Creativepreneur and Career

Cara Mudah Meningkatkan Komentar Instagram Tanpa Harus Beli Follower atau Boosting Iklan

cara meningkatkan komentar Instagram

Selain views dan like, komentar adalah salah satu yang hal yang berperan penting terhadap peningkatan engagement di Instagram. Ketika engagement naik, maka reach atau jangkauan serta relevansi dari akun yang kamu punya bisa lebih luas lagi. Dan tentu saja, bila akun mu itu digunakan sebagai media marketing, maka akan ada banyak keuntungan yang didapatkan. Mulai dari meningkatkan follower, promosi produk lebih mengena ke sasaran, popularitas akunmu naik dan banyak lagi lainnya.  Hanya saja, bukan perkara mudah untuk dapat meningkatkan komentar di sebuah akun Instagram. Penyebabnya bisa jadi banyak hal, seperti kontenmu memang nggak menarik, terlalu banyaknya akun bot, sampai dengan kesalahan sistem atau malfungsi.  Bagi kamu yang ingin tahu cara meningkatkan komentar Instagram, berikut langkah-langkah yang dapat kamu coba!

Bikin konten yang lain dari biasanya 

Sumber Gambar : business2community.com

Mungkin selama ini konten yang kamu unggah di akun Instagram terasa terlalu flat dan monoton. Maka kamu dapat mengatasinya dengan cara membuat sebuah gebrakan baru yaitu posting konten yang berbeda dari biasanya. 

Contohnya saja, jika selama ini kamu seringnya hanya posting produk dengan caption yang ala kadarnya, maka mulailah mencoba unggahan lain seperti tips yang masih ada kaitannya dengan produkmu. Kamu juga bisa coba posting sesuatu yang menggelitik atau lucu, tapi tidak terkesan receh.

Lemparkan pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan semua orang mampu menjawabnya

Sumber Gambar : hdmarketingonline.com

Dipercaya atau tidak, konten simple berupa pertanyaan dapat meningkatkan jumlah komentar. Ya, tentu saja, pertanyaan yang dilontarkan bukan yang berat dan harus mikir beribu kali untuk menjawabnya. Buat saja yang sederhana, seperti “Kalau kamu dapat hadiah dari (sebutkan produkmu) berupa uang tunai sebesar (nominalnya), apa yang akan kamu lakukan?” Nah, pertanyaan-pertanyaan sepele seperti ini dapat memancing follower untuk berkomentar. 

Kamu dapat menanggapi semua komentar yang masuk atau juga memilih mana yang patut dikomentari dan mana yang nggak. Hanya saja yang patut diperhatikan adalah jangan menghapus komentar apabila ada yang bernada negatif. Biarkan tetap ada, karena justru akan memancing follower-follower lain untuk mengomentari komentar negatif tersebut.

Gunakan hashtag yang relevan dan sesuai dengan apa yang kamu unggah

cara meningkatkan komentar Instagram

Sumber Gambar : tailwindapp.com

Dulu mungkin hashtag tidak terlalu dipandang sebagai satu elemen penting, tapi sekarang ini justru sebuah postingan yang tidak mengikutsertakan tagar tertentu akan hilang di belantara media sosial dan susah untuk dilihat baik oleh follower atau orang lain. 

Untuk itu, gunakan hashtag yang relevan dengan apa yang kamu posting. Memang ada kalanya menggunakan hashtag yang trending dapat meningkatkan reach, tapi justru efek negatifnya akan menjadikan algoritma terhadap akunmu menjadi buruk.

Buat give away untuk menjaring komentar

cara meningkatkan komentar Instagram

Sumber Gambar : adespresso.com

Give away adalah salah satu cara lain yang tak kalah efektifnya untuk menjaring komentar dari para follower ataupun pengguna Instagram lainnya. Semakin menarik barang yang akan diberikan, maka semakin besar pula kemungkinan postingan mu tersebut dikomentari. 

Kamu bisa memberikan hadiah kepada siapa saja yang bisa membubuhkan komentar paling menarik di postingan tertentu atau lainnya. Dengan semakin banyak orang yang berkomentar, maka ada kemungkinan like juga melonjak tinggi. Dari sini, maka kamu akan mendapatkan 2 hal, yaitu peningkatan engagement dan reach yang luas.

Memang masih banyak cara meningkatkan komentar Instagram, tapi beberapa langkah di atas adalah yang paling mudah dilakukan tanpa harus boosting iklan atau harus keluar sejumlah uang untuk beli follower sekaligus komentar.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan