Creativepreneur and Career

5 Cara Mengatasi Rasa Minder di Kantor

cara-menghilangkan-rasa-minder-di-kantor

Wajar banget kalau sebagai karyawan di kantor baru kamu merasa minder. Apalagi buat fresh graduate yang pertama kali kerja langsung dihadapkan dengan berbagai tugas. Bekerja sama dengan senior yang sudah profesional itu bikin kewalahan sekaligus hilang rasa percaya diri. Eits! Tapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan performamu nggak maksimal, ya! Lebih baik kamu segera cari tahu cara mengatasi rasa minder di kantor biar lebih mudah adaptasi dan melakukan kolaborasi. Yuk, simak baik-baik yah, tipsnya!

Cari Tahu Penyebab Minder

sumber-minder

Ilustrasi stres pekerjaan karena minder (Sumber: medibank.com.au)

Rasa minder akan semakin berkembang sampai kamu merasa nggak pantas di pekerjaan yang sekarang sedang kamu jalani. Kenapa demikian? Karena kamu merasa nggak mampu memenuhi syarat. Padahal belum tentu loh. Apakah kamu merasa nggak percaya diri? Kalau iya, dari mana munculnya perasaan seperti itu? Apakah dari diri sendiri atau ada orang lain yang menyebabkan kamu minder?

Minder bisa muncul karena beberapa faktor yang bahkan kamu sendiri nggak sadari. Adanya tekanan dari dalam diri sendiri dan dari lingkungan sekitar bisa menjadi penyebabnya. Serius deh, rasa minder bisa mengganggu kualitas kerja kamu. Pekerjaan yang seharusnya bisa kamu selesaikan malah terbengkalai karena kamu terlalu larut di dalam pikiran negatif dan ujung-ujungnya berakhir dengan menyalahkan diri sendiri.

Cara Mengatasi Rasa Minder

Mulai hari ini semuanya harus diubah. Buat duniamu menjadi lebih baik. Belajarlah berpikir positif, ini bisa jadi cara mengatasi rasa minder yang paling utama. Selain itu, kami juga akan membagikan 5 cara lain untuk menghilangkan rasa minder di kantor. Yuk lihat apa saja kiat-kiatnya, GenK!

1. Kamu Direkrut Bukan Tanpa Alasan

cara-mengatasi-rasa-minder

Ilustrasi interview kerja (Sumber: pexels.com)

Sedikit kilas balik, siang itu kamu berangkat ke sebuah perusahaan untuk menjalani interview. Ada 5 orang lainnya di ruang tunggu. Tiga diantaranya sudah punya pengalaman kerja yang bagus. Lain halnya dengan kamu yang baru saja lulus kuliah. Keesokan harinya pihak HRD meneleponmu, menyampaikan kabar kalau kamu diterima bekerja di perusahaan tersebut. Bagaimana euforia kala itu? Menyenangkan sekali bukan?

Kalau diingat-ingat lagi, dari kelima peserta tersebut, kenapa harus kamu yang dipilih? Pasti ada alasannya dong. Nggak mungkin sebuah perusahaan asal-asalan ketika memilih karyawan yang akan direkrut. Apalagi kalau perusahaan meminta kamu untuk melalui serangkaian interview dan psikotes terlebih dulu. Pasti ada faktor X yang membuat kamu lebih unggul daripada peserta lainnya.

Seandainya pun kamu memang nggak memiliki bakat dan keterampilan yang diperlukan perusahaan, pasti mereka mempekerjakan kamu karena melihat adanya potensi di dalam diri kamu. Ditambah adanya kemauan untuk belajar yang menjadi nilai plus. Ingat, ini adalah kesempatan besar. Ada segudang pengalaman baru yang menantimu. Jadi, jadikan hal ini sebagai pengingat sekaligus cara mengatasi rasa minder!

2. Cari Tahu Faktor X

cari-tahu-keunggulanmu

Meminta pendapat teman (Sumber: pexels.com)

Masih berhubungan dengan poin di atas, setiap orang memiliki faktor X atau bisa kita sebut dengan faktor yang menyebabkan kamu spesial dan berbeda dari orang lain. Walau nggak terlihat, jangan sampai disepelekan. Mungkin kamu akan bingung, sebenarnya apa sih, kelebihan yang kamu punya? Apa sih, hal spesial dari dirimu? Coba deh cari tahu. Jika seandainya tetap nggak ketemu, meminta bantuan teman juga bisa mempermudah kamu kok. Minta mereka untuk mendeskripsikan dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu, serta apa keunikan yang kamu miliki. Jadikan ini cara mengatasi rasa minder kamu!

Baca Juga :   3 Hard Skill Ini Bikin Kamu Serba Bisa di Industri Kreatif

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.