Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

content marketing

Apa, sih, yang dimaksud dengan content marketing? Well, jawabannya sederhana banget, kok, guys. Konten marketing adalah cara yang kamu lakukan agar target potensial bisa mendapatkan informasi relevan tentang brand, produk atau pun layanan tertentu. Sebenarnya content marketing itu nggak melulu tentang penjualan, kok, guys, tapi juga untuk menginspirasi, mengedukasi dan menghibur lewat konten-konten yang kamu sajikan. Berikut ini  tipe content marketing yang perlu kamu ketahui, guys:

  1. Brand Awareness

Huge Video Campaign

Kampanye video kreatif dibantu Facebook dan YouTube Ads adalah pilihan kalau kamu ingin mencapai lebih dari satu juta pelanggan. Tapi untuk bisa mempromosikan produk lewat digital ads, kamu tentunya butuh budget yang nggak sedikit, seenggaknya 3 kali jumlahnya dari biaya produksi, lho, guys. So, siap-siap!

Large Sponsored Influencer Campaign

Kalau tipe content marketing yang satu ini kita memanfaatkan influencer marketing untuk bikin ide, membuat konten dan mendistribusikan konten. Tantangannya adalah gimana kamu menemukan influencer yang tepat untuk mempromosikan produkmu.

Large Sponsored Publisher Campaign

Sumber Gambar : global.website-files.com

Tips lain untuk mendapatkan banyak viewer adalah menjalin kerja sama dengan para publisher untuk menayangkan konten berupa artikel tersponsor, video atau infografis pada situs website mereka. Kalau langkah content marketing yang ini biasanya disebut dengan istilah branded content.

  1. Brand Building

Ongoing Sponsored Influencer Campaign

content marketing

Sumber Gambar : global.website-files.com

Bedanya dengan tipe content marketing yang ketiga adalah, tipe ini bertujuan untuk membangun reputasi brand, produk atau layanan tertentu lewat kerja sama jangka panjang dengan para influencer. Dari segi harga memang lebih terjangkau, tapi masalahnya menemukan influencer yang benar-benar cocok dan juga siap.

Ongoing Sponsored Publisher Campaign

Sumber Gambar : global.website-files.com

Sama seperti tipe ongoing ssponsored influencer campaign, tipe content marketing ini juga punya tujuan agar reputasi dan kredibilitas brand, produk atau layanan tercipta untuk waktu yang lebih lama. Manfaatnya adalah biaya yang lebih terjangkau serta reputasi merk atau produk yang lebih bagus.

Baca Juga :   8 Tips Memilih Foto LinkedIn yang Tepat dan Profesional

Social Media Content

content marketing

Sumber Gambar : marketinginsidergroup.com

Nggak cuma lewat konten tersponsor bareng influencer atau publisher doang, guys. Kamu juga bisa mempromosikan konten-konten marketing berkualitas tinggi dan penuh makna lewat website atau pun platform-platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn atau yang lainnya, secara konsisten, GenKs.

SEO & Content Portal

content marketing

Sumber Gambar : wowtechub.com

Dua hal ini bisa memberikan keuntungan dan pemasukan dalam bisnismu, lho, guys. SEO dan content portal itu semacam landing page yang sederhana dan bisa kamu isi dengan macam-macam konten. Bisa konten yang menginspirasi, mengedukasi atau pun menghibur audiens.

3. Product Consideratio

Explainer & How-To Videos

Cara terbaik untuk menarik audiens lebih memahami produk kamu dan melakukan pembelian produk, adalah dengan membuat video explainer atau how-to. Tipe konten seperti ini jauh lebih disukai oleh target pasar dan banya dicari ketimbang jenis konten tertulis.

Thought Leadership and Gated Content

Sumber Gambar : easel.ly

White paper, industry report atau webinar adalah beberapa contoh dari tipe content marketing yang satu ini, GenKs. Satu tantangan terbesar ketika akan membuat konten marketing jenis ini adalah riset mendalam yang harus dilakukan.

Corporate Videos and Client Testimonials

Tipe konten marketing terakhir yang nggak kalah menarik untuk mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk atau menggunakan layanan tertentu adalah konten video yang berisi testimonial dari pelanggan lama.

Nah, itulah pengertian dan tipe-tipe content marketing yang perlu kamu ketahui. Siap menjangkau target?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis

Creativepreneur and Career

Yuk Kenalan Sama Agio Dalam Dunia Investasi!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis Properti, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini!