Creativepreneur and Career

5 Ide Peluang Usaha Rumahan yang Bisa Kamu Coba

Dewasa ini, mungkin ada beberapa yang menghindari untuk membuka usaha atau bisnis karena beberapa penyebab. Misalnya seperti takut gagal dan merugi banyak, persaingan yang ketat hingga ketakutan-ketakutan lainnya hingga memilih untuk tak mau mencoba.

Sebuah studi membuktikan bahwa 8% bisnis cenderung gagal pada 2 tahun pertama sejak dibuka. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena ramainya persaingan di pasaran hingga produk atau jasa yang ditawarkan jadi kalah bersaing.

Salah satu jenis usaha yang paling banyak dilakukan oleh milenial adalah dengan menjadi reseller ataupun dropshipper dari sebuah toko online. Walau demikian, ternyata masih ada beberapa ide usaha rumahan lain yang bisa kamu coba, loh!

1. Aneka kue dan roti

ide usaha kue

Ilustrasi roti. (Sumber: Marco Verch)

Buat kamu yang suka membuat kue, ini bisa kamu jadikan sebagai ide usaha rumahan, loh! Membuka bakery atau toko kue rumahan merupakan salah satu usaha rumahan yang populer dan tak memerlukan banyak peralatan.

Awal memulai, kamu bisa menjual atau menitipkan roti, kue maupun cookies ke warung atau kepada kerabat terdekat. Setelahnya mungkin kamu akan bisa mendapat peluang yang lebih besar seperti menyediakan snack untuk acara arisan, kantor atau bahkan bisa menjadi supplier cafe.

2. Katering dan warung makan

Ilustrasi katering. (Sumber: shutterstock)

Selain membuat kue, bagi kamu yang suka memasak, kamu juga bisa memilih bisnis katering atau warung makan. Sebelum besar, beberapa usaha katering atau warung makan besar juga berawal dari bisnis rumahan sederhana biasa.

Walau demikian, bukan berarti kamu harus memiliki kepiawaian dalam memasak jugam ada banyak pengusaha kuliner yang sebenarnya tak mahir dalam hal memasak. Jika hal ini terjadi denganmu, kamu hanya perlu menemukan juru masak yang tepat serta memiliki kesamaan visi, selera serta etos kerja.

Kamu juga bisa memulai bisnis ini dari skala kecil seperti katering untuk anak sekolah, anak kos atau karyawan, acara pengajian, hingga katering menu sehat untuk diet. Tak ada yang salah bagimu untuk memulai dari yang terkecil dulu.

Baca Juga :   7 Ide Usaha saat Ramadhan yang Perlu Kamu Coba
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021

Creativepreneur and Career

Langkah dan Alasan Kenapa Kamu Perlu Membuat Business Plan