Creativepreneur and Career

Cara Membangun Kepercayaan di Tempat Kerja, Agar Teamwork Solid!

Bagi kamu yang menjadi pekerja kantoran, pernah tidak kamu mengalami momen saat sedang meeting atau brainstorming, bukannya saling bertukar pikiran dengan terbuka, tapi masing-masing orang malah saling memandang dengan ekspresi enggan dan ragu? Suasana pun tetap hening. Biasanya, ini terjadi karena kurangnya kepercayaan di antara kamu dan rekan kerjamu. Setiap orang jadi ragu untuk berpendapat, takutnya nanti disalahpahami. Maka dari itu, kamu perlu belajar membangun kepercayaan di tempat kerja. Ini penting untuk kekompakan timmu.

Jenis Kepercayaan yang Biasa Ada di Tempat Kerja

Ada dua jenis rasa percaya yang biasanya ada di tempat kerja, yakni kepercayaan secara “praktis” dan “emosional.” Berikut penjelasannya.

Kepercayaan praktis

membangun kepercayaan

sumber: pexels.com

Jenis kepercayaan ini bisa didapatkan melalui performa kerja, seperti misalnya kamu patuh pada komitmenmu sendiri, datang tepat waktu dan selalu melakukan apa yang mau kamu lakukan. Orang-orang pun mengandalkanmu berkat kemampuanmu. Mereka percaya bahwa kamu pasti bisa menyelesaikan pekerjaan apapun. Ini jenis kepercayaan yang fundamental. Tanpa rasa percaya ini, timmu bisa mengalami masalah, seperti komunikasi terhambat, produktivitas menurun, deadline tidak ditepati, serta terjadi mikro-manajemen.

Kepercayaan emosional

cara membangun kepercayaan

sumber: pexels.com

Ini adalah jenis kepercayaan dengan tingkatan yang berbeda. Rasa percaya ini juga akan menjadikan suasana kerja semakin berbeda pula. Momen ini adalah ketika orang-orang percaya bahwa kamu ada di sisi mereka. Mereka tahu bahwa kamu akan selalu bersikap baik, sopan, ramah dan menghormati mereka.

Rekan-rekan kerjamu juga tidak akan membicarakanmu di belakangmu, bahkan mereka merasa nyaman untuk jujur tentang pikiran, perasaan dan ide-ide mereka kepadamu. Jenis rasa percaya ini lebih kompleks. Kepercayaan yang dibangun tidak semata karena hasil kerja keras dan rasa saling menghormati, tapi juga memerlukan kecerdasan emosional seseorang. Ini adalah skill, jadi kamu pun bisa mempelajarinya, kok.

Baca Juga :   8 Cara Membangun Jenjang Karir yang Kamu Inginkan

Cara Membangun Kepercayaan di Tempat Kerja

Ada empat topik terkait kepercayaan di tempat kerja. Setiap topik terdiri dari tiga tips. Berikut topik beserta tipsnya.

Kredibilitas

bangun kredibilitas

sumber: pexels.com

Berkata jujur – Ini yang paling penting. Akan tetapi, terkadang kita masih saja luput. Jika misalnya kamu lupa mengirimkan laporan melalui email, jujur saja bilang. Tidak perlu takut berkata jujur. Mungkin kamu punya kelemahan dengan daya ingat kamu alhasil kamu lupa mengirimkan email. Jangan coba mengatakan kamu ingat. Padahal baru setelah diingatkan tadi, kamu buru-buru mengirimkannya.

Mengaku saat tidak tahu sesuatu – Kalau kamu tidak bisa menjawab atau tak tahu solusinya, katakan saja. Ini juga akan membantumu untuk terus berkembang dan belajar, serta tidak menjadi seorang yang fake.

Mengakui kesalahan – Seseorang yang tidak pernah salah itu menyebalkan sekali. Orang yang demikian malah sulit dipercaya. Kecuali kamu memang sungguh merasa benar, maka beri penjelasan yang masuk akal dan jujur.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

5 Cara Super Simple untuk Bikin Konten LinkedIn Banjir Likes dan Comments

Creativepreneur and Career

6 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pelajar, Pegawai dan Ibu Rumah Tangga!

Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Banyak Akun Media Sosial Biar Kamu Makin Cuan

Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer