Game & Teknologi

Mengenal Apa Itu Cashless Society Beserta Keunggulan dan Kekurangannya, Yuk!

Ada banyak banget hal yang berubah karena terpengaruhi kemajuan teknologi selama beberapa tahun terakhir ini, ya, GenKs. Salah satu perubahan gaya hidup masyarakat modern yang terlihat cukup signifikan adalah sistem pembayaran yang kini sudah nggak lagi pakai uang tunai, melainkan mulai menerapkan pembayaran non tunai. Nah, tren inilah yang kemudian menciptakan sekelompok yang kita kenal sebagai cashless society, guys. Masih bingung tentang apa itu cashless society? Yuk, simak pengertiannya berikut:

Pengertian Cashless Society

Sumber Gambar : allianzgi.com

Cashless society sendiri berasal dari dua kata yang digabung menjadi satu frasa, yakni cashless yang berarti non tunai dan society yang artinya kelompok masyarakat. Sederhananya, cashless society adalah sekelompok orang yang sudah nggak mengandalkan uang tunai sebagai alat pembayaran mereka, GenKs.

Mereka melakukan pembayaran dengan kartu, seperti kartu kredit, kartu debit, e-wallet atau uang elektronik, aplikasi, mulai dari m-banking, e-banking hingga scan QR code, yang dinilai lebih aman dan praktis tanpa harus menyiapkan uang tunai dalam jumlah tertentu setiap kali berbelanja. Lantas apakah cuma itu saja keuntungan dari sistem pembayaran non tunai? Lalu bagaimana dengan kekurangannya?

Kelebihan Sistem Pembayaran Non Tunai

Sumber Gambar : asiatatler.com

  1. Anti Ribet dan Aman

Sumber Gambar : Medium.com

Say bye-bye pada sistem pembayaran yang super ribet dan rentan banget dengan penyebaran virus, kini metode pembayaran cashless semakin diminati. Kita nggak lagi harus menghabiskan banyak waktu di kasir untuk menghitung berapa uang yang harus dibayarkan dan apakah kembaliannya sudah benar.

2. Histori Transaksi yang Jelas

Sumber Gambar : hbr.org

Berkat teknologi yang ada sekarang ini, kita bisa mengecek semua histori transaksi yang kita lakukan dalam jangka waktu tertentu dengan jelas. Dengan adanya laporan keuangan seperti ini, kita jadi bisa lebih mudah mengelola pengeluaran dengan bijak.

3. Online Shopping Makin Mudah

Sumber Gambar : imgix.net

Nah, ini dia, nih, kelebihan yang jadi favorit cashless society, termasuk kamu, GenKs. Yups, kemudahan proses dalam belanja-belanja online. Kamu jadi nggak perlu lagi mengandalkan sistem COD alias Cash on Delivery atau transfer-transfer lewat ATM yang pastinya repot abis. Makin hobi online shopping, deh.

4. Bisa Dapet Banyak Promo

cashless society

Sumber Gambar : qsrmagazine.com

Wah, siapa, sih, nggak demen sama yang namanya promoan? Nah, untuk kamu yang sering bayar-bayar non tunai, ternyata berkesempatan dapetin banyak promo menarik, lho, guys. Seperti potongan harga, cashback hingga poin yang jika sudah terkumpul dalam jumlah tertentu bisa kamu tukarkan, GenKs.

5. Meningkatkan Pendapatan Negara

Sumber Gambar : spektro-bi.org

Transaksi yang tercatat dengan baik nggak cuma memudahkan kita mengelola keuangan, lho, guys. Pemerintah juga bisa mengetahui siapa saja dalam cashless society yang bisa kena wajib pajak. Ini artinya, kita turut andil dalam mengoptimalkan pendapatan negara.

6. Mendukung Physical Distancing di Era Pandemi

cashless society

Sumber Gambar : Alomedika.com

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dari penerapan metode cashless payment adalah minim bersentuhan dengan orang lain ketika melakukan pembayaran di berbagai tempat berbelanja. Tren ini sangat mendukung konsep physical distancing yang lagi gencar-gencarnya digalakkan di era pandemi.

Kekurangan Sistem Pembayaran Non Tunai

cashless society

Sumber Gambar : lifestyleasia.com

Sayangnya di balik keuntungan yang bisa kita dapatkan dari penerapan sistem pembayaran non tunai, ada juga kekurangannya, GenKs. Mulai dari nggak semua orang mengerti penggunaan cashless payment dalam kehidupan sehari-hari, adanya biaya admin yang harus kita tanggung hingga yang paling bikin banyak orang urung menggunakan metode pembayaran non tunai adalah meningkatnya ancaman cyber crime.

Untuk kamu sendiri gimana, guys? Sudahkah kamu siap bergabung ke dalam cashless society, masih pikir-pikir atau malah sudah jadi bagian dari cashless society sejak awal?

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Template Powerpoint Bertema Profesional Biar Presentasi Kamu Menarik!

Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?