Creativepreneur and Career

Cara Cek Email Sudah Dilihat HRD, Supaya Nggak Harap-Harap Cemas

Cara-Cek-Email-Sudah-Dilihat-HRD

Buat kamu yang pernah jadi pejuang pencari kerja, pasti paham banget betapa nervous-nya menanti balasan email dari HRD. Galaunya melebihi saat kamu menunggu balasan chat dari si doi yang nggak kunjung datang. Perlu kamu ingat, HRD di perusahaan yang kamu tuju pasti harus baca puluhan atau bahkan email lamaran kerja yang masuk. Apalagi, kalau posisi pekerjaan yang dilamar tergolong strategis. Tapi, kamu juga pasti nggak betah dilanda dengan ketidakpastian. Paling nggak, kamu ingin tahu, sudahkah HRD membaca surat cintamu? Nggak perlu galau lagi, ya. Kamu bisa ikuti cara cek email sudah dilihat HRD berikut ini.

Lewat Akun Gmail

cara-cek-email-sudah-dilihat-HRD

Cek email pakai akun Gmail (Sumber: trenasia.com)

Buat kamu yang mengirim email lamaran kerja lewat Gmail, cara ini bisa kamu pakai. Sayangnya, cara mengecek email ini hanya bisa dilakukan kalau kamu pakai aplikasi G Suite. Jadi, buat kamu yang cuma punya akun Gmail biasa, cara ini nggak berlaku, ya. Nah, khusus buat kamu yang menggunakan akun G Suite, ini cara cek email sudah dilihat HRD atau belum:

  1. Pertama-tama, tulis email baru di akun Gmailmu.
  2. Setelah itu, klik opsi “More” yang berada tepat di bagian bawah jendela “Write”.
  3. Setelah itu, klik “Request Read Receipt”. Lanjutkan dengan menulis email hingga selesai.
  4. Setelah mengirimnya, kamu bisa langsung dapat notifikasi apakah pihak penerima sudah baca email darimu. Gampang banget, kan?

Lewat Ekstensi Mailtrack

mailtrack

Pakai ekstensi Mailtrack (Sumber: mailtrack.io)

Buat kamu yang punya akun Gmail reguler, atau layanan email lainnya, jangan berkecil hati. Kamu juga bisa meng-install ekstensi “Mailtrack” pada browser Chrome milikmu sebagai cara cek email sudah dilihat HRD.

Saat kamu selesai mengirim email, Mailtrack bakal kasih notifikasi saat pihak HRD sudah membaca emailmu. Kamu bisa pakai ekstensi ini secara gratis dengan cara mengunduhnya lewat Web Chrome Store. Tapi, versi gratis biasanya menyertakan signature “Sent with Mailtrack” yang bisa bikin surat lamaranmu jadi kelihatan kurang sesuai.

Baca Juga :   Nggak Dilarang, Ini Waktu yang Tepat untuk Berbohong Saat Interview Kerja
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021

Creativepreneur and Career

Langkah dan Alasan Kenapa Kamu Perlu Membuat Business Plan

Creativepreneur and Career

Giveaway, Strategi Marketing Jitu Yang Wajib Dipelajari!

Creativepreneur and Career

Kamu Punya Toko Online? Perhatikan Risiko Keamanan Ini