Creativepreneur and Career

Ingin Kerja di Agency? Pahami Dulu Pengertian dan Jenis-Jenisnya

apa-itu-agency

Bekerja di agency memang terdengar menyenangkan. Banyak fresh graduate bercita-cita untuk bekerja di agency ternama. Dari tampilan luar sih, anak agency terlihat santai, karena kamu boleh mengenakan pakaian bebas, jam kerja fleksibel, dan adanya lingkungan kerja yang nggak kaku. Eits, sebelum kamu benar-benar membulatkan tekad untuk menjadi anak ahensi, kamu harus mencari informasi dulu mengenai apa itu agency, jenis-jenisnya, dan juga posisi yang dibutuhkan di sana.

Apa Itu Agency?

apa-itu-agency

Bekerja secara tim di agency (Sumber: unsplash.com)

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini beriringan dengan melesatnya laju pemasaran lewat digital (digital marketing). Strategi memasarkan produk atau jasa melalui media digital punya banyak keunggulan daripada lewat media konvensional. Salah satu keunggulannya adalah adanya peningkatan yang signifikan. Nah, perusahaan yang mampu membantumu untuk mencapai target penjualan produk atau jasa tersebut adalah agency. Banyaknya permintaan serupa mampu mendorong banyak pengusaha untuk beralih mendirikan agency.

Hayo, kalau kamu pengen menjadi bagian dari anak ahensi, pasti sudah tahu dong, apa itu agency?

Agency adalah sebuah perusahaan yang di dalamnya menyediakan jasa untuk suatu proyek yang berhubungan dengan industri kreatif dengan melakukan pemasaran, pengembangan branding suatu produk, ataupun periklanan untuk klien.

Dengan bantuan agency, waktu pengerjaan akan lebih hemat karena dikerjakan oleh tim profesional dengan ide yang lebih kreatif.

Jenis-Jenis Agency

Ketika mendengar kata “agency”, pasti kamu langsung teringat tentang dunia periklanan, kan? Padahal agency luas banget loh. Agency di Indonesia sendiri sedang membuka peluang besar untukmu, terutama buat kamu yang suka bekerja di bidang industri kreatif. Berikut adalah beberapa jenisnya, untuk makin menambah pemahanmanmu mengenai apa itu agency!

1. Advertising Agency

advertising-agency

Mengiklankan sebuah brand (Sumber: unsplash.com)

Jenis agency pertama yang akan kami bahas yakni advertising agency. Sesuai namanya, advertising agency adalah sebuah perusahaan independen yang memberikan jasa pengiklan bagi klien. Biasanya perusahaan ini memberikan layanan berupa perencanaan dari awal, tahap penyusunan, sampai penempatan iklan di media.

Kalau kamu tertarik bekerja di agensi ini, kamu harus tahu dulu, suka duka, skill, dan pekerjaan apa saja yang dibutuhkan di advertising agency. Untungnya, kami sudah buatkan ulasannya buat kamu. Yuk, baca dulu artikel kami sebelumnya tentang bekerja di advertising agency.

2. Marketing Agency

marketing-agency

Ilustrasi melihat pertumbuhan website (Sumber: unsplash.com)

Marketing agency adalah sebuah perusahaan yang mampu membantu para pebisnis untuk memasarkan produk atau brand mereka dengan memanfaatkan media digital. Umumnya, perusahaan ini menggunakan website, media sosial, SEO, dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan strategi penjualan digital.

Baca Juga :   Milenial Bisa Bikin Startup Tanpa Modal Besar

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

4 Manfaat Dari Penggunaan Brand Avatars Yang Harus Kamu Tahu

Creativepreneur and Career

Strategi Marketing Visual untuk Promosi yang Efektif di Era Digital

Creativepreneur and Career

Catat Strategi Branding Rendah Biaya yang Efektif untuk Bisnismu

Creativepreneur and Career

Ide Usaha Digital Marketing dengan Peluang Bisnis Paling Menjanjikan