Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021

Dalam berbisnis, pemasaran itu sangat penting, karena dengan cara inilah kamu bisa mengenalkan bisnismu. Nah, karena adanya kemajuan teknologi, strategi pemasaran pun mengalami perkembangan. Di mana, kini hampir semua promosi dilakukan secara online, sehingga muncul digital agency yang berperan sangat penting dalam pemasaran. Bahkan, sering dijadikan ide bisnis karena peluangnya yang besar. Jadi, kamu bisa memulai bisnis di bidang digital agency, kalau kamu punya passion dalam hal pemasaran online. Yuk, kita lihat ulasannya disini.

Apa Itu Digital Agency?

Sumber Gambar : Unsplash

Pengertian digital agency adalah perusahaan atau pihak ketiga, maupun perorangan, yang membantu klien yang biasanya adalah pebisnis, untuk merancang, merencanakan, serta mengelola campaign pemasaran digital. Agensi digital ini nggak sama dengan advertising agency yang memang sistemnya konvensional. Di mana, advertising agency membantu mengiklankan bisnis dengan cara-cara lama, seperti iklan di media TV dan radio, banner, spanduk, baliho dan sebagainya.

Sementara, digital agency menggunakan strategi yang lebih digital. Biasanya, media yang digunakan seperti website, search engine, media sosial, aplikasi, dan semacamnya. Adapun kegiatan di dalam agensi ini di antaranya yaitu branding, SEO atau Search Engine Optimization, pemasaran melalui search engine dan media sosial, iklan display dan konten, serta pengelolaan media sosial.

Selain itu, ada juga keunggulan lain jika dibandingkan pemasaran dengan cara tradisional, yaitu biayanya lebih rendah, dan efektif dalam memasarkan brand ke target pasar. Selain itu, kamu bisa melakukan komunikasi dua arah. Jadi, klienmu yaitu pebisnis atau perusahaan, bisa berhubungan langsung dengan konsumennya. Semua ini dapat membantu meningkatkan penjualan.

Cara Memulai Digital Agency

digital agency

Sumber Gambar : Unsplash

Oke, sekarang langsung aja kita simak cara untuk mulai mendirikan digital agency. Berikut caranya:

  1. Menentukan jasa yang mau kamu tawarkan. Misalnya seperti marketing konten, pembuatan website, web design, optimasi SEO dan sebagainya.
  2. Memilih niche market biar kamu bisa promosi dengan tepat sasaran, contohnya targetmu adalah industri konveksi.
  3. Menentukan sistem pembayaran ke agensimu, biasanya sistemnya per jam, harga tetap, dan biaya per bulan.
  4. Menentukan harga jual, beritahukan kelebihan dan keunikanmu, sehingga calon klien memilih kamu dan bukan kompetitor. Misalnya, kamu tawarkan revisi sepuasnya, bonus layanan dan sebagainya.
  5. Bikin website yang berisikan About Us, Contact Us, Landing Page dan yang paling penting Portofolio. Biar calon klien bisa melihat contoh karya kamu.
  6. Gunakan pemasaran digital agar kamu bisa dapat klien lebih banyak.
  7. Membuat content marketing untuk tingkatkan awareness, engagement dan traffic website.
  8. Manfaatkan tenaga freelance yang nggak mementingkan gaji tinggi, ini cocok banget buat perusahaan pemula.
Baca Juga :   Strategi Rebranding Terbaik untuk Kembangkan Bisnismu

Manfaat 

digital agency

Sumber Gambar : Unsplash

Manfaat ini berarti kelebihan akan menguntungkan klienmu. Digital agency dapat membantu klien dengan cara menentukan konsep marketing yang paling tepat. Konsep tersebut juga bisa dijalankan dengan benar, sehingga efektif untuk mencapai target. Terus, kamu juga akan mendapat laporan terperinci tentang campaign yang udah dilakukan. Jadi, kamu bisa terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas marketing. Di samping itu, promosi digital dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.

 

Nah, sekarang kita udah lebih memahami digital agency. Dengan mengetahui pengertian serta cara kerjanya, kamu bisa punya gambaran tentang langkah-langkah untuk memulai bisnis ini. Apabila dijalankan dengan serius dan konsisten, maka bisnis agensi digital bisa memberikan keuntungan besar.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

5 Cara Super Simple untuk Bikin Konten LinkedIn Banjir Likes dan Comments

Creativepreneur and Career

6 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pelajar, Pegawai dan Ibu Rumah Tangga!

Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Banyak Akun Media Sosial Biar Kamu Makin Cuan

Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer