Game & Teknologi

Catat! Rumus Microsoft Excel Untuk Mudahkan Pekerjaanmu

rumus-microsoft-excel

Kamu pasti sudah nggak asing dengan Microsoft Excel. Nah, program aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk melakukan penghitungan. Makanya, banyak orang menggunakannya, mulai dari pelajar sampai pekerja kantoran. Mengikuti fungsinya tersebut, ada sejumlah rumus Microsoft Excel mulai dari yang sederhana sampai paling kompleks. Terutama, untuk Excel yang paling sering digunakan di dalam dunia kerja. Biar semakin paham, yuk, simak rumusnya berikut ini.

  1. SUM

Rumus SUM biasa digunakan untuk menjumlahkan data-data yang ada di cell. Kamu bisa menggunakan SUM kalau mau menjumlah data di tiap cell, data di dalam satu range atau data di dalam beberapa range secara langsung.

Rumus: =SUM(number1,[number2],…)

Microsoft Excel

Rumus SUM (Sumber : media.suara.com)

  1. COUNT

Rumus Excel ini paling sering banget digunakan. Rumusnya juga mirip dengan SUM. Fungsi dari rumus COUNT adalah untuk menghitung berapa jumlah cell yang berisi angka.

Rumus: =COUNT(value1,[value2],…)

Rumus

Rumus Count (Sumber : Dreamstimes.com)

 

  1. AVERAGE

Rumus Average juga sering banget dipakai di dalam Excel. Fungsi utama rumus ini adalah untuk mencari nilai rata-rata dari suatu variabel. Nah, pekerjaan kamu bisa makin cepat selesai.

Rumus: =AVERAGE(number1:number2)

Rumus

Rumus Average (Sumber : akamaized.net)

  1. IF

Rumus IF digunakan untuk menampilkan atau mengembalikan suatu nilai apabila sebuah pernyataan atau kondisi bernilai BENAR. Juga menampilkan nilai lainnya kalau pernyataan atau kondisi bernilai SALAH. Kamu pun bisa menggunakan rumus IF untuk banyak kondisi. Caranya dengan menggabungkan sejumlah fungsi IF sekaligus. Ini biasanya disebut juga dengan IF bersarang, yakni rumus fungsi IF di dalam IF. Nah, kamu bisa gunakan rumus IF bersamaan hingga 64 fungsi IF.

Rumus: =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

  1. LOOKUP 

Rumus Excel LOOKUP biasa dipakai untuk mencari suatu nilai data, di sebuah kolom atau baris. Meski sempat populer, LOOKUP udah semakin jarang digunakan. Sebab, rumusnya sudah beralih ke VLOOKUP dan HLOOKUP.

Baca Juga :   Mengenal Teknologi Deepfake, Si AI Canggih Pengubah Wajah

Rumus: =LOOKUP(lookup_value,array)

Rumus Excel

Rumus Lookup (Sumber : akamaized.net)

  1. VLOOKUP

Rumus VLOOKUP biasanya dipakai untuk mencari nilai data di dalam range atau tabel. Begitu nilai yang dicari ketemu, rumus ini bakal memanggil atau menampilkan nilai di kolom lainnya di tabel tersebut. Nilai tersebut ditampilkan menurut urutan kolom atau index kolom yang kamu inginkan. Nah, salah satu contohnya, rumus ini digunakan untuk menampilkan nomor telepon dari database pelanggan.

Rumus: =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

  1. MATCH

Rumus MATCH berfungsi untuk mencari sebuah nilai tertentu di range, list maupun tabel. Kemudian, kamu bisa mengembalikan posisi relatif nilai tersebut pada range, list atau tabel yang sudah ada. Cara mengembalikannya yaitu dengan menghasilkan atau juga menampilkan nilai tersebut. Nanti, output yang dihasilkan berupa nomor urutan nilai yang kamu cari. Contohnya, ada urutan nama Anto, Badu, Caca, berarti posisi relatif atau urutannya Caca berada di nomor 3.

Rumus: =MATCH(lookup_value),lookup_array,[match_type])

Rumus Excel

Rumus Match (Sumber : simplilearn.com)

  1. DATE

Rumus Excel dasar ini juga sering banget digunakan. Fungsinya untuk menampilkan nomor seri sekuensial yang menunjukkan tanggal tertentu. Nah, rumus ini berguna sekali waktu kamu menemukan kondisi di mana tanggal, bulan dan tahun ada di cell yang terpisah.

Rumus: =DATE(year,month,date)

 

Nah, demikian sejumlah rumus Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Setiap rumusnya memiliki fungsi masing-masing. Dengan menggunakan rumus-rumus ini, pekerjaan kamu pun jadi semakin cepat selesai. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan rumus yang berbeda sesuai kebutuhan kamu. Menguasai rumus penting Excel sangat membantumu menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Semuanya jadi selesai lebih mudah dan cepat.

 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Template Powerpoint Bertema Profesional Biar Presentasi Kamu Menarik!

Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?