leadersingle

Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara meningkatkan percaya diri saat presentasi

Grogi saat menyampaikan materi presentasi di depan umum memang kerap dirasakan sebagian orang. Perasaan seperti itu pasti sangatlah mengganggu. Bagaimana cara meningkatkan percaya diri saat presentasi kalau saat tampil di depan telapak tanganmu jadi berkeringat, tubuh gemetaran, dan nafas tidak beraturan. Eits, tunggu dulu, ini bukan soal penyakit kronis kok. Ini gambaran yang mungkin banget kamu rasakan saat menyampaikan presentasi di muka umum. Apalagi, kalau kamu tidak terbiasa berdiri di depan banyak orang, bisa grogi setengah mati ya.

Untuk menghilangkan perasaan grogi tersebut, kuncinya adalah percaya diri. Karena dengan rasa percaya diri, kamu lebih santai dan bisa memaparkan semua materi presentasi dengan lancar. Kamu juga bisa memperkecil terjadinya kesalahan selama kegiatan presentasi berlangsung. Bayangin aja kalau buku catatan yang kamu pegang tiba-tiba jatuh saat sedang memaparkan materi karena kamu terlalu tegang dan salah tingkah. Bisa kacau deh semuanya. Siapa sih yang mau kegiatan presentasinya kacau? Pasti tidak ada dong.

Nah, buat kamu yang sering mengalami kejadian seperti di atas, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Kami akan membagikan 7 cara meningkatkan percaya diri saat presentasi. Apa saja sih cara-caranya? Yuk langsung saja kita simak dan pelajari sama-sama!  

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

1. Kuasai Materi Presentasi yang Kamu Buat

cara meningkatkan percaya diri 2

Ilustrasi materi presentasi (sumber: pexels.com)

Sebelum menyampaikan presentasi, ada baiknya kamu memahami semua isi materi presentasi dari A sampai ZSeharusnya, ini mudah asalkan kamu sendiri yang membuat presentasi tersebut. Bahkan isi setiap slide presentasinya pun seharusnya sudah kamu hafal di luar kepala. Lain lagi kalau ceritanya bukan kamu yang membuat presentasinya. Dengan memahami semua isi materi, kamu tidak akan tegang saat sesi tanya jawab. Kamu tidak takut kalau ada bos, dosen, atau rekanmu yang bertanya. Pokoknya dijamin, mental kamu sudah siap lahir dan batin deh. Sebenarnya menguasai materi adalah dasar dari presentasi yang baik. Ini juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan percaya diri yang paling mudah.  

2. Membuat Poin-Poin Sederhana

cara meningkatkan percaya diri 3

Ilustrasi membuat poin-poin sederhana (pexels.com)

Untuk menghafal satu paragraf tulisan tidak mudah loh. Kamu memerlukan waktu yang banyak. Apalagi kalau ada kosakata atau kalimat yang masih asing di telingamu. Tidak cukup kalau dihafalkan dengan sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam. Supaya lebih mudah untuk menghafalnya, cobalah membaginya menjadi beberapa poin. Ambil kalimat-kalimat yang penting saja, lalu sederhanakan lagi kalimat tersebut dengan bahasa yang mudah diingat olehmu. Tak masalah kalau bahasanya berantakan, yang penting kamu sendiri paham. Nah, poin-poin yang sudah kamu buat ini kemudian tulis di kertas kecil atau catatan di ponsel. Gunanya supaya lebih mudah dihafal dan bisa juga kamu bawa sebagai panduan presentasi agar tetap berada di benang merah materi. Oh iya, poin-poin sederhana ini bisa digunakan di dalam slide presentasi. Buatlah presentasi yang kreatif supaya tidak membosankan.  

Baca Juga
Cara Membuat Jurnal Harian untuk Merawat Kesehatan Mental

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

Belajar SEO Sampai Mahir Lewat 5 Kursus Online Ini Gratis Loh

Creativepreneur and Career

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Resume dan CV

Creativepreneur and Career

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

Creativepreneur and Career

Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Baru lewat Komunikasi yang Baik

Creativepreneur and Career

4 Kota yang Menjadi Favorit Para Digital Nomad Indonesia

Creativepreneur and Career

Mengenal Apa Itu Digital Nomad, Si Pengembara Abad ke-21

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>