Game & Teknologi

Cara Mereview Game untuk YouTuber Pemula, Cek Tips and Trick-nya Yuk!

Kerjaan sebagai YouTuber saat ini udah nggak dianggap asing lagi di mayoritas masyarakat. Bahkan bisa dibilang cukup banyak orang bermimpi menjadi seorang YouTuber. Karena emang nggak dipungkiri, penghasilan dari YouTube setiap bulannya sangatlah menggiurkan. Apalagi sekarang jenis video YouTube makin beragam. Salah satu konten YouTube yang menarik dan diminati sebagian besar audiens adalah review game. Nah, berikut ini adalah tips dan trik cara mereview game buat kamu yang tertarik ingin jadi YouTuber gaming, GenKs:

Langkah #1: Pilih Jenis Game Apa yang Ingin Kamu Review

Sumber Gambar : Youtube.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum me-review game di channel YouTube-mu, ya, udah pasti memilih jenis game yang ingin diulas. Nah, jangan asal-asalan dalam memilih game. Sebaiknya pilih game yang emang udah kamu kenal banget, guys. Hindari me-review game yang asing buatmu. Apalagi coba-coba mainin game yang merupakan sekuel game lain dan belum satu pun dari sekuel itu yang pernah kamu jajal. Selain itu, utamakan jenis game dengan genre yang kamu sukai.

Langkah #2: Kenali Game Lebih Dalam

Sumber Gambar : layarsosial.com

Jika kamu udah nentuin game apa yang ingin di-review, selanjutnya kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi tentang game itu. Mulai dari siapa developer-nya, kapan dirilis secara global, apakah multiplatform atau enggak, apa ada beda antara versi console dengan PC hingga kaitan ceritanya dengan anime. Meski terkesan remeh, tapi dengan kamu mengenal game semakin dalam, maka kamu nggak bakalan kehabisan ide untuk ngobrolin soal game tersebut di konten review-mu nantinya.

Langkah #3: Tentukan Apa Aja Kriteriamu dalam Menilai

cara mereview game

Sumber Gambar : gamebrot.com

FYI, ada seenggaknya 4 kriteria dalam penilaian konten review game. Apa aja? Mulai dari graphic, gameplay, value dan yang terakhir adalah overall rating. Tapi kamu juga bisa menentukan kriteria sendiri, kok. Seperti story, graphic, gameplay, sound dan overall rating. Nggak masalah apa pun kriteria yang akan kamu gunakan, yang pasti, tentukan semuanya di awal. Karena semua kriteria ini akan jadi acuanmu saat mengulas keunggulan dan kekurangan sebuah game, GenKs.

Langkah #4: Jangka Waktu Memainkannya

cara mereview game

Sumber Gambar : eraspace.com

Cara me-review game sebagai YouTuber pemula yang harus kamu perhatikan berikutnya adalah, jangan pernah sekali-kali bikin review dari game apa pun jika cuma kamu mainkan sebentar doang. Apa alasannya? Karena hal ini akan membuat penilaianmu jadi kurang fair, guys, pasalnya kamu belum menyelami seluruh aspek yang ada di dalam game itu.

Pastikan kamu memainkan game yang mau di-review hingga tamat. Lalu gimana kalau durasi game-nya terlalu panjang? Nggak masalah, asalkan kamu udah memainkannya cukup lama. Sebagai patokannya, mainkanlah game itu dalam waktu minimal 20 jam. Tapi jika yang kamu ulas itu hanya game mobile atau visual novel, durasinya nggak bakal sepanjang itu, kok, guys. Tapi pastikan satu hal ini dulu, yakni kamu udah benar-benar mengetahui apa kelebihan dan kekurangan game itu secara terperinci, ya.

Langkah #5: Rekam Perjalananmu Bermain

https://eps-production.com/wp-content/uploads/2022/02/Komputer-gaming-untuk-youtuber-pemula-scaled.jpg

Namanya YouTuber gaming, terutama kamu yang membahas review game-game tertentu, pastinya kurang afdol dan terlihat ngebosanin banget jika nggak disertai dengan rekaman layar selama kamu nge-game, GenKs. Tapi karena mustahil memposting seluruh rekaman mulai dari detik 0 hingga detik ke sekian juta hingga game tamat, kamu bisa memotong cuplikan-cuplikan yang menurutmu paling seru aja.

Gunakan software rekam layar di PC atau laptop yang banyak tersedia, mulai dari yang versi gratisan hingga yang versi premium. Dan tunjukkan editing skill-mu untuk menciptakan konten video review game super seru untuk penontonmu.

Wah, ternyata menarik banget, ya, cara mereview game sebagai YouTuber pemula? Udah siap beraksi, kan, GenKs?

About author

Related posts
Game & Teknologi

Kenali Jenis Keyword SEO Sesuai Target Market Kamu

Game & Teknologi

Cara Membuat Avatar 3D di Instagram Buat Bikin Stikermu Sendiri

Game & Teknologi

7 Tips Belajar UI UX Design, Newbie Wajib Tahu

Game & Teknologi

6 Tips Mudah untuk Bikin Kid Friendly Website, Cek di Sini!