Game & Teknologi

Cara Mudah Menggunakan Fitur ‘Unsend’ di Gmail

unsend gmail

Terkadang, kita terlalu terburu-buru melakukan sesuatu sehingga tidak sadar bahwa kita melakukan kesalahan atau kecerobohan. Hal ini juga biasa terjadi saat mengirim surel atau surat elektronik, terutama jika sedang dilanda panik!

Biasanya, deadline yang mepet dan waktu yang sangat singkat kerap menjadikan kita terlalu terburu-buru, sehingga kita refleks ingin cepat-cepat mengirimkan semua file yang harus dikirim. Namun, bagaimana kalau kita baru menyadari ada kesalahan dalam e-mail tersebut?

Jika kamu adalah pengguna Gmail, kamu tidak perlu khawatir. Sekarang, Gmail memiliki fitur unsend yang bisa menarik kembali pesanmu layaknya fitur unsend pada aplikasi chatting.

Cara Unsend Email di Gmail

Sesaat setelah kamu mengirim pesan, perhatikan kolom pemberitahuan yang ada di pojok kiri bawah. Tampilannya akan seperti ini:

cara unsend email

Apabila kamu ingin mengecek ulang terlebih dahulu isi email yang telah kamu kirim, klik pada tulisan ‘view message.’ Gmail akan menampilkan satu halaman penuh berisi email tersebut.

Jika kamu menyadari ada kesalahan pada isi emailmu, kamu bisa klik tulisan ‘undo.’ Gmail otomatis akan menarik kembali pesanmu dan menaruhnya di draft, sehingga emailmu dianggap gagal terkirim.

Email yang sudah masuk ke draft dapat kamu akses ulang untuk diedit, ditambahkan file, atau bahkan diganti alamat penerima surelnya.

Tapi, waktu yang disediakan oleh Gmail untuk menggunakan fitur undo maksimal hanya 30 detik. Oleh karena itu, lakukan cross-check ulang emailmu secepat mungkin, ya!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis

Game & Teknologi

Kenali Jenis Keyword SEO Sesuai Target Market Kamu

Game & Teknologi

Cara Mereview Game untuk YouTuber Pemula, Cek Tips and Trick-nya Yuk!

Game & Teknologi

Cara Membuat Avatar 3D di Instagram Buat Bikin Stikermu Sendiri