Creativepreneur and Career

Tabungan Sering Minus? Coba Deh, Cara Mengatur Keuangan Berikut!

cara mengatur keuangan

Keuangan merupakan salah satu hal yang penting untuk kehidupan sehari-hari. Tak dapat dipungkiri mengelola keuangan memang bukan merupakan hal yang mudah meskipun kamu berhadapan setiap hari dengannya. Namun meskipun sulit mengatur keuangan akan menjadi salah satu kunci utama kehidupan kamu bisa jadi lebih baik. Ada banyak cara untuk mengenali pengaturan keuangan baik melalui seminar ataupun melalui sharing dengan sesama teman. Kamu juga bisa simak tips-tips dan cara mengatur keuangan yang mudah untuk dilakukan dan dipahami berikut ini!

1. Buat Rancangan Anggaran

Buat Rancangan Anggaran

sumber: pixabay.com

Kunci utama pengaturan keuangan pastinya bermula dari rancangan anggaran. Umumnya rancangan anggaran dibuat setiap bulan setelah gajian karena pastinya kamu sudah tahu ingin apa selama sebulan ke depan, kebutuhan apa saja yang kamu perlukan mulai dari kebutuhan harian, arisan, cicilan, utang, biaya transport dan sebagainya. Dengan membuat rancangan anggaran pastinya kamu akan tahu total pengeluaran yang wajib kamu keluarkan sehingga kamu juga akan tahu sisa uang yang bisa digunakan untuk hal-hal lain yang tidak direncanakan.

2. Hindari Utang

Buat Rancangan Anggaran

sumber: pxhere.com

Banyak yang bilang kalau gaya hidup masa kini tak bisa dilepaskan dari utang. Tapi sebisa mungkin, hindari kemungkinan berutang apalagi untuk barang-barang yang sebenarnya bisa kamu beli cash dengan kesabaran menabung. Jika memang sudah terlanjur memiliki utang maka pastikan untuk memasukan cicilan yang harus dibayarkan per bulan dalam rancangan anggaran. Jangan sampai pinjaman semakin membengkak karena keterlambatan pembayaran atau kesalahan penghitungan dalam rancangan anggaran kamu.

Baca Juga :   Simak Cara Membuat Bisnis Plan untuk Kamu yang Mau Berwirausaha

3. Sisihkan Uang Untuk Tabungan

Buat Rancangan Anggaran

sumber: pxhere.com

Menyisihkan uang saat gajian tapi kemudian mengambilnya di tengah bulan tentu tak bisa dikategorikan sebagai menabung, ya. Tabungan yang dimaksud di sini berkaitan dengan masa depan, misalnya tabungan untuk hari tua atau untuk membeli rumah. Untuk kamu yang sudah punya momongan, maka pastikan juga memiliki tabungan pendidikan untuk menjamin masa depannya kelak. Anggaran untuk tabungan bisa kamu sisihkan dari gaji bulanan namun pastikan kamu sudah memperhatikan total pengeluaran dalam anggaran bulanan kamu, ya. Sesuaikan jumlah tabungan dengan kemampuan dan target masa depan kamu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021