Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

etika-cover-lagu

Membuat cover lagu di media sosial bukanlah hal yang asing lagi. Namun persoalannya, kegiatan membuat lagu-lagu cover ternyata menimbulkan pro dan kontra. Makanya kamu sebagai musisi muda harus tahu pentingnya etika saat membuat cover version dari lagu seseorang.

Banyak penyanyi di internet melakukan cover lagu milik orang lain. Bahkan beberapa dari mereka ada yang namanya melejit dan sampai diundang ke acara-acara musik ternama untuk menyanyikan cover version dari lagu tersebut. Kemudian muncul banyak tanggapan pro-kontra. Beberapa orang beranggapan bahwa seharusnya sebelum membuat cover version, kita harus minta izin terlebih dahulu, tapi ada pula yang beranggapan sebaliknya. Jadi, bagaimana sebetulnya cara cover lagu yang benar?

Pro dan Kontra Cover Lagu

pro-contra-cover-lagu

Ilustrasi orang sedang merekam dan mengcover lagu (Sumber: unsplash.com)

Banyak penyanyi cover version yang mendulang apresiasi dan keuntungan lebih banyak daripada musisi yang pertama kali mematenkannya. Hal ini membuat banyak musisi baru yang ingin mengadu peruntungan dengan cara serupa agar cepat terkenal dan sukses.

Para penyanyi dadakan di internet berlomba-lomba mengunggah video cover. Ada yang ala kadarnya dan ada pula yang dengan semaksimal mungkin mematangkan konsep. Nggak sedikit yang serius menggarap versi cover, baik dari segi teknik bernyanyi, alat musik yang digunakan, dan teknik sinematografi untuk menghasilkan video yang memukau. Niat banget deh!

Tapi kenapa banyak dari video tersebut yang nggak di take down ya? Terus bagaimana masalah royalti? Masa sih, penyanyi aslinya nggak menuntut? Jawabannya sangat sederhana.

Semua tergantung dengan penyanyi asli. Mereka berkenan jika lagunya di cover atau nggak. Para peng-cover lagu harus paham risiko ini.

Salah satu masalah yang timbul dari kebiasaan membawakan lagu orang lain dan mengunggahnya di internet adalah saat penyanyi cover version namanya lebih melejit dan populer dibandingkan dengan penyanyi asli. Kalau begini, penyanyi asli atau pemilik lagu akan merasa dirugikan. Di sisi lain, proses perizinan yang rumit menjadi alasan terbesar banyaknya orang yang memilih jalan pintas tanpa meminta izin terlebih dahulu. Supaya lebih paham, yuk kita bahas!

Baca Juga :   Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Berkualitas

About author

Related posts
Musik

8 Rekomendasi Lagu Paling Ikonik Sedunia yang Cocok Kamu Dengerin di Hari Musik Sedunia

Musik

Tips Cover Lagu di YouTube Biar Dapat Banyak Subscriber!

Musik

Hobi Cover Lagu? Pahami Dulu Pelanggaran Hak Cipta Biar Tak Terseret Masalah!

Musik

5 Cara Mudah Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Leave a Reply

Your email address will not be published.