Hobi & Kriya

Cara Mudah Membuat Paludarium untuk Pemula Agar Interior Makin Estetik

Ada banyak banget aktivitas yang akhir-akhir ini jadi tren di kalangan masyarakat sejak aturan #stayhome diberlakukan pada awal tahun 2020 lalu. Mulai dari mengurus tanaman hias, mencoba resep-resep masakan viral, memelihara ikan hias hingga salah satu yang lagi populer banget, yaitu membuat paludarium yang unik. Tapi, apa itu paludarium sebenarnya? Kenapa aktivitas ini begitu digemari, nggak cuma oleh masyarakat biasa, melainkan juga kalangan selebriti? Simak ulasannya berikut:

Paludarium, Seni Estetis Menyatukan Ekosistem Darat dan Air

Sumber Gambar : aquariumsource.com

Meski sedang tren, tapi nyatanya masih banyak yang asing dengan istilah ini, lho, guys. Nah, paludarium sendiri merupakan salah satu jenis vivarium yang terdiri dari dua elemen, yakni air dan tanah yang ditempatkan dalam satu wadah atau ruangan tertutup. Karena itulah paludarium sangat unik.

Paludarium berasal dari bahasa Latin ‘palus’ yang artinya ‘rawa’ atau ‘tanah dekat air’, dan ‘arium’ yang berarti ‘wadah’, ‘tempat’ atau ‘ruang’.

Nggak cuma sebagai hobi, paludarium juga memiliki tujuan untuk menambah nilai estetia dalam sebuah hunian karena menciptakan kesan natural yang asri. Namun ada juga yang membuat paludarium dengan tujuan ilmiah atau hortikultura. Apapun tujuannya, bikin paludarium wajib dicoba, lho.

Tips Membuat Paludarium yang Unik dan Bernilai Seni untuk Pemula

Sumber Gambar : redd.it

Well, cara membuat paludarium sebenarnya nggak terlalu sulit, kok. Bahkan untuk pemula sekali pun, kamu dijamin langsung bisa bikin paludarium. Kunci ketika akan membuat paludarium adalah memasukkan tiga area utama, yakni kanopi, tanah dan air. Gimana pun desainnya, paludarium harus punya area-area ini.

Area Kanopi

Sumber Gambar : paluweb

Area paling atas dari sebuah paludarium adalah kanopi. Di sinilah kamu meletakkan segala jenis flora yang ditanam akan tumbuh. Kanopi biasanya terdiri dari hardscape, seperti dahan kayu atau batu. Area ini berfungsi sebagai payung teduh bagi lingkungan sekitar. Di sinilah rumah bagi hewan yang menyukai tempat tinggi.

Baca Juga :   Cantik dan Anggun, Ini Dia Busana Daerah Terbaik Puteri Indonesia 2020

Area Tanah

membuat paludarium

Sumber Gambar : Youtube

Jangan lupakan hardscape yang kering ketika akan membuat paludarium. Karena di sinilah letak pondasi yang akan mengatur seluruh ekosistem. Kamu bisa menggunakan setiap jenis bahan, mulai dari batu-batuan, tanah, kayu apung atau bahkan pasir. Area ini akan menjadi tempat tinggal hewan semi-akuatik di ekosistem paludariummu.

Area Air

membuat paludarium

Sumber Gambar : redd.it

Well, memang ini hanya air. Tapi, justru di lingkungan yang sederhana inilah ekosistem paludarium akan berkembang pesat, guys. Dan jangan salah, area air nggak cuma sebagai habitat hewan-hewan air saja, lho. Karena area air adalah sumber yang akan menghidrasi dua area lainnya. Bagian ini juga memiliki peran yang sangat vital, yakni untuk meningkatkan tingkat kelembaban dalam ekosistem.

Cara Membuat

membuat paludarium

Sumber Gambar : redd.it

Bikin paludarium cukup gampang, kok. Pertama-tama letakkan potongan besar kayu apung ke dalam akuarium untuk menopang penghuni paludarium. Letakkan sedikit agak ke atas dan pisahkan tangki dengan kaca akrilik. Setelah itu, isilah bagian bawah dengan air dan bagian atas dengan tanah. Seberapa banyak air atau tanah yang dibutuhkan? Jawabannya bergantung pada desain dan tingkat kreativitasmu.

Sebenarnya nggak ada aturan baku tentang cara membuat paludarium. Kamu bisa sebebas mungkin merancang ekosistem dan kehidupan paludariummu sendiri sesuai dengan kreativitasmu. Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar, termasuk tanaman dari kebunmu. Gimana, sudah siap menciptakan dunia paludarium-mu?

About author

Related posts
Hobi & Kriya

Gading Serpong Olympic XI : EUPHORIA

Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula