Kuliner

Ceriakan Mood-mu dengan Resep Makanan Korea untuk Musim Hujan Yuk!

Resep Makanan Korea – Es krim yang paling enak dinikmati di hari yang hangat dan cerah, coklat panas dengan marshmallow imut untuk hari kelabu dan sepotong semangka dingin yang menyegarkan di sore yang panas di halaman belakang rumahmu. Yups, sepertinya emang selalu ada makanan tertentu yang rasanya bakal lebih enak untuk dinikmati di hari tertentu. Entah karena pengaruh musim atau suasana hati seseorang, tapi nyatanya emang begitulah adanya, GenKs. 

Lalu gimana dengan musim hujan?

Nah, resep makanan Korea untuk musim hujan berikut ini bisa kalian coba, guys, dijamin moodmu yang suram karena hari hujan langsung berubah seiring dengan menghangatnya perut dan hatimu, GenK!

Kimchi Jjigae

Sumber Gambar : cookingsensei.com

Resep makanan satu ini pasti udah nggak asing buat kamu-kamu pecinta drama Korea. Iya, kan, guys? Menu rebusan yang dibuat dari kimchi ini emang terkenal banget. Biasanya disajikan dalam mangkuk batu dan hanya memakai kimchi yang udah benar-benar ripe untuk cita rasa yang lebih kuat. Sementara untuk bahan-bahan lainnya terserah selera orang-orang.

Budae Jjigae

Sumber Gambar : shopify.com

Nah, menu makanan Korea untuk musim hujan selanjutnya ada budae jjigae yang juga dikenal dengan sebutan Army Base Stew. FYI, resep makanan satu ini udah ada sejak akhir Perang Korea, lho, guys!

Masakan ini kali pertama dibuat di Uijeongbu, sebuah kota di Provinsi Gyeonggi, yang letaknya nggak jauh dari beberapa pangkalan militer Amerika Serikat.

Dahulu bugae jjigae dibuat dari bahan-bahan sisa makanan yang ditemukan di dekat merea dengan bahan utamanya adalah daging olahan. Hmm, kelihatannya lezat, ya?

Dakgaejang Jjigae

Sumber Gambar : maangchi.com

Kalau yang ini, masih saudaraan dengan semur daging sapi ala Korea alias Yukgaejang yang super enak. Meski dakgaejang jjigae banyak disukai sebagai menu musim panas karena bisa melawan serangan udara panas yang nggak tertahankan, tapi hidangan ini juga nggak kalah populer dinikmati pada saat hari-hari hujan, guys.

Sekilas dakgaejang mungkin mirip dengan sup mie ayam dari negara-negara Barat, tapi dengan tambahan rasa ekstra pedas, membuat menu ini nggak cuma mengenyangkan tapi juga menghangatkan.

Chrysanthemum Tea

resep makanan korea

Sumber Gambar : healthsmart.com.hk

Seperti namanya, teh ini terbuat dari bunga krisan yang dikeringkan. Tapi setelah itu belum bisa langsung dinikmati, guys. Bunga krisan kering harus direndam dalam madu dulu. Waktunya biasanya bisa sampai berbulan-bulan lamanya. Baru kamu bisa menyeduhnya dengan air panas dan kalau suka manis, lalu tambahin madu atau gula sesuai selera dan teh bunga krisan khas Korea siap menghangatkan hari-hari kelabumu di musim hujan, deh.

Tampilannya yang estetis, dengan rasa yang manis dan ringan, ini adalah minuman wajib di musim hujan.

Mandu (Dumpling)

resep makanan korea

Sumber Gambar : idntimes.com

Pangsit Korea juga nggak boleh kalian lewatkan saat musim hujan, nih, guys. Nggak cuma mandu kukus, mandu yang dimasak dengan teknik pan-fried atau deep fried, cocok banget dinikmati saat cuaca sedang gerimis mengundang.

Ada banyak pilihan isian yang siap memuaskan rasa laparmu. Mulai dari daging, ayam, tahu hingga kimchi. Dan semuanya sama enaknya!

Jeon (Korean Pancake)

resep makanan korea

Sumber Gambar : curiousnut.com

Eits, pancake-nya orang Korea itu beda banget sama pancake yang disajikan dengan sirup maple atau madu, ya. Pancake Korea atau jeon itu mirip-mirip lah dengan gorengan kalau di Indonesia. A banyak banget macamnya. Mulai dari pancake kimchi, pancake daun bawang, pancake kacang hijau, pancake seafood, pancake kentang, pancake zucchini, bahkan pancake yang rasanya manis, lho, guys.

Tteokbokki (Kue Beras)

resep makanan korea

Sumber Gambar : onmanorama.com

Wah, menu ini juga sering banget muncul di scene drakor, ya, guys. Biasanya disajikan bareng kue ikan, keju, daun bawang, bawang bombay, telur dan sosis, teksturnya yang kenyal dengan cita rasa pedas, tteokbokki emang cocok banget dinikmati saat hujan-hujan, apalagi bareng doi.

Itulah 7 resep makanan Korea untuk musim hujan yang wajib dicoba untuk balikin mood.

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya