Creativepreneur and Career

Cara Melayani Pelanggan yang Ajukan Komplain, Penting Lakukan Hal Ini!

Ingat, pelanggan merupakan sumber penghasilanmu. Mereka adalah alasan kenapa bisnismu bisa berjalan dan bertahan. Tanpa mereka, mustahil kamu bisa mengembangkan bisnis. Nah, karena itulah cara melayani pelanggan menjadi hal yang sangat penting.

Jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, sekarang ini orang-orang menjadi lebih gampang menyuarakan pengalaman berbelanja mereka, baik atau pun buruk, berkat adanya internet dan platform media sosial.

Dan untuk segala bisnis yang berpusat pada pelanggan, nggak peduli sebaik apa pun kita memperlakukan pelanggan, maupun seefisien apa pun kita dalam menjalanan bisnis, yang namanya keluhan pelanggan pasti menjadi makanan wajib sehari-hari.

Nah, berikut ini adalah 5 tips tentang bagaimana cara melayani pelanggan yang komplain dan wajib diketahui setiap pengusaha:

  1. Tetap Tenang

Sumber : amazonaws.com

Waduh, bagaimana mungkin stay cool and calm, padahal kita sedang menghadapi pelanggan yang lagi nggak puas, entah itu karena pelayanan kita atau produk kita? Well, poin yang satu ini memang sangat sulit untuk dilakukan, namun pastikan jangan pernah menghadapi pelanggan yang komplain secara pribadi. Karena, semakin kamu termakan emosi, kesal, hilang kendali dan ikut berteriak-teriak, hasilnya nggak akan berakhir dengan indah, guys. So, pastikan kamu menghadapi masalah seperti ini dengan kepala dingin dan hati yang tenang.

  1. Dengarkan Mereka

Di banyak kasus, ketika pelanggan mendatangimu marena suatu masalah, mereka sejatinya cuma butuh telinga untuk mendengarkan. Sekali pun keluhan mereka terkesan remeh temeh bagi kita, tapi bagi pelanggan, hal itu memiliki arti yang sangat besar. Teknik mendengarkan secara aktif bisa kamu gunakan untuk menghadapi keluhan pelanggan. Dengarkan dan perhatikan baik-baik apa yang mereka katakan. Nggak jarang solusinya hanyalah mendengarkan mereka dan memberi mereka kesempatan untuk melampiaskannya.

  1. Be Kind

Sumber : agencynation.com

Trik agar kamu bisa meredakan amarah dan nggak frustasi adalah dengan bersikap baik serta pengertian. Beritahukan kepada mereka bahwa kamu sangat menghargai tentang apa yang mereka keluhkan. Ungkapkan bahwa kamu juga ingin memahami perasaan mereka. Tunjukkan betapa kamu sangat peduli dan siap mendengarkan semua yang mereka katakan. Barulah kamu mencari solusi untuk keluhan mereka.

  1. Akui Masalahnya

Sumber : marketingdonut.co.uk

Eits, jangan salah paham dulu, guys. Mengakui masalah bukan berarti kamu setuju dengan apa yang dikatakan pelanggan, lho. Langkah ini menunjukkan kalau kamu memahami dan menghormati mereka. Parafrase-kan apa yang disampaikan pelangganmu dan ulangi kepada mereka, sehingga mereka tahu bahwa kamu benar-benar mendengarkan dan mengeri apa yang jadi masalah. Beberapa ungkapan bisa kamu gunakan, seperti, “Saya mengerti jika hal ini pasti membuat Anda frustasi,” atau “Jika saya memahami dengan benar,” dan lanjutkan dengan menyampaikan keluhan mereka yang diparafrasekan.

  1. Minta Maaf dan Berterima Kasih

Cara melayani Pelanggan

Sumber : static.wixstatic.com

Mengabaikan harga diri dan meminta maaf atas pengalaman buruk yang dirasakan pelanggan emang berat untuk dilakukan, tapi hal ini justru akan membuatmu menjadi pemenang dalam permainan. Selain itu, berterimakasih juga mungkin terlihat berlawanan dengan intuisi, tapi dengan melakukannya, kamu telah berhasil menangani masalah mereka serta menunjukkan bahwa kamu punya keinginan serius untuk meningkatkan bisnis. Kombinasi maaf dan terima kasih memiliki kekuatan super yang merupakan cara melayani pelanggan terbaik.

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnismu, Jangan Bingung Mulai Usaha Baru!

Itulah 5 cara melayani pelanggan komplain yang cukup efektif dalam menghadapi komplain pelanggan. Ingatlah bahwa semua orang pasti pernah mengeluhkan sesuatu. Kita juga. Mungkin nama yang salah dieja pada kemasan kopi favorit, warna sepatu yang nggak sesuai dengan gambar di olshop, terlalu lama mengantre di kasir, dan banyak hal lainnya. Dan yang namanya menangani keluhan pelanggan di mana-mana pasti nggak menyenangkan. Tapi selama dilakukan dengan cara yang profesional, kamu akan dapatkan hasil terbaik.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021

Creativepreneur and Career

Langkah dan Alasan Kenapa Kamu Perlu Membuat Business Plan