Arsitektur & Interior

Keunikan Arsitektur Kontemporer, Bikin Hunian Beda Dari yang Lain

arsitektur kontemporer

Arsitektur kontemporer adalah arsitektur yang mendefinisikan bangunan-bangunan di zaman modern ini atau di abad 21. Benar sekali bangunan-bangunan modern di abad 21 ini sangat berbeda dengan model arsitektur yang sebelum-sebelumnya. Jika di model arsitektur yang sebelumnya kamu menemukan sesuatu yang umum seperti rumah dengan atap segitiga, maka hal ini tidak akan lagi ditemukan di arsitektur kontemporer.

Salah satu ciri arsitektur kontemporer adalah mengusung gaya futuristik dan biasanya mewujudkan inovasi-inovasi yang sifatnya ramah lingkungan serta menonjolkan bentuk-bentuk tak biasa. Yuk, kenali dulu lima ciri arsitektur kontemporer kalau kamu ingin menciptakan hunian unikmu sendiri!

Ciri Arsitektur Kontemporer

Melihat satu bangunan dengan bangunan lainnya yang sama-sama memiliki jenis arsitektur ini mungkin akan membuat kamu kesulitan menentukan apa ciri khasnya. Hal ini wajar, karena sekali lagi, dalam model arsitektur ini tidak ada sama sekali dominasi . Berikut adalah lima ciri yang menggambarkan arsitektur ini.

1. Arsitektur Kontemporer Memiliki Hubungan Dengan Lingkungan Luar

arsitektur kontemporer

Sumber: architectureartdesigns.com

Bangunan-bangunan dengan arsitektur kontemporer ini cenderung memiliki hubungan dengan lingkungan luar. Maksudnya adalah pasti ada space atau ruang yang memiliki akses langsung ke lingkungan luar.

Hal ini pun bisa diwujudkan dengan berbagai bentuk. Misalnya dengan mengaplikasikan jendela yang sangat besar, membuat desain pintu yang memiliki kesan ruangan di dalam dengan ruangan diluar menyatu, dan lain sebagainya. Ciri khas yang seperti ini tidak akan ditemui pada model arsitektur yang sebelumnya.

2. Ekstra Material Eksterior

ciri arsitektur kontemporer

Sumber: unsplash.com

Material eksterior pada model arsitektur yang sebelumnya tidak perlu ribet atau sifatnya sederhana. Namun di model arsitektur kontemporer bagian eksteriornya diwujudkan secara ekstra namun tetap memiliki tampilan secara sederhana. Contoh yang paling mudah dipahami dan paling sering dijumpai adalah permainan fasad.

Di jenis arsitektur ini pasti ada permainan fasad, entah itu membuatnya seminimalis mungkin atau membuatnya terlihat lebih ekstra.

Baca Juga :   Mengenal Eloknya Gaya Arsitektur Oriental Negeri Tirai Bambu
Related posts
Arsitektur & Interior

Ini Dia Rekomendasi Meja Sudut Dengan Konsep Space-Saving!

Arsitektur & Interior

Ide Patung Dekorasi di Rumah Yang Menambah Kesan Artistik!

Arsitektur & Interior

Yuk, Kenalan Sama Rumah Adat Mbaru Niang Khas NTT!

Arsitektur & Interior

Ide Kreasi Botol Bekas Yang Memiliki Nilai Seni Tinggi!