Fotografi

Catat Panduan Penting Buat Fotografi Drone

fotografi drone

Sekarang fotografi drone udah jadi tren yang semakin berkembang aja, apalagi dalam beberapa tahun belakangan ini. Biasanya, drone dipakai buat memotret landscape, real estate, pemandangan kota, hingga pernikahan, dengan menciptakan perspektif baru.

Soalnya, ada fitur tampilan bird-eye view yang menciptakan sentuhan dan gaya berbeda pada fotomu. Untuk itu, kamu perlu tahu berbagai hal penting dalam teknik fotografi pakai drone. Yuk, baca panduan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Fotografi Drone

Sumber Gambar : jsp.co.id

Apa sebenarnya fotografi drone itu? Pesawat tanpa awak (UAV) atau drone diciptakan dengan teknologi tinggi dan perangkat ini tersedia dalam berbagai rentang bujet. Kegunaan aslinya untuk militer, pertanian, dan keperluan komersial.

Namun, selain itu, drone juga sering banget dipakai buat hobi atau untuk have fun aja. Soalnya, kalau pakai drone kamu bisa memotret serta merekam video menggunakan perspektif yang benar-benar baru.

Menjaga Keamanan

Sumber Gambar : jsp.co.id

Penting banget untuk bikin daftar periksa. Soalnya, dari sini kamu bisa cek semuanya sehingga nggak terjadi masalah, dan hasil fotografi maksimal. Salah satu yang terpenting yaitu mengetahui masa pakai baterai. Dengan begitu, bidikan drone kamu akan terlihat indah hasilnya. Periksa juga seluruh komponen mesin drone agar bekerja dengan baik.

Aplikasi Penting Fotografi Drone

Sumber Gambar : jsp.co.id

Aplikasi terbaik sekaligus paling penting buat fotografi drone adalah Google Earth. Dari sini kamu bisa tahu seperti apa kondisi sebuah area ketika dilihat dari atas. Kamu juga bisa pakai B4UFly buat melihat apakah di area tersebut aktivitas drone dilarang. Akan ditampilkan radius 5 mil dari tiap bandara.

Perlengkapan Fotografi Drone 

Sumber Gambar : jsp.co.id

Ketika mencari drone buat dipakai fotografi, pastikan dulu seperti apa gaya yang kamu mau. Ketahui juga drone tersebut akan kamu pakai buat memotret atau merekam video. Drone kelas atas bisa memotret dalam 48MP serta dapat merekam video 4K pada 120fps.

Filter ND Buat Fotografi Drone

Sumber Gambar : jsp.co.id

Eksposur panjang drone di malam hari mudah, cukup tekan tombol dengan cepat, dan mesin akan memotret gambar dengan tajam. Kalau siang lebih sulit karena gambar terlalu terang bahkan dengan ISO yang udah diturunkan. Makanya, diperlukan filter Neutral Density (ND) buat mengurangi jumlah cahaya yang mengenai sensor.

Kartu Memori Terbaik Buat Drone

fotografi drone

Sumber Gambar : kingston.com

Kartu memori penting buat membidik foto yang bagus. Soalnya, kalau kualitasnya kurang baik bisa bikin buffer rate buruk sehingga mungkin aja kamu melewatkan panorama penting di tengah bidikan. Pilih microSD yang punya kecepatan menulis cepat sekaligus kompatibel ukurannya dengan banyak drone.

Aksesori Terbaik Buat Drone

fotografi drone

Sumber Gambar : cincodias.elpais.com

Aksesori bisa memberi banyak manfaat buat drone dan operatornya. Seperti tali lanyard buat menjaga pengontrol biar selalu berada dekat dari kamu, bahkan ketika nggak kamu butuhkan, sehingga tangan kamu bisa beraktivitas lainnya. Lalu, ada helipad yang bisa menjaga drone biar tetap bersih.

Latihan Terbang Terbaik Buat Fotografi Drone

fotografi drone

Sumber Gambar : jsp.co.id

Seorang pilot harus berlatih di simulator penerbangan selama ratusan jam, barulah siap buat berada di belakang kemudi yang sesungguhnya. Kegunaan latihan terbang yaitu buat membangun rasa percaya diri sang pilot. 

Begitu juga dengan drone. Dengan latihan, kamu bisa tahu gimana rasanya saat menerbangkan drone sehingga bisa efektif dan meminimalkan risiko kecelakaan. Kamu juga akan menjadi handal dalam mengambil gambar yang fantastis.

Nah, itulah sekilas tentang panduan dan tips fotografi drone. Dengan selalu berlatih menerbangkan serta belajar cara menggunakan dan merawat drone, kamu bisa jadi pilot drone yang handal.

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan