5 Tips Ampuh Belajar Coding Dasar untuk Pemula

Dibaca Normal: 4 menit aja
belajar coding dasar

Belajar coding dasar bisa jadi hal yang cukup menantang bagi para pemula yang belum punya pengalaman sama sekali. Tapi tenang saja, gak usah risau, GenK, kami punya tips ampuh yang bisa bikin acara belajar coding kamu jadi lebih efektif dan lancar jaya. 

Penguasaan teknologi merupakan hal yang mutlak di era Industri 4.0. Di hampir setiap aspek kehidupan dan pekerjaan, kamu pasti akan selalu berjumpa dengan berbagai perangkat teknologi. 

Untuk bisa bersaing di bidang ini, kamu mesti menguasai berbagai macam skill dan ilmu strategis terkait dengan dunia teknologi, coding adalah salah satunya. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Siapa sih yang tidak tertarik untuk belajar ilmu yang paling banyak dicari di era digital ini? Meskipun potensi dan lapangan kerja untuk kamu yang menguasai coding itu luas, tingkat kerumitan yang tinggi dalam proses pembelajarannya seringkali menjadi penghalang buat terjun ke dunia bak film The Matrix ini. 😎

Nah, tidak perlu khawatir, belajar coding dasar untuk pemula bisa jadi lebih efektif kalau kamu tahu beberapa tips ampuh yang sudah kami siapkan khusus berikut ini, GenK.  

1. Belajar Coding Dasar lewat Online Course

Belajar coding dasar 1

Ilustrasi belajar coding online (sumber: mockplus.com)

Era digital sama dengan era mudah dan praktis, termasuk dalam urusan belajar coding. Kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendaftarkan dirimu ke jurusan komputer di universitas agar dapat mengasah skill yang satu ini. 

Sekarang udah zamannya Massive Open Online Course (MOOC), GenK. Belajar coding mudah dan praktis dari mana saja, cukup berbekal gadget dan internet. Kamu bisa belajar coding online lewat beberapa rekomendasi platform terbaik dan gratis yang pernah kami muat di artikel sebelumnya. 😉

Baca Juga
Belajar Coding Mudah dengan 6 Bahasa Pemrograman untuk Pemula

2. Latihan dengan Menulis Coding 

Belajar coding dasar 2

Latihan menulis coding

Tips terbaik yang selalu disarankan oleh para profesional buat kamu yang ingin belajar coding dasar adalah dengan latihan menulis. Yap, menulis coding, GenK. Eits, pasti pada bingung kan? Masa mau belajar bahasa pemrograman komputer malah harus latihan menulis. ✍️

Latihan menulis coding dengan tangan menjadi metode efektif buat para pemula yang ingin benar-benar menguasai konsep dasar ilmu yang satu ini. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam manfaat lewat latihan menulis coding loh. Beberapa diantaranya termasuk: 

  • Melatih daya ingat. Proses transfer coding dari komputer ke atas kertas saat menulis dapat membantu meningkatkan daya ingat karena aktivitas yang terus berulang. 
  • Kebiasaan baik. Menulis akan membuat kamu lebih fleksibel saat harus mengerjakan sesuatu di luar rutinitas membuat coding yang hanya terpaku pada komputer. 
  • Latihan untuk tes kerja. Ini dia alasan utama kenapa kamu harus melatih skill coding dengan menulis. Setiap tes evaluasi dan wawancara pekerjaan yang melibatkan coding, kamu akan diminta untuk menuliskan rentetan bahasa pemrograman tersebut dengan menggunakan tangan di atas kertas.   

3. Pilih Bahasa Pemrograman yang Tepat 

Belajar coding dasar 3

Ilustrasi bahasa program untuk pemula (sumber: phpocean.com)

Bukan hanya bisa belajar lewat online dengan mudah, pemilihan bahasa pemrograman yang tepat untuk pemula juga patut dipertimbangkan. Setiap bahasa pemrograman diciptakan khusus untuk keperluan yangs spesifik dan demikian dengan tingkat kesulitan penggunaannya. 

Mulai dari Python, C#, Java, PHP, HTML, dan macam-macam bahasa lainnya, semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa pilihan bahasa pemrograman yang cocok untuk tingkat pemula bisa kamu simak di post kami sebelumnya, GenK. 😁

Dengan mempelajari bahasa yang tepat, kamu bisa lebih mudah saat memahami konsep dasar dan mengembangkan skill secara bertahap. Sesuaikan kebutuhan dan goal yang ingin kamu capai saat ingin menguasai coding agar proses belajarmu bisa lebih efektif dan efisien. 

Baca Juga
8 Situs Rekomendasi Belajar Coding untuk Pemula Sampai Pro

4. Bermain Sambil Belajar 

Tips paling ampuh untuk belajar coding berikutnya adalah dengan cara bermain. Loh, kok malah main? Kamu pasti pernah mendengar metode belajar sambil bermain kan? Nah, begitu pula dengan coding.

Jika kamu sering dipusingkan saat melihat baris kode di layar komputer, gimana kalau kode-kode tersebut diubah menjadi permainan yang menyenangkan?  🤔

Kamu bisa menemukan beberapa pilihan games seru untuk jadi media belajar programming, salah satunya adalah Hour of Code. Permainan asyik berbasis web ini bisa bikin kamu lupa saat sedang belajar coding. Selain Hours of Code, game lain seperti Minecraft juga bisa kamu coba untuk alternatif permainan coding lainnya, GenK. 

5. Cari Mentor atau Teman Belajar  

Belajar coding dasar 4

Belajar lewat metode pair programming

Guru terbaik adalah pengalaman. Setuju gak dengan peribahasa tersebut? Selain mendapatkan pengetahuan baru lewat materi kursus online atau membaca buku, kamu juga bisa mengasah skill coding dengan bantuan orang lain. 💁‍♂️

Mintalah temanmu yang ahli dalam bidang coding, baiknya yang khusus mempelajari bidang ilmu komputer atau teknik informatika, untuk menjadi mentor sekaligus teman belajarmu. Nah, pelajarilah trik dan dasar-dasar programming dari mereka. 


Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kreativvpreneur

Ingin Duit Tambahan? Cobain 9 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Kreativvpreneur

4 Profesi Kekinian yang Cocok untuk Lulusan Desain Komunikasi Visual

Kreativvpreneur

5 Cara Menghilangkan Rasa Minder di Kantor

Kreativvpreneur

Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link