Film, Animasi & Video

6 Ciri Khas Film Wes Anderson yang Cuma Diketahui Penggemarnya

ciri khas film wes anderson

Berbicara soal film terbaik, anak film pasti sudah tidak asing lagi dong dengan nama Wes Anderson? Pria bernama lengkap Wesley Wales Anderson adalah seorang sutradara, produser, dan juga penulis naskah asal Amerika Serikat. Karya-karyanya terkenal dengan naratif dan visual film yang sangat khas. Beberapa judul karya filmnya yaitu “The Royal Tenenbaums”, “Moonrise Kingdom” dan “The Grand Budapest Hotel” yang masuk ke dalam jajaran film dengan color grading kece. Apabila kamu cermati, karya film pemuda yang lahir pada tahun 1969 ini memiliki ciri khas yang melekat banget, terutama bagi penggemarnya. Berikut adalah beberapa ciri khas film Wes Anderson yang menjadi trademark-nya.

1. Pastel Color Palette

ciri khas film we anderson

Color palette di film Wes Anderson (sumber: indiehoy.com)

Warna-warna pastel selalu mendominasi karya film dari Anderson atau senada dengan warna nude. Secara definisi, warna pastel adalah warna yang cenderung muda dan cerah. Jenis warna tersebut selalu muncul di karyanya yang lama-lama menjadi ciri khas. Kalau dilihat-lihat, color grading pastel yang digunakan akan menimbulkan kesan luas, bersih, nyaman, dan ceria.

2. Komposisi Simetris

ciri khas film wes anderson

Pengaplikasian komposisi simetris (sumber: businessinsider.com)

Ciri khas yang berikutnya adalah penggunaan komposisi kamera yang simetris. Dalam frame, objek berada di tengah dan latarnya juga seimbang. Untuk mendapatkan gambar yang seperti ini, kamu bisa menggunakan bantuan fitur rule of third yang ada di kameramu. Shot gambar di posisi tengah akan memberikan kesan rapi. Namun, entah mengapa meski menggunakan komposisi simetris, tapi film-film ini tidak pernah bikin penonton bosan.

3. Jenis Font Futura

ciri khas film wes anderson

Font Futura (sumber: imdb.com)

Pada karya film Wes Anderson banyak menggunakan jenis font Futura. Jenis font yang satu ini merupakan jenis Sans Serif yang cocok banget digunakan pada heading text atau opening scene di film. Karena termasuk marga San Serif, Futura tidak ada ekor di ujungnya. Font ini sudah menjadi ciri khas film Wes Anderson deh. Apakah kamu menyadarinya?

4. Shot Adegan Menulis

Adegan menulis di film Bottle Rocket (sumber: phippsfilm.com)

Lanjut ke ciri khas film Wes Anderson yang berikutnya yaitu shot adegan saat pemain sedang menulis. Entah itu menulis surat dengan tangan ataupun mesin ketik. Adegan ini hampir selalu ada di setiap scene film karya Wes Anderson. Shot adegan ini diambil dari atas, sehingga seakan-akan kamu melihat dari sudut pandang si tokoh yang sedang menulis.

5. Slow Motion di Momen Penting

Sadarkah kamu bahwa film karya Anderson selalu menggunakan efek slow motion pada adegan-adegan penting? Slow motion adalah teknik yang digunakan untuk memperlambat waktu video sehingga gerakan di dalam video tersebut bergerak lebih lambat. Dalam perfilman, orang yang bertugas untuk memberi efek ini adalah video editor pada tahap editing di pasca produksi film.

6. Family Oriented

Pemeran film The Royal Tenenbaums (sumber: dazeddigital.com)

Karena dari tadi sudah membahas dari segi visual, sekarang saatnya kami bahas dari segi ceritanya nih. Bisa dikatakan karya-karya Wes Anderson itu family oriented. Dengan kata lain, konflik yang terjadi di dalam cerita menjadikan keluarga sebagai pusat dari filmnya. Seperti cerita di filmnya yang berjudul “The Grand Budapest Hotel” yang mengisahkan tentang perselisihan anggota keluarga. Lama-lama kisah family oriented menjadi trademark-nya.

Itu dia beberapa ciri khas film Wes Anderson yang sudah menjadi trademark-nya. Apakah kamu juga menyadarinya? Nah, ciri khas dari film Wes Anderson tersebut tidak ada salahnya jika dijadikan sebagai referensimu saat memproduksi film. Selamat berkarya yah!

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

5 Film Hidden Gems Ini Sayang Untuk Kamu Lewatkan

Film, Animasi & Video

Dapat Kesan ''biasa Aja'' Dari Netizen Korea Maupun Internasional, Ada Apa Dengan Remake Money Heist Versi Korea?

Film, Animasi & Video

The Loneliest Girl's "Matilda" From Harry Styles' Song

Film, Animasi & Video

Suka Film Perang? Rekomendasi Film ini Khusus Buat Kamu!