Creativepreneur and Career

Cara Naik Jabatan secara Profesional untuk yang Ingin Kembangkan Karier

cara-naik-jabatan

Gaji yang lebih tinggi, posisi yang lebih menjanjikan dan rasa sukses yang lebih besar. Banyak orang bermimpi dipromosikan ke jabatan yang lebih mentereng. Tapi nggak semuanya bisa dapetin kesempatan emas. Untuk kamu-kamu yang lagi mengincar kenaikan jabatan di tempat kerja, nggak boleh asal-asalan, lho. Ada rahasia yang harus kamu ketahui supaya langkah menuju karier lebih cerah mulus tanpa aral rintangan menghadang. Berikut ini 7 cara naik jabatan secara profesional.

1. Berikan Value Lebih Besar

berikan-value-pada-pekerjaan

Ilustrasi orang berbincang (Sumber: corporatecomplianceinsights.com)

Kalo ingin dipromosikan, pastikan kamu memikirkan apa sih, yang diinginkan perusahaan dari kamu sebagai karyawannya. Setiap perusahaan tentu ingin karyawan mereka memberikan kontribusi yang nyata pada perusahaan.

Caranya, bisa dengan meningkatkan keterampilan untuk memberi hasil yang lebih baik bagi perusahaan, mengikuti berbagai aktivitas perusahaan yang memungkinkanmu menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman, atau temukan peluang baru untuk mengembangkan karier.

2. Mintalah Saran dari SPV

minta-saran-dari-atasan

Ilustrasi orang meminta saran (Sumber: thenexthint.com)

Jangan ragu untuk meminta feedback dari manajer atau atasanmu di kantor. Trik ini cukup efektif untuk naik jabatan, loh. Cobalah kamu sampaikan keinginanmu untuk dipromosikan pada SPV. Lakukan secara profesional.

Buat daftar tanggung jawab pekerjaanmu, pencapaian, skill dan pengalaman yang kamu miliki. Jangan lupa tunjukkan gimana pekerjaanmu memberi manfaat bagi perusahaan. Ekspresikan tentang mimpimu naik jabatan dengan jelas dan lugas.

3. Perhatikan Rekan Kerja yang Udah Dapet Promosi

belajar-dari-rekan-kerja

Ilustrasi kerja sama dalam tim (Sumber: static.voices.com)

Untuk mengidentifikasikan cara naik jabatan, kamu bisa memperhatikan lebih dekat rekan kerja di perusahaan yang udah lebih dulu dipromosikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu kunci untuk mendapat promosi di tempat kerja adalah melalui kesadaran situasi.

Lihat ciri-ciri kepribadian, prestasi dan kebiasaan umum orang-orang yang berhasil dipromosikan. Pengamatan ini akan memberimu pemahaman yang lebih baik tentang apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan promosi.

4. Jadilah Pribadi yang Positif di Tempat Kerja

jadi-pribadi-positif

Ilustrasi orang suportif (Sumber: thebalancecareers.com)

Cara naik jabatan yang juga nggak kalah penting adalah tetap tenang dan positif di bawah tekanan adalah salah satu kualitas penting dari seorang pemimpin yang baik. Dengan kemampuanmu menjaga pikiran tetap fokus dan jernih setiap saat, kamu bisa memberikan hasil yang konsisten dan meminimalisir kemungkinan pengambilan keputusan yang salah.

Selain itu, kamu juga bisa jadi contoh bawahan untuk menjadi sosok yang positif, sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif bagi semua orang.

5. Tunjukkan Dirimu Layak Dapetin Promosi

tunjukkan-kamu-layak

Ilustrasi orang menunjukkan skill (Sumber: theladders.com)

Well, kerja keras emang penting, sih. Tapi ada yang jauh lebih penting, terutama kalau kamu ingin dapetin promosi di tempat kerja. Apa itu? Buat dirimu dilihat sebagai karyawan yang sangat berkontribusi pada perusahaan. Tarik perhatian atasan atas kinerjamu.

Jangan ragu untuk mencari peluang di mana kamu bisa memamerkan pengetahuan dan skill. Misalnya di rapat staf atau meeting tinjauan kinerja. Jadilah sukarelawan untuk proyek di departemen lain. Ikutlah berpartisipasi dalam acara di seluruh perusahaan.

6. Identifikasi Masalah dan Cari Solusi

cari-solusi

Ilustrasi orang solutif (Sumber: ichef.bbci.co.uk)

Setiap bisnis pasti ada masalah. Nah, kalo mau dipromosikan, nggak usah cari cara naik jabatan yang aneh-aneh, deh. Kamu cukup memposisikan diri sebagai karyawan yang hebat. Tunjukkan potensi kepemimpinan. Gimana caranya?

Perhatikan sekitar, cari hal-hal yang menghambat produktivitas, menimbulkan biaya yang nggak perlu, merusak tempat kerja atau menghalangi perusahaan mencapai tujuan. Ambil inisiatif menyelesaikan masalah yang lagi dihadapi perusahaan. Itu.

7. Terus dan Terus Motivasi Dirimu

terus-motivasi-diri

Ilustrasi orang penuh motivasi dan usaha (Sumber: hbr.org)

Well, yang namanya promosi staf nggak selalu sering terbuka. Bagi sebagian orang bahkan bisa menghabiskan waktu beberapa tahun untuk mencapai tujuan tersebut. Nah, ketika kondisinya seperti itu, kamu harus terus menjaga motivasi agar nggak kehilangan kesempatan emas.

Setiap kali keraguan datang, tanyakanlah pada dirimu kenapa kamu ingin dipromosikan dan kenapa harus naik jabatan. Ingatlah alasan itu dan berpeganglah pada cara naik jabatan dengan teguh. Percayalah akan datang masanya. Jangan menyerah!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan