Creativepreneur and Career

5 Cara Membuat Webinar yang Super Praktis, Dijamin Sukses!

cara membuat webinar

Menyelenggarakan seminar secara tatap muka adalah hal yang umum dijumpai. Sayangnya, ada kelemahan dari cara ini yaitu hanya menjangkau audiens yang berada di daerah sekitar acara tersebut. Sekarang sudah ada inovasi penyelenggaraan seminar secara online atau sering disebut webinar. Webinar bisa menjangkau lebih banyak orang dari berbagai daerah bahkan lintas negara. Penyelenggaraan yang fleksibel dan tema beragam semakin membuatnya diminati banyak orang. Tujuan diadakan webinar pun bermacam-macam dan bisa disesuaikan seperti untuk berbagi informasi, pengalaman, hingga pengembangan bisnis. Buat kamu yang masih bingung untuk mengadakan webinar, berikut ini ada lima cara membuat webinar yang bisa kamu praktikkan.

1. Fokus pada Tujuan Penyelenggaraan Webinar

fokus terhadap tujuan

sumber: unsplash.com

Persiapan pertama yang harus kamu lakukan yaitu menentukan tujuan mengadakan webinar. Ada banyak motif yang bisa kamu jadikan sebagai alasan penyelenggaraan webinar. Beberapa tujuan yang umum yaitu untuk berbagi ilmu dan pengalaman, promosi bisnis, pengenalan bidang-bidang baru. Tentukan satu tujuan besar dan fokuslah pada tujuan tersebut dalam mempersiapkan hingga menyelenggarakan acara. Kamu mungkin akan mudah tergiur untuk menambah sesuatu, mendapat kritik, dan lainnya tapi hal itu tidak akan menyurutkan semangat jika sudah sesuai dengan tujuan utama.

2. Siapkan Topik dan Narasumber Kompeten

mempersiapkan narasumber

sumber: unsplash.com

Setelah tujuan membuat webinar sudah ditentukan misal untuk berbagi ilmu maka selanjutnya adalah menentukan topik dan narasumber yang kompeten. Salah satu contoh topik yaitu belajar optimasi fitur Instagram bisnis untuk pebisnis pemula. Setelah topik webinar sudah spesifik, cari narasumber yang kompeten. Narasumber bisa dari orang-orang terdekat terlebih dahulu karena lebih mudah untuk dihubungi dan diajak bekerja sama. Jika menginginkan skala webinar yang lebih besar, bisa mencari narasumber yang lebih memiliki posisi.

Baca Juga :   4 Tips Public Speaking Efektif yang Patut Kamu Coba

3. Tentukan Platform yang Sesuai

membuat webinar dengan platform khusus

sumber: unsplash.com

Webinar tidak akan terselenggara tanpa adanya platform untuk menyelenggarakan seminar kekinian ini. Ada banyak pilihan platform yang bisa kamu gunakan. Contoh yang paling populer untuk membuat atau menyelenggarakan webinar adalah Google Meet dan Zoom. Jika kamu mengadakan webinar dari kantor atau kampus yang menyediakan akun tim, platform seperti Microsoft Teams bisa kamu pilih.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer

Creativepreneur and Career

Wajib Catat, 5 Aplikasi Untuk Memperkuat Bisnis Kamu!

Creativepreneur and Career

Tips Bekerja dengan Influencer agar Efektif Menjangkau Audiens dan Meningkatkan Penjualan

Creativepreneur and Career

5 Tips Mudah untuk Menjadi Social Media Manager Profesional