GenK LIFE

Suka Iri Sama Kesuksesan Orang Lain? Tanda Kamu Kena Crab Mentality!

crab-mentality

Hayo, jujur deh, pernah nggak sih, kamu ngerasa iri sama keberhasilan yang udah dicapai teman-teman dan orang-orang di sekitarmu? Nggak sebatas perasaan iri aja, ya, tapi kamu bahkan sampai mengkritik, ngeremehin sampai-sampai memanipulasi orang lain. Duh, kalau sanpai gitu, artinya kamu kena gangguan mentalitas kepiting alias crab mentality!

Mengenal Crab Mentality

mengenal-crab-mentality

Ilustrasi mentalitas kepiting (Sumber: samwoolfe.com)

Istilah crab mentality berasal dari sikap kepiting-kepiting di sebuah ember yang akan saling menarik kaki dan tangan teman-temannya jika salah satu dari mereka hampir mencapai ujung ember. Well, mungkin ada maksud baik dari sikap tersebut, agar nggak satupun kawan mereka yang keluar dari ember lalu jadi santapan pemangsa. Alih-alih melarikan diri atau bertahan hidup dengan meninggalkan kawanannya, para kepiting lebih memilih mati bersama, lho.

Eits, tapi di dunia manusia, sikap saling menarik dan menjatuhkan tersebut malah dianalogikan sebagai pola pikir yang egois dan juga iri pada kesuksesan orang lain. Perilaku ini sering terjadi, lho. Mungkin kamu salah satunya yang mengidap gangguan mental kepiting. Mentalitas kepiting, kalau diartikan secara singkat bakal seperti,

“Kalau aku nggak bisa mendapatkannya, kamu juga nggak boleh!”

Faktor Penyebab Mentalitas Kepiting

faktor-penyebab-mentalitas-kepiting

Ilustrasi orang dengan mentalitas kepiting yang ingin menjatuhkan orang lain (Sumber: lincolnshirelive.co.uk)

Manusia adalah makhluk yang nggak bisa hidup tanpa orang lain. Biasanya mereka bergabung dalam kelompok tertentu atau membentuk satu kelompok untuk memudahkan mereka mencapai tujuan bersama. Namun, hidup berkelompok juga berarti mereka harus siap menghadapi banyak persaingan. Seperti dalam hal makanan serta pasangan.

Ketergantungan manusia dalam hidup berkelompok adalah salah satu faktor penyebab fenomena mentalitas kepiting. Tapi kondisi ini nggak cuma disebabkan oleh hal tersebut aja, lho. Ada beberapa faktor yang bikin seseorang mengidap crab mentality. Penyebab mentalitas kepiting, melansir Psychology Today dari Tirto.id, adalah karena perasaan seperti cemburu, malu, dendam, rendahnya harga diri hingga sifat kompetitif.

Mentalitas ini bisa membuat hubungan nggak sehat dalam kelompok lantaran semua orang akan merasakan rugi. Level seseorang nggak akan meningkat karena mengkritisi keberhasilan serta kebahagiaan orang lain.

Sindrom ini emang bisa membuat orang-orang yang mengalaminya merasa lebih baik dari orang yang mereka kritik itu. Tapi efek tersebut nggak bisa bertahan lama, mengingat di atas langit masih ada langit, di atas orang yang lebih kaya, pintar, cantik, dan beruntung, masih ada yang jauh lebih-lebih lagi dari mereka. Akan terus begitu.

Cara Mengatasi Crab Mentality 

cara-mengatasi-crab-mentality

Ilustrasi orang yang iri dengan hal yang dicapai oleh orang lain (Sumber: psychologytoday.com)

Crab mentality adalah perilaku yang bisa dialami siapa saja dalam berbagai situasi. Termasuk kamu! Apabila kamu sering mengalami mentalitas kepiting dan nggak suka banget kalau ada orang lain yang lebih sukses dari dirimu, satu-satu cara mengatasinya adalah menahan diri dan belajar berlapang dada dengan keberhasilan yang telah diraih orang lain.

Tapi kalau kamu adalah korban dari kondisi crab mentality orang lain, coba deh, atasi dengan beberapa langkah sederhana di bawah:

1. Tumbuhkan dan Kembangkan Nilai Diri

kembangkan-nilai-diri

Ilustrasi mengembangkan nilai diri (Sumber: unsplash.com)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar nggak terbiasa dengan mentalitas kepiting adalah berusaha menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan dirimu sendiri, karena biasanya orang yang nggak punya rasa kepercayaan diri tinggi bisa gampang banget ditarik ke bawah.

Nah, agar rasa percaya dirimu meningkat, coba deh, tambah nilai diri. Caranya gampang banget, kok, bisa dengan mengembangkan hobi baru atau memperdalam skill yang udah kamu punya.

2. Lakukan Hal-Hal yang Disukai dengan Penuh Semangat

selalu-semangat-melakukan-aktivitas

Ilustrasi orang yang senang dengan aktivitas yang dilakukan (Sumber: expressfrancais.com)

Bagian dari sifat mentalitas kepiting yang harus banget kamu perhatikan adalah nggak pingin orang lain terlihat lebih maju. Nah, jika hal itu terjadi pada dirimu, cobalah tetap semangat ketika melakukan apapun yang kamu suka, karena ternyata ini adalah langkah penting dalam mengatasi crab mentality, lho.

Jika kamu memilih cara tertentu untuk mencapai impian, pastinya kamu harus melakukannya dengan konsisten. Jangan gampang mengubah metode dan tujuanmu meski harus dihantam kritikan pedas. Sebab kalau begitu, kamu akan kembali ke titik bawah lagi.

3. Ketika Merasa Gagal, Evaluasi Diri

evaluasi-diri

Ilustrasi evaluasi diri (Sumber: cinemablend.com)

Akan selalu ada aral melintang bagi mereka yang ingin menggapai mimpi. Tapi jangan biarkan hambatan yang datang membuatmu jatuh terpuruk dan ogah bangkit lagi. Ambil pelajaran dari kegagalan yang kamu alami. Cobalah evaluasi dirimu dari kegagalan dan cari tahu penyebab serta cara mengatasinya. Kembalikan rasa percaya dirimu untuk kembali berjuang, karena cuma dengan begitu kamu bisa meningkatkan nilai dirimu sendiri.

4. Teruslah Berjuang dengan Gigih dan Jangan Pernah Menyerah

pantang-menyerah

Ilustrasi orang yang pantang menyerah (Sumber: unsplash.com)

Biar nggak terus-terusan down karena menghadapi orang yang punya mentalitas ini sama kemampuanmu, pastikan kamu punya mental yang kuat untuk terus berjuang dan melangkah maju dengan gigih.

Ketika orang lain mengkritik dan menilai kalau tindakanmu salah, cuma dirimu sendiri yang tahu seperti apa kebenarannya. Dengarkan kritikan yang masuk selama itu membangun potensimu. Jika niat dan tujuan orang-orang yang punya crab mentality itu justru sebaliknya, jangan hiraukan dan teruslah berjuang maju!

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan