Creativepreneur and Career

Cara dan Langkah Mudah untuk jadi Product Designer yang Handal

Kamu-kamu yang hobi atau sekedar suka dunia desain-mendesain, pernah nggak terbesit di pikiranmu aktivitas tersebut bisa mendatangkan cuan yang jumlahnya nggak sedikit, guys? Nah, rahasianya adalah dengan menyelami profesi yang menjanjikan beberapa tahun ke depan. Karena nggak semua pekerjaan sebagai desainer menawarkan bayaran yang besar. Nggak usah khawatir, guys, seperti mengutip The Art Career Project, ada satu lowongan yang diperkirakan akan banyak dicari di tahun 2022, lho. Hayo, tahu nggak, kira-kira profesi sebagai apa yang ada kaitannya dengan dunia perdesainan? Jawabannya adalah Product designer, guys! Mulai siap-siap dari sekarang dan ketahui apa saja yang dibutuhkan untuk jadi product designer handal.

Kenali Pelangganmu

Sumber Gambar : parcelmonitor

Jangan salah, guys, meski kamu cuma sosok di balik layar, tapi tetap penting memahami pelanggan agar bisa menyesuaikan selera mereka dengan bisnismu. Untuk bisa mengenali pelangganmu dengan baik, nggak bisa sembarangan, lho. Ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan, seperti mensurvey, melakukan wawancara hingga menganalisis jawaban mereka yang jumlahnya bisa mencapai angka ribuan.

Dengan begitu kamu baru bisa mengambil keputusan yang tepat tentang desain produk seperti apa yang bakalan menarik perhatian pelanggan.

Dan jangan melupakan tanggung jawabmu untuk meningkatkan penjualan serta menghasilkan keuntungan. Jadi, selain memikirkan keinginan pasar, ada hal lain yang harus kamu lakukan, yakni menjaga agar sumber daya, waktu dan anggaran untuk memproduksi barang atau layanan terbaik sesuai yang dicari pelanggan. Semua itu harus seimbang.

Ikut Workshop atau Kursus, dan Teruslah Berkembang

Sumber Gambar : worldairco

Nggak perlu punya gelar desain atau seni untuk jadi seorang product designer, guys. Serius. Apalagi kita hidup di era serba canggih seperti sekarang ini. Kamu bisa mengikuti workshop atau pun kursus online untuk menjadi desainer produk yang punya keahlian.

Baca Juga :   Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Yang perlu kamu ingat, ilmu dan skill nggak cuma bisa didapatkan lewat workshop atau pun kursus. Kamu juga nggak boleh melewatkan feedback dari para pelanggan. Karena tanpa itu, mustahil bagi seorang desainer profesional sekalipun untuk terus mengembangkan kemampuannya.

Cari motivasi untuk memperbaiki produk dan meningkatkan penjualan, perhatikan detail atau kekurangan apa yang bisa dihilangkan dan digantikan dengan keunggulan serta keunikan. Lalu lakukan revisi.

Jangan Terlalu Obsesif Mengejar Kesempurnaan

Product Designer

Sumber Gambar : foolcdn

Well, kamu mungkin punya banyak banget ide brilian yang mengantri untuk dipraktekkan, tapi jangan sampai kamu melupakan tanggung jawabmu sendiri sebagai seorang product designer.

Menjadi sempurna memang bagus, tapi kalau kamu terlalu obsesif untuk mengejar kesempurnaan semata tanpa mengambil pelajaran dari kesalahan yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Karena bakalan mustahil menjadi product designer yang sempurna jika kamu sendiri nggak tahu apa yang harus dibenahi.

Terus Kejar Perkembangan Teknologi

Product Designer

Sumber Gambar : seat.com

Untuk jadi product designer yang handal, artinya kamu nggak boleh malas menambah ilmu-ilmu baru. Dan untungnya, sekarang kita bisa mendapatkan segala informasi terbaru tentang tren-tren terkini di bidang desain produk.

Nggak peduli apa pun media dan teknologi yang kamu gunakan, pastikan terus perbarui skill-mu dalam mendesain produk. Ini adalah resep yang diperlukan untuk bisa bertahan di tengah persaingan antara sesama desainer produk.

Bergabunglah dengan Komunitas

Product Designer

Sumber Gambar : dribbble.com

Cara jadi product designer handal yang sayangnya sering disepelekan oleh para pemula adalah bergabung di berbagai komunitas desain. Ada banyak komunitas desain produk yang terdiri dari para profesional dan pemula, kok, guys. Jadi, kamu bisa dapat kesempatan emas untuk mencari ilmu baru dari para profesional lainnya. Dan siapa tahu kamu mungkin juga akan mendapat tawaran untuk mendesain produk baru.

 

Gimana, guys, sudah siap menjadi product designer handal masa kini dengan mempraktekkan cara-cara di atas?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer

Creativepreneur and Career

Wajib Catat, 5 Aplikasi Untuk Memperkuat Bisnis Kamu!

Creativepreneur and Career

Tips Bekerja dengan Influencer agar Efektif Menjangkau Audiens dan Meningkatkan Penjualan

Creativepreneur and Career

5 Tips Mudah untuk Menjadi Social Media Manager Profesional