Cara Membuat Portofolio Kreatif

Dibaca Normal: 6 menit aja
cara membuat portofolio kreatif

Slider
Slider
Slider

Portofolio sangat krusial saat melamar kerja. Kamu akan dipandang sebagai orang yang punya kemampuan di sebuah bidang bila portofolio kamu bagus, baik dari segi isi maupun desain. Makanya kamu harus tahu cara membuat portofolio yang baik!

Pada dasarnya portofolio merupakan kumpulan karya yang sudah kamu buat untuk dijadikan sebagai tolok ukur penilaian atas kemampuan kamu. Isi portofolio setiap orang tidak mungkin sama, karena isinya tergantung dengan minat dan bidang keahlian yang kamu kuasai. Selain isi, yang perlu kamu perhatikan adalah desain visualnya. Visual yang bagus, unik, dan rapi akan membuat perusahaan yakin bahwa kamu adalah kandidat yang berkompeten untuk direkrut.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Untuk membuat portofolio yang baik, kamu perlu mengetahui apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan. Tidak perlu khawatir, karena kami akan memberitahu caranya buat kamu. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak!

Apa Fungsi Portofolio?

cara membuat portofolio                                                                    Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Sebelum membahas cara membuat portofolio, ada baiknya kamu mengetahui sebenarnya apa sih fungsi portofolio. Ini dia!  

    1. Bukti pencapaian yang sudah kamu dapatkan selama ini. Pencapaian-pencapaian tersebut bisa menjadi pertimbangan sebuah perusahaan untuk merekrut kamu atau tidak. Usahakan kamu melampirkan pencapaian terbaru agar portofoliomu up to date.
    2. Mempermudah perusahaan untuk mengetahui kemampuan apa saja yang kamu punya. Jika cocok dengan kriteria, maka tidak menutup kemungkinan perusahaan itu akan langsung merekrut kamu.
    3. Personal branding, yaitu dengan mencari hal-hal yang dapat menonjolkan karakteristik kamu, baik dari segi kemampuan maupun kepribadian dalam berkehidupan sosial. Orang akan selalu mengingat kamu dari persona yang kamu tampilkan di dalam portofolio. Buatlah persona yang baik agar meninggalkan kesan yang baik pula kepada perusahaan yang kamu tuju.

Cara Membuat Portofolio

Setelah mengetahui fungsi portofolio di atas, mungkin beberapa dari kamu ada yang merasa bingung lalu bertanya-tanya, sebenarnya portofolio seperti apa yang disebut bagus oleh perusahaan?

Jawabannya bisa banyak banget. Tapi yang pasti ada satu poin yang harus kamu catat, yaitu kejujuran saat membuat portofolio. Tidak perlu melebih-lebihkan sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Just be yourself!

Untuk membantumu, kami akan membagikan cara membuat portofolio yang bisa kamu terapkan sendiri. Apa saja sih caranya? Yuk lihat sama-sama!  

1.Tentukan minat dan bakat kamu

Cara membuat portofolio 2

     Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Tahap yang paling awal adalah menentukan minat dan bakat yang kamu miliki. Beberapa orang merasa sulit untuk menilai diri sendiri. Maka dari itu, mulai sekarang kamu perlu mengenal dirimu lebih dalam lagi. Cari tahu apa sebenarnya minat dan bakat yang kamu miliki. Tujuannya agar kamu tidak salah saat mengambil langkah untuk menentukan lowongan pekerjaan pilihanmu.   Supaya lebih mudah, ambil kertas kosong dan pena. Buatlah daftar kegiatan yang kamu sukai. Lalu pilih kegiatan apa saja yang sejalan dengan bakat yang kamu punya. Jika itu masih sulit, kamu bisa meminta bantuan teman loh. Tanya kepadanya, dan mintalah dia untuk memberi penilaian tentang dirimu.  

2. Cari referensi portofolio

Cara Membuat Portofolio Kreatif

        Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Setelah menentukan minat dan bakat, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari referensi portofolio. Tujuannya supaya mempunyai gambaran bagaimana isi dan desain portofolio kamu nantinya. Semakin banyak referensi, maka semakin berkembang pula ide dan konsep awal yang kamu miliki. Untuk referensi seputar desain portofolio, kamu bisa mencarinya di beberapa platform media sosial, seperti Pinterest dan Behance. Jangan lupa memberi apresiasi kepada desainer portofolio favoritmu.  

3. Tentukan tema portofolio

Cara Membuat Portofolio Kreatif

       Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Dari referensi yang sudah kamu lihat, maka akan tercipta ide-ide baru yang lebih spektakuler dari sebelumnya. Pilihlah tema yang dapat menonjolkan karakter kamu, baik dari segi kemampuan maupun segi kepribadian. Menentukan tema juga akan berpengaruh pada personal branding yang kamu bangun.   Kamu perlu cermat dalam menentukan tema. Jangan sampai perusahaan memiliki persepsi yang salah tentang kamu. Misalnya kamu memilih warna biru yang merepresentasikan karakter yang cinta akan kedamaian. Padahal kamu adalah orang yang senang akan tantangan dan memiliki semangat yang berapi-api. Menentukan tema mungkin akan memakan waktu, tapi itu wajar kok, jadi tidak perlu khawatir dan terburu-buru saat mengambil keputusan.  

4. Menyiapkan isi portofolio

Cara Membuat Portofolio 4

          Cara Membuat Portofolio Kreatif (Sumber: unsplash.com)

Selanjutnya adalah menyiapkan isi portofolio. Pastikan isinya harus berhubungan dengan bidang pekerjaan yang menjadi sasaranmu. Kumpulkan semua karya yang pernah kamu buat, lalu kelompokkan sesuai jenis karya. Misalnya kamu adalah seorang desainer yang pernah membuat poster, infografik, dan motion graphics. Maka kelompokkan ketiga karya agar perusahaan lebih mudah saat memberi nilai. Kalau perlu, pilihlah karya andalanmu sebagai penarik perhatian. 

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

Tips Melamar Kerja Paling Efektif Buat Kamu yang Masih Nol Pengalaman

Creativepreneur and Career

Pekerjaan Untuk Introvert Agar Betah di Lingkungan Kerja

Creativepreneur and Career

7 Referensi Template PPT Keren yang Menginspirasi

Creativepreneur and Career

Lookbook: Buku Panduan Bikin Bisnis Fashion Sukses

Creativepreneur and Career

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Resume dan CV

Creativepreneur and Career

Wajib Dengerin! 5 Podcast Bisnis Ini Bikin Bisnismu Meroket

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link