Creativepreneur and Career

Cara Mudah Bangun Employer Branding untuk Pebisnis Kecil dan Pemula

Tak perlu malu buat kamu yang baru saja merintis sebuah usaha kecil. Mau itu bisnis makanan seperti seblak atau minuman kekinian, atau usaha service seperti laundry dan cuci sepatu, semua itu sama kerennya! Apalagi kalau kamu sudah mulai punya karyawan sendiri, tentu itu jadi nilai plus dan pertanda bahwa bisnismu sudah berkembang. Nah, kamu yang udah ada di posisi ini, penting banget untuk tahu yang namanya employer branding. Employer branding merupakan kunci agar karyawanmu betah bekerja dalam waktu lama dan kamu juga lebih mudah mencari karyawan baru jika dibutuhkan.

Pada dasarnya, untuk menciptakan employer branding, kamu perlu memastikan kalau kesejahteraan karyawan diperhatikan, mereka nyaman dalam bekerja, dan mendapatkan semua haknya setelah menyelesaikan tanggung jawabnya.

Intip yuk, beberapa cara mudah untuk membangun employer branding supaya bisnimu makin besar dengan dukungan karyawan yang loyal!

Bikin akun media sosial khusus

Sumber Gambar : idseducation.com

Kamu perlu menunjukkan kalau bekerja di bisnis milikmu adalah hal yang menyenangkan dan penuh dengan positivity. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan membuat akun media sosial khusus, atau minimal menjadwalkan unggahan khusus tentang karyawan di akun media sosial bisnismu. Misalnya nih, rekam keseharian karyawan saat istirahat sambil bersenda gurau lalu tambahkan caption penyemangat dan relate dengan semua orang.

Memberikan reward secara berkala

Sumber Gambar : everydaycheapskate.com

Kamu memang perlu banget memanjakan para pembeli atau klien supaya bisnismu tetap berjalan. Tapi jangan lupa juga, ada para karyawan yang mendukung bisnismu bisa tetap berjalan. Jadi pastikan mereka mendapatkan hadiah istimewa secara berkala. Nggak perlu nilai yang terlalu besar kok, kamu bisa memberikan beberapa reward sederhana. Misalnya tambahan libur sehari dalam sebulan atau voucher di restoran dekat kantor.

Lakukan pertemuan rutin

employer branding

Sumber Gambar : fotolog.com

Saat karyawan masih sedikit, pasti dekat banget dengan bosnya. Tapi ketika jumlah mulai bertambah dan kamu punya tangan kanan, jangan sampai hubungan dengan karyawan biasa jadi renggang. Pastikan kamu tahu satu persatu individu dan lakukan pertemuan rutin untuk ngobrol serta mengetahui keluh kesah mereka. Kalau ada untung lebih dari bisnismu, boleh juga dianggarkan untuk liburan bareng seluruh karyawan.

Dengan segala perlakuan yang menyenangkan dari pemilik usaha, dijamin karyawan akan lebih betah dan mereka pun memiliki imej yang positif tentang tempat kerjanya. Selain itu, ternyata ada juga lho manfaatnya untuk bisnismu dalam jangka panjang, antara lain:

Meningkatkan kepuasan konsumen

employer branding

Sumber Gambar : entrepreneur.com

Kalau karyawan happy, bekerja dengan ceria dan ramah, sudah pasti mereka akan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Hasilnya, konsumen pun akan terpuaskan dan tak ragu untuk kembali lagi membeli barangmu atau menggunakan jasamu. Jadi langganan, udah pasti kamu lebih banyak cuan!

Mengurangi keluhan pelanggan

employer branding

Sumber Gambar : outsourcechats.com

Otomatis kalau konsumen terpuaskan, maka lebih jarang yang mengeluh. Kalau pun ada kesalahan yang dilakukan, biasanya nih mereka akan lebih kalem dan tak keburu emosi karena merasa pelayanan darimu di atas rata-rata.

Last but not least, tentu saja dengan employer branding, kamu jadi punya banyak orang kepercayaan yang rela melakukan apa saja demi membantu bisnismu lebih berkembang. Susah lho, mencari karyawan yang setia dan bersungguh-sungguh dalam bekerja. Jadi kalau kamu udah punya, pastikan memberikan yang terbaik untuk mereka seperti halnya mereka juga bekerja dengan sepenuh hati setiap harinya!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!