mustahil bagimu belajar dan tumbuh dari kesalahan di masa lalu. Menerim kritikan sangat bagus untuk perlembangan dirimu.

Nah, di bawah ini tips merespon kritikan yang bisa kamu lakukan:

Berikan Tanggapan Positif

Sumber Gambar : forbes.com

Langkah pertama dalam menerima kritikan adalah mendengarkan secara aktif dan berusahalah untuk sebisa mungkin nggak menunjukkan sikap defensif. Perlu diingat, memberi kritik itu hampir sama sulitnya dengan menerima kritik, lho.

Usai kamu mendapat kritikan, baik secara langsung atau tertulis, ini beberapa cara meresponnya:

  • Tunjukan rasa syukur, jangan berpura-pura kamu nggak tersinggung. Ucapkan saja terima kasih atas kritikannya
  • Hindari memberikan pernyataan sampai kamu mengajukan pertanyaan klarifikasi dulu
  • Katakan, ‘Saya mendengar Anda mengatakan…’
  • Mintalah beberapa solusi dari pihak yang mengkritikmu. Satu atau dua saran sangat berarti
  • Dan jangan lupa untuk berterima kasih, ya

Kapan, sih, Waktu Terbaik untuk Merespons Kritik?

Sumber Gambar : kajabi.com

Terkadang kamu harus mengambil jeda waktu dan menunda memberikan respon terhadap kritik. Hal ini lebih baik ketimbang kamu merespon dengan reaksi pertama, yang mungkin bisa sangat berlebihan. Kritik, gimana pun emang sulit didengar, apalagi diterima. Tapi tetap aja kamu harus mendengarkannya. Dan jika perlu, mintalah waktu untuk memikirkannya.

Ingat, jujurlah saat memberikan tanggapan. Kamu bisa mengatakan: ‘Ini sangat berat untuk saya dengar. Tapi bisakah saya meminta waktu satu jam untuk mencerna ucapan dari Anda?’

Strategi Terbaik Menghadapi Kritik Negatif

Sumber Gambar : mostinside.com

Lalu gimana ketika kita mendapat kritikan yang negatif? FYI, kritikan negatif juga punya maksud positif, lho, guys. Misalnya menguatkan karaktermu, meningkatkan pengaruh dan memperkuat koneksi. Menurut seorang pakar komunikasi, Jack Griffin, seenggaknya ada enam langkah proses yang bisa kamu lakukan saat berhadapan dengan kritikan negatif, yakni:

#1: Terima kritik sebagai peluang. Semua kritik, bahkan yang terdengar sangat menyakitkan, punya manfaat tersembunyi. Karena gimana pun, sebenarnya kritik bisa menunjukkan hal-hal yang nggak kamu lakukan dengan baik, GenKs

#2: Tahan keinginan untuk merespon secara defensif. Cukup dengarkan dan pelajari saja

#3: Sadari bahwa yang namanya kritik adalah persepsi dari orang lain, nggak lebih

#4: Jangan menerima kritik yang nggak adil atau nggak berdasar. Tapi jangan pula menolaknya. Tetap ambil pelajaran positif dari kritikan negatif itu

#5: Manfaatkan kesempatan untuk merespon kritik. Komunikasikan akar permasalahan kritikan dengan lebih baik untuk meningkatkan dan menguatkan hubunganmu dengan orang lain

#6: Ketika mendengarkan kritik, tunjukkan kalau kamu benar-benar mendengarkannya, guys

Nah, sekarang udah nggak bingung lagi untuk menghadapi kritikan dari orang lain, kan, GenKs? Langsung aja terapkan aja 6 cara merespon kritik di atas, ya!

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Alasan Kenapa Kamu Mungkin Ternyata Punya Trust Issue dan Berikut Cara Atasinya