Creativepreneur and Career

Apa Kamu Punya Jiwa Pemimpin yang Baik? Ikut Tes Ini Yuk!

ciri pemimpin yang baik

Menjadi Seorang Leader

Sebenarnya apa itu leader?

Tentu saja jawabannya adalah pemimpin. Tapi, pemimpin seperti apa? Secara garis besar, pemimpin yang baik adalah seseorang yang bisa menggerakkan kelompoknya menuju tujuan yang disepakati. Eh, tapi bukan itu doang.

Seorang leader harus bisa memberi motivasi baik secara fisik maupun psikologis.

Mengapa? Karena tim yang sehat akan lebih mudah mencapai tujuan dengan strategi-strategi tertentu.

“Enak banget jadi leader, tinggal perintah-perintah aja.”

Kalau kamu punya pemikiran seperti itu, kamu salah besar, GenK. Menjadi leader itu susah-susah gampang. Leader harus bisa memotivasi dan mendorong orang lain, dan untuk melakukannya ia harus mengerti karakter orang yang ia pimpin.

Ditambah lagi, ia juga harus bisa menyampaikan ide-ide yang terpikirkan di otak kepada semua anggota tim tanpa terkecuali. Tujuannya supaya tidak ada perbedaan visi dan misi, GenK.

[Apakah_Kamu_Seorang_Leader_atau_Follower]_6

Sumber: pexels.com

Ilustrasi leader sedang menyampaikan ide (sumber: pexels.com)

Kemudian, seorang pemimpin juga harus melibatkan anggota tim untuk mematangkan ide, sehingga pendapat tidak cuma berasal dari satu arah saja. Ide tersebut direalisasikan menjadi aksi nyata dengan bimbingan leader supaya tetap berada di jalur yang benar.

Dari penjelasan ini kamu pasti tahu kan bahwa seorang leader harus pandai mengelola sumber daya yang dimilikinya. Tapi ingat, GenK, jangan sampai kamu menyalahgunakan kekuasaan dan bertindak semena-mena. Buat anggota tim terinspirasi oleh pilihan dan strategi yang kamu buat, sehingga mereka mau menerima arahan sesuai yang kamu minta.

Hayo… apakah kamu sudah memenuhi kriteria sebagai pemimpin yang baik?

Leader Itu Bakat dari Lahir atau Hasil Belajar?

Hmm.. sepertinya pemimpin bisa lahir dari kedua faktor tersebut. Kita pasti sering merasa ada orang yang memang dianugerahi bakat memimpin dari lahir. Tapi ada juga orang yang berhasil jadi pemimpin karena mempelajari soal kepemimpinan dengan sungguh-sungguh.

Bahkan sekarang banyak seminar kepemimpinan yang bisa kamu ikuti, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis. Lumayan banget loh, GenK.

Dari seminar tersebut, kamu bisa mengasah keterampilan memimpinmu. Jadi, jangan takut kalau tidak punya memiliki pengalaman kepemimpinan sebelumnya. Melangkahlah maju secara perlahan sambil belajar mengemukakan pendapat dan memecahkan setiap masalah yang ada. Siapa tahu, hal-hal kecil bisa membawamu untuk menemukan jati diri sebagai pemimpin yang baik. Bahkan pemimpin hebat sekali pun juga harus melalui proses dasar terlebih dahulu.

Leader Bukan Cuma CEO Loh

“Aku bukan leader karena aku bukan bos di kantor.”

“Mana bisa jadi leader kalau aku bukan sarjana.”

Salah banget, GenK!

Pemikiran seperti itu harus dibuang jauh-jauh untuk membangun mental pemimpin yang hebat. Menjadi leader tidak melulu harus jadi bos. Di setiap bagian kehidupan, kamu bisa mengambil peran sebagai leader. Apalagi, jangan sampai kamu minder soal pendidikan. It’s not a big deal.

Tingkat pendidikan tidak seharusnya membatasi kamu untuk berkarya dan menggali potensi sebagai leader. Ingat, GenK, siapapun bisa jadi leader, apapun gender, status, pendidikan, dan pekerjaan kamu saat ini. Ayo kembangkan bakatmu sekarang juga! Mana tahu kalau kamu mampu menjadi pemimpin yang hebat di masa depan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *