Creativepreneur and Career

Business Model Canvas, Rahasia Mengembangkan Bisnis yang Efektif

business model canvas

Key Resource

Setelah itu tulis di kolom elemen “Key Resource” apa saja yang diperlukan perusahaan supaya bisa merealisasikan value proposition model bisnis. Bentuknya bisa berupa sumber daya manusia, perangkat lunak, perangkat operasional, dan lain-lain. Setiap kebutuhan harus punya alasan dan benar-benar memiliki value demi mengembangkan bisnis.

Key Activities

Isi kolom elemen “Key Activities” dengan semua aktivitas atau kegiatan yang perlu dilakukan untuk merealisasikan goals perusahaan. Daftar aktivitas atau kegiatan harus berhubungan dengan produktivitas bisnis. Misalnya melakukan riset keinginan dan kebutuhan konsumen, mengembangkan produk, meningkatkan kualitas produk, dan mendistribusi produk sesuai segmen yang sudah ditentukan.

Key Partnership 

Merupakan pihak yang menjadi penentu jalannya sebuah bisnis. Kolom elemen “Key Partnership” berfungsi untuk melakukan pengorganisasian suatu produk atau jasa. Adanya key partnership dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari key activities yang sudah kamu tulis sebelumnya. Keduanya saling berhubungan untuk menciptakan siklus bisnis yang sehat.

Baca Juga :   5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

Revenue Streams

Elemen di Business Model Canvas yang berikutnya adalah kolom “Revenue Streams” yang merupakan bagian paling vital. Sebuah bisnis tentu dibangun untuk mendapatkan revenue, yaitu pendapatan hasil penjualan kepada pelanggan. Hasil ini kemudian harus disusun menjadi data yang super lengkap, jangan sampai ada yang terlewat yah. Jumlah revenue yang didapatkan bisa menjadi cerminan apakah setiap sumber daya manusia yang menjadi bagian dari perusahaan dan alat operasional yang digunakan sudah bekerja secara maksimal atau belum.

Cost Structure

Last but not least. Elemen Business Model Canvas yang terakhir tidak kalah penting dari delapan elemen yang kami sebutkan sebelumnya, yaitu kolom “Cost Structure”. Dibutuhkan laporan keuangan yang kredibel guna mempermudah pengelolaan biaya supaya lebih efisien dan meminimalisasi risiko kerugian perusahaan. Isi kolom ini dengan biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan pengembangan dan pemasaran produk atau jasa bisnismu.

Nah, itu dia pengertian Business Model Canvas, fungsi, dan elemen-elemen penting di dalamnya. Sekarang kamu jadi tahu betapa pentingnya menyusun model bisnis sedemikian rupa supaya bisnismu tetap on track. Dengan begitu, untuk dapat meraih goals sesuai waktu yang diharapkan pun jadi lebih mudah. Efektif banget kan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mengenal Hak Merek dan Efek Pentingnya untuk Bisnis

Creativepreneur and Career

Cara Meningkatkan Skill Storytelling Marketing yang Harus Kamu Ketahui

Creativepreneur and Career

5 Fase Perjalanan Bisnis Ini Bakal Dilalui Entrepreneur Pemula

Creativepreneur and Career

Menentukan Tujuan Perusahaan dengan 7 Langkah Sederhana