Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Concept Art

Film atau pun animasi bisa terlihat keren ternyata bukan cuma berat kerja keras sutradara dan sinemtatografis, lho, guys. Ada rahasia besar di balik setiap film atau pun kisah-kisah animasi yang menjadi kunci penting untuk membuat karya-karya tersebut lebih hidup. Hayo, kira-kira apa itu? Jawabannya adalah concept art. Sangat mustahil, bahkan bagi sutradara dan sinematografis terbaik sekalipun, untuk membuat film maupun animasi terlihat hidup tanpa adanya ilustrasi dari tampilan concept art. Ya, emang sepenting itu peran concept art. Tapi apa sih, yang dimaksud dengan concept art, itu?

Apa itu Concept Art?

Sumber Gambar : leifheanzo

Well, concept art, seperti melansir dari laman CG Spectrum, adalah representasi visual yang bisa menceritakan suatu kisah atau pun menyampaikan ide-ide tampilan tertentu. Biasanya karya dari desain ini banyak dipakai dalam proyek film hingga video game dengan tujuan untuk menyampaikan suatu tampilan visual tertentu hingga mengatur tone dari cerita secara keseluruhan. Representasi visual sendiri merupakan cabang ilmu yang fokus pada konsep yang bisa menjawab segala permasalahan yang ada di dalam sebuah cerita, guys.

Nah, tampilan desain pada concept art harus banget bisa menggambarkan mulai dari bentuk karakter, lingkungan maupun elemen penting lainnya yang ingin disampaikan di dalam hasil akhir suatu proyek.

Selama concept art dirancang dengan sangat matang dan sempurna, itu bisa menjadi petunjuk penting bagi sutradara atau produser agar bisa menyelaraskan materi dan ide ke dalam proyek tertentu.

Apa saja Tugas Seorang Concept Art Designer?

Sumber Gambar : futurecdn.net

Sebagai seorang concept art designer, mereka bertugas untuk memvisualisasikan seperti apa karakter, lingkungan, properti dan hal-hal lainnya melalui storytelling. Seperti sebuah pepatah ‘a picture paints a thousand words’. Kalau ingin jadi concept artist, kamu harus bisa membuat sebuah gambar yang mampu mengungkapkan segalanya, guys.

Baca Juga :   5 Jurus Rahasia Bermain Warna ala Desainer Grafis Profesional

Mereka bertanggung jawab untuk visualisasi adegan dari novel yang akan dibuat film atau bahkan menciptakan dunia dan karakter baru dari awal. Seorang concept artist biasanya memasukkan style pribadi mereka ke dalam job tanpa mengganggu intisari dari tujuan akhirnya.

Apa saja yang Kamu Butuhkan untuk jadi Seorang Concept Artist?

Concept Art

Sumber Gambar : careerlancer.net

Tertarik jadi seorang concept artis yang handal sehingga bisa ambil bagian dari film atau animasi yang ditayangkan di seluruh dunia? Pertama-tama pastikan dulu kamu punya skill mumpuni untuk mendesain berbagai bentuk, seperti manusia, binatang, arsitektur dan bentuk-bentuk lainnya. Kamu juga harus ahli dalam pemilihan warna untuk menciptakan suasana yang ingin disampaikan. Selain ketepatan dalam memilih warna dan tone, lighting and shadow adalah hal penting dalam dunia concept art. Semua perpaduan ini bakal memberi pengaruh sangat besar dalam setiap adegan.

Kamu juga harus paham betul-betul apa saja bedanya concepting tool yang tersedia. Misalnya Zbrush yang jadi andalan bagi kebanyakan concept artist yang kerja untuk perusahaan game. Karena Zbrush lebih cepat dan tingkat presisinya akurat, serta nggak ribet kalau-kalau kamu butuh edit-edit untuk dapetin persetujuan dari supervisor.

Gimana, guys, tertarik untuk jadi concept artist? Asal kamu tahu, semakin pro kamu sebagai concept artist, bayarannya bisa semakin wow. Untuk sedikit gambaran kasarnya saja, nih, gaji rata-rata seorang concept artist adalah Rp 1 M per tahun, bahkan ada yang menawarkan lebih dari angka itu, lho, guys. Besaran bayaran seorang concept artist bergantung pada pengalaman dan di mana kamu bekerja.

Wah, fantastis banget, ya, guys?

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

QuizSeni Rupa & Desain

Hidangan Jepang Mana Yang Sudah Pernah Kamu Coba?