Creativepreneur and Career

Pahami Pengertian Conflict of Interest dan Cara Menghadapinya

conflict-of-interest

Contoh Konflik

contoh-konflik-kepentingan

Ilustrasi conflict of interest (Sumber: jojonomic.com)

Sekarang kita lihat contoh konflik kepentingan yang biasa terjadi di dalam bisnis atau perusahaan. Pertama, seorang karyawan yang punya loyalitas bertentangan dengan misi perusahaan, misalnya yang bersangkutan bekerja paruh waktu atau menjadi freelance untuk pesaing bisnis.

Kedua, contohnya manajer yang berpacaran dengan rekan kerja, sehingga sulit memercayainya dalam membuat keputusan bisnis yang nggak memihak berdasarkan hubungan pribadi. Masih banyak lagi contoh konflik tersebut.

Solusi yang tepat dan umum dilakukan adalah nggak melibatkan karyawan tersebut dalam kejadian yang bisa membuat konflik memengaruhi pengambilan keputusan. Bisa juga solusinya dengan memecat karyawan yang bersangkutan.

Kalau kasusnya parah, manajemen boleh ambil kebijakan untuk berkonsultasi dengan pengacara, yang memang berpengalaman tentang hukum bisnis. Dari sini, manajemen bisa mengambil tindakan hukum tanpa melanggar hak-hak karyawan.

Kategori Konflik

kategori-konflik

Ilustrasi orang bekerja (Sumber: jojonomic.com)

Konflik kepentingan keluarga – Saat anggota keluarga diperlakukan secara khusus karena hubungan mereka dengan seseorang di dalam bisnis, atau istilahnya nepotisme. Misalnya putra pemilik yang langsung dijadikan kandidat pimpinan.

Konflik kepentingan keuangan – Ini terjadi saat seorang karyawan atau bahkan direktur menerima bayaran uang sebagai hadiah tersirat. Tujuannya untuk memengaruhi tindakan atau keputusan karyawan tersebut demi kepentingan seseorang.

Konflik kepentingan asmara – Ketika ini terjadi, bisa saja seorang karyawan mendapat perlakuan khusus atau gajinya dinaikkan, berdasarkan rasa suka, dan bukan kinerjanya.

Konflik kepentingan tersembunyi – Biasanya ini berupa tindakan curang yang dilakukan oleh seorang karyawan, dengan cara berbagi informasi rahasia perusahaan ke pesaing. Bisa rahasia tentang strategi atau keunggulan bisnisnya.

Dengan mengetahui pengertian conflict of interest, paling nggak, kamu bisa tahu apa yang harus dilakukan, untuk mencegahnya maupun menghadapinya. Mengatasi konflik sangat penting untuk menjaga operasional perusahaan, dan juga loyalitas semua karyawan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

5 Ide Bisnis Fashion Masa Kini dengan Modal Sedikit Tapi Bisa Cuan Banyak

Creativepreneur and Career

Rahasia Sukses Bisnis Kuliner via E-commerce di Era Pandemi, Cek di Sini Yuk!

Creativepreneur and Career

Ingin Tahu Keinginan dan Kebutuhan Customer Bahkan Sebelum Mereka Menyadarinya? 7 Cara ini wajib kamu Coba

Creativepreneur and Career

Ketahui Apa yang Dimaksud dengan Financial Suicide dan Cara Mengatasinya