Creativepreneur and Career

Kumpulan Chat Pelamar Kerja yang Bikin Emosi HRD

chat-pelamar-kerja

Biasanya orang yang melamar pekerjaan akan menunjukkan sikap sebaik mungkin di hadapan para HRD atau tim rekrutmen. Harapannya agar terlihat potensial untuk diterima kerja. Tapi sepertinya nggak semua orang memahami etika dasar di lingkungan profesional. Buktinya adalah chat pelamar kerja yang agak “nyeleneh”. 

Baru-baru ini beredar chat-chat antara pelamar dan tim rekrutmen yang bikin netizen heran karena kurangnya sikap sopan santun mereka.

Berawal dari akun base menfess @tubirfess di Twitter yang membagikan chat-chat orang-orang yang ingin melamar kerja. Di luar dugaan ternyata banyak orang yang seperti nggak butuh pekerjaan. Berdasarkan screen capture yang dikirim, sejumlah orang terlihat nggak mengetahui etika dasar dan sikap profesional yang terlihat lucu sekaligus bikin miris.

Yuk liat chat mereka:

1. Ribet, pengen ngelamar jadi Polisi aja

chat-pekerja-ke-HRD

2. Mantap Boss yang satu ini

chat-pekerja

3. Lah ini malah dibilang ribet *tepok jidat*

chat-pekerja-ke-HRD-2

4. Jadi pelamar aja begini etikanya apalagi jadi Bos ya *emote heran*

chat-pencari-kerja

chat-pencari-kerja

Seharusnya kata-kata atau kalimat chat pelamar kerja di atas jangan ditunjukkan apalagi dikirim kepada HRD, calon atasan, atau calon kantor tempat bekerja ya, GenK!

Selain screen capture yang dibagikan oleh akun @tubirfess pengalaman yang sama pun dibagikan oleh followers mereka.

 

 

 

Untuk melamar sebuah pekerjaan, selain kemampuan dan nilai akademis, sikap dan etika profesional juga sangat diperlukan. Orang yang memiliki kepribadian dan perilaku baik lebih dianggap potensial untuk diterima kerja dibandingkan dengan orang seperti di atas tadi.

Etika dan kesopanan mungkin bukan suatu persyaratan tertulis dalam kualifikasi melamar pekerjaan, tapi penting ditunjukkan baik ketika bertemu langsung atau via chat. Bukan berarti juga ketika nggak sedang melamar pekerjaan etika dan kesopanan bisa kamu abaikan juga ya, GenK!

Quotes:

quotes-adab

Quotes tentang adab (Sumber: juproni.com)

Buat kamu yang berniat dan sedang mencari pekerjaan baik melalui email, chat, atau telepon, berikut 8 tips etika berbicara dengan HRD. Jangan sampai kayak chat pelamar kerja di atas tadi!

  1. Hindari menggunakan bahasa gaul. Bicaralah dengan sopan dan bahasa yang formal. Ucapkan salam pembuka. Jika mengetahui nama perekrut, panggil dengan ucapan yang menghormati atau sesuai.
  2. Perlihatkan respons yang menampakkan bahwa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.
  3. Perkenalkanlah dirimu dengan baik, jelaskan maksud dan tujuanmu, langsung to the point jangan bertele-tele serta jangan lupa jelaskan latar belakangmu.
  4. Banyaklah mendengar apa yang dikatakan calon manajer, perekrut, atau pewawancara. Hindari terlalu banyak bicara atau bertanya yang kurang relevan.
  5. Nggak ada salahnya untuk melakukan ‘small talk’ atau mengobrol sebentar dengan lawan bicara terkait pekerjaannya atau perusahaan. Hal ini membuat kamu terlihat lebih cerdas dan ramah.
  6. Ucapkan terima kasih setelah selesai.
  7. Jika harus mengontak perekrut, pertimbangkanlah waktu. Hubungi mereka di waktu kerja melalui pesan atau email.
  8. Hindari memberikan kesan negatif dengan mengeluh mengenai pekerjaan yang dilamar atau pekerjaan kamu sebelumnya. Meski kamu nggak ingin diterima, hal itu bisa membuat imej kamu jelek dan mengurangi kesempatan kerja selanjutnya.
Baca Juga :   Nggak Dilarang, Ini Waktu yang Tepat untuk Berbohong Saat Interview Kerja
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?

Creativepreneur and Career

Ini Dia Ide Bisnis untuk Anak Muda di Bidang Jasa Paling Recommended Tahun 2021!