Creativepreneur and Career

Cara Pakai Quora untuk Bisnis Agar Menarik Banyak Audiens

Quora untuk bisnis

Salah satu hal terpenting dalam pemasaran digital yaitu mendatangkan web traffic. Apapun metode yang kamu pakai, mulai dari cara organik sampai iklan berbayar. Ada sebuah strategi yang mungkin jarang kamu pertimbangkan, yaitu menggunakan Quora untuk bisnis. Jadi, kamu bisa loh, mendatangkan traffic di blog dan website melalui Quora. Gimana caranya?

Menggunakan Quora untuk Kepentingan Bisnis

Sumber Gambar : suara.com

Jadi, ada banyak cara menerapkan strategi untuk pemasaran digital. Quora adalah salah satunya. Berikut cara yang bisa kamu terapkan:

  • Bikin Biografi yang Menarik

Sumber Gambar : tribunjabar.id

Ini adalah langkah pertama yang penting banget. Soalnya, saat orang-orang menemukan jawaban kamu, mereka bakal mampir ke profil kamu. Jadi, kalau mau meninggalkan kesan yang bagus, kamu bisa mengelola profil kamu. Tulis data diri kamu dengan lengkap. Kasih foto profil yang jelas dengan kamu tersenyum. Ceritakan juga pekerjaan dan hobi kamu.

  • Bikin Daftar Kata Kunci yang Tepat

Kalau profilmu udah bagus, sekarang kamu bisa mulai menjawab pertanyaan. Tapi jangan asal jawab semua pertanyaan gitu aja. Kamu perlu mencari kata kunci yang sesuai dengan topik yang kamu kuasai dan produk kamu. Jadi, kamu bisa dapetin topik yang relevan. Kamu bisa filter kata kunci dengan memilih Tipe, Topik, Penulis, dan Waktu.

  • Tulis Jawaban yang Berkualitas

Quora untuk bisnis

Sumber Gambar : uzone.id

Nah, kalau udah punya daftar kata kunci sekarang waktunya menjawab pertanyaan. Nanti di dalam jawaban kamu tersebut, sisipkan tentang bisnis atau produk kamu. Jadi, promosikan secara halus. Sampaikan apa spesifikasi dan kelebihan produkmu sehingga berbeda dari yang lain. Jangan lupa jawaban yang diberikan tetap jadi fokus utama. Biar orang puas dengan jawaban dari kamu.

  • Edit Format Jawaban Agar Nyaman Dibaca

Selanjutnya, dalam Quora untuk bisnis, kamu perlu mengedit jawaban kamu. Bakal lebih mudah dan nyaman dibaca kalau jawaban kamu ada formatnya, semakin rapi juga, kan. Misalnya, judul dibikin bold, lalu ada bullet untuk setiap subjudul dan di-bold juga. Lengkapi jawaban dengan gambar dan video. Idealnya, dalam satu jawaban ada 3-4 gambar dan 2-3 video, ini adalah jumlah maksimal. 

  • Pilih Pertanyaan di Topik Quora

Quora untuk bisnis

Sumber Gambar : kumparan.com

Di Quora, ada ribuan topik. Di setiap topik ada halaman sendiri. Jadi, ada pilihan Baca, Jawab, Tautan, FAQ Topik. Kemudian, ada juga menu Penulis yang Paling Banyak Dilihat. Di menu tersebut, kamu bisa menemukan pertanyaan yang punya potensi untuk dibaca banyak orang, sehingga menghasilkan view tinggi. Kamu pun bisa menjawab pertanyaan tersebut.

  • Jawab Pertanyaan Seputar Hobi Kamu

Kamu nggak wajib selalu menjawab pertanyaan tentang keahlian kamu aja. Digabung aja, sesekali kamu boleh kasih jawaban untuk pertanyaan seputar hobi kamu. Misalnya, keahlian kamu adalah SEO, sedangkan kamu hobi nonton sepak bola. Kamu boleh nimbrung untuk menjawab pertanyaan tentang sepak bola. Jadi, kamu menjangkau audiens yang lebih luas.

  • Buat Jadwal untuk Menjawab Pertanyaan

Quora untuk bisnis

Sumber Gambar : ekrut.com

Terakhir, kunci penting buat dapetin hasil yang bagus dari Quora adalah konsisten. Minimal, dalam satu hari, kamu bisa menjawab satu pertanyaan. Kalau bisa lebih, nggak apa-apa banget, misalnya, dua pertanyaan dalam satu hari. Nggak perlu berlebihan melebihi kesanggupan, tapi pastikan harus konsisten.

Itu tadi cara-cara buat menggunakan Quora untuk bisnis. Kalau digunakan dengan tepat, maka Quora bisa menjadi salah satu cara yang bagus buat memasarkan bisnis kamu. Ditambah lagi, kamu udah sekaligus berbagi ilmu melalui jawaban yang kamu berikan. Baik banget manfaatnya. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!