Creativepreneur and Career

Cara Mudah Membuat Bisnis Plan Untukmu yang Mau Buka Usaha!

membuat Bisnis Plan

Kalian bingung mau rencanain bisnis buat buka usaha? Pingin usaha tapi masih bingung mulai darimana. Padahal banyak yang harus disiapkan untuk memulai bisnis, salah satunya membuat bisnis plan atau rencana bisnis yang akan dikembangkan. Ada beberapa tips ide yang bisa kalian lakukan untuk rencana bisnis kamu lo, agar kamu bisa ada gambaran buat menjalankannya. Yuk simak beberapa cara mudah membuat Bisnis Plan rencana bisnis atau untuk kamu yang mau buka usaha! 

Membuat Strategi Marketing

Sumber Gambar : linovhr.com

Untuk membuat bisnis yang baik diperlukan strategi marketing yang baik pula. Dengan merancang strategi untuk bisnis akan membuat skala bisnis kemungkinan jadi besar. Buat timeline untuk membuat strategi marketing kamu jadi lebih teratur dan step-step yang akan dilakukan lebih mudah. Seperti buat waktu kapan memasarkan barang, buat promosi, peluncuran produk dan lainnya. Walaupun buat rencana bisnis kadang sulit tapi hal ini harus dilakukan demi membuat perjalanan bisnismu lebih mudah dan teratur pastinya. Yuk semangat yang mau terjun di dunia bisnis!

Menyusun Tujuan Bisnis

Sumber Gambar : digitalkrew.id

Awal-awal membuat bisnis pastikan tujuan bisnis kamu sudah tersusun dengan rapi mulai dari jenis bisnis, latar belakang, promosi, pemasaran mulai disusun. Tentukan apa saja yang ingin kamu capai pada tujuan bisnismu. Dengan menyusun tujuan bisnis pasti arah bisnis kamu lebih jelas dan mudah dalam mengambil keputusan, pastikan kamu tidak salah dalam mengambil keputusan ya!

Sebelum Memulai Bisnis Lakukan Riset Terlebih Dahulu

membuat Bisnis Plan

Sumber Gambar : accurate.id

Melakukan riset sebelum memulai bisnis sangat perlu dilakukan. Hal ini dijadikan sebagai landasan dalam membuat rencana yang akan dilakukan. Hal yang bisa dilakukan yaitu melakukan riset produk, selera konsumen, pesaing bisnis sampai inovasi pasar. Melakukan riset justru akan membuat kamu jadi lebih paham dengan bisnis yang mau dijalankan dan meminimalisir kesulitan di masa yang akan datang. Dan yang jelas kamu bisa lebih matang dalam mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, dengan melakukan riset bisa jadi dasar dalam mengembangkan produk dan juga memperluas jaringan bisnis kamu loh, yang terpenting rajin-rajin riset hehehe!

Branding Perusahaan

membuat Bisnis Plan

Sumber Gambar : becakmabur.com

Kamu juga harus mengenalkan perusahaan atau membuat branding perusahaan dalam bisnis plan kamu. Dengan membranding perusahaan atau bisnis kamu bisa lebih memperkenalkan bisnis kamu. Dengan membuat branding perusahaan terus menerus dan rajin mempresentasikan bisnis kamu para calon investor pasti akan lebih tertarik. Dan yang perlu diingat juga kamu harus mencantumkan produk, jasa apa saja yang bisa ditawarkan, sumber daya yang dimiliki dan target pasar yang jelas. Agar investor yang mengenal makin tertarik lagi!

Laporan Keuangan (Buku Kas) 

membuat Bisnis Plan

Sumber Gambar : folderbisnis.com

Membuat laporan keuangan akan mempermudah kamu buat menarik investor agar berinvestasi dengan bisnis kamu. Maka dari itu, jangan lupakan untuk melampirkan laporan keuangan bisnis kamu dari jumlah terkecil sampai ke besar. Dengan membuat laporan keuangan dan menampilkannya kepada para calon investor tentunya akan membuat peluang bisnis kamu semakin terbuka, karena peluang bisa menarik investor lebih tinggi agar berinvestasi ke bisnis kamu. Sekarang ini sudah banyak berbagai aplikasi yang bisa membantu kamu mencatat laporan keuangan loh seperti Buku Kas, Buku Warung dan masih banyak lagi. 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat bisnis plan untuk yang mau buka usaha. Dengan niat, keyakinan, tekad yang kuat pasti akan ada jalan untuk membuat bisnis kamu jadi sukses, semangat buka bisnis!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis

Creativepreneur and Career

Yuk Kenalan Sama Agio Dalam Dunia Investasi!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis Properti, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.