Creativepreneur and Career

Mengenal Apa Itu Niche dan Perbedaannya dengan Segmen

apa-itu-niche

Dulu mungkin kita nggak begitu sering mendengar istilah niche. Kemudian, seiring berkembangnya teknologi, akses internet semakin luas serta digunakan di segala bidang kehidupan. Akhirnya, bisnis pun beralih ke digital termasuk pemasaran dan promosinya. Dari sinilah muncul istilah niche. Apa itu niche? Yuk, kita simak penjelasannya yang lebih lengkap.

Pengertian Niche

apa-itu-niche-1

Pengertian niche dalam digital marketing (Sumber: unsplash.com)

Dari definisinya, apa itu niche adalah sekelompok konsumen yang memiliki kebutuhan dan selera yang unik. Niche memang lebih banyak digunakan sebagai istilah marketing. Istilah niche biasanya sering digunakan oleh perusahaan kecil yang memproduksi barang atau jasa khusus. Di mana, mereka menjual produknya tersebut ke pasar yang juga khusus, yaitu orang-orang tertentu yang berminat terhadap produk mereka.

Karena pengertiannya tersebut, niche sering dikaitkan dengan segmen. Niche juga disamakan dengan segmen. Padahal, keduanya memiliki arti yang cukup berbeda meski serupa. Maka dari itu, yuk, sekarang kita pahami arti dari segmen.

Pengertian Segmen

ilustrasi-segmen

Ilustrasi segmen pembeli dalam bisnis (Sumber: unsplash.com)

Menurut definisinya, segmen adalah istilah yang digunakan perusahaan besar untuk menyebut niche. Jadi, sederhananya, niche dan segmen sebenarnya merupakan konsep yang sama.

Nah, perusahaan besar cenderung melihat pangsa pasar dari atas ke bawah. Mereka fokus untuk menciptakan produk yang sangat menarik terlebih dahulu. Baru setelah itu, sehabis produknya dipasarkan, maka perusahaan-perusahaan tersebut akan membentuk niche yang besar seiring berjalannya waktu.

Istilah “niche” terdengar terlalu kecil kalau untuk digunakan oleh perusahaan multinasional yang berskala besar. Makanya, perusahaan-perusahaan ini memilih istilah “segmen” untuk menyebut pangsa pasar mereka.

Baca Juga :   5 Social Media Tools Terbaik untuk Marketing Konten
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Memahami Manajemen Risiko Agar Bisnismu Berjalan Lebih Lancar

Creativepreneur and Career

Mengenal Hak Merek dan Efek Pentingnya untuk Bisnis

Creativepreneur and Career

Cara Meningkatkan Skill Storytelling Marketing yang Harus Kamu Ketahui

Creativepreneur and Career

5 Fase Perjalanan Bisnis Ini Bakal Dilalui Entrepreneur Pemula