leadersingle

Tips dan Trik Cara Menjadi Digital Nomad Abad ke-21

Dibaca Normal: 4 menit aja
Feature image

Digital nomad adalah salah satu contoh tren pekerja kekinian yang sedang marak berkembang di kalangan masyarakat, khususnya para kaum milenial. Hayo, siapa yang tertarik untuk bekerja sambil liburan? Loh emang bisa? Makanya, simak dulu tips dan trik cara menjadi digital nomad berikut ini. Di era baru abad ke-21, dunia digital menjadi sebuah fenomena global yang merubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk urusan bekerja. Digital nomad adalah contoh dari pesatnya perubahan dan perkembangan zaman yang dibawa oleh teknologi, khususnya internet. 

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya di artikel Mengenal Apa Itu Digital Nomad, Si Pengembara Abad ke-21, digital nomad adalah istilah yang merujuk ke orang yang bekerja secara berpindah-pindah (nomaden) dari jarak jauh dengan memanfaatkan bantuan internet.  Yap, jadi misalnya kamu sedang liburan di Bali sambil menikmati semilir angin pantai, namun pada saat yang bersamaan kamu juga sedang mengerjakan suatu proyek dari perusahaan yang berlokasi di Tokyo, Jepang. Terdengar asyik banget bukan? Kalau kamu tertarik untuk mencoba menapaki karir impian ini, jangan beranjak dulu. Lanjutkan acara membacamu hingga akhir artikel, karena kami akan membagikan tips dan trik cara menjadi digital nomad yang bisa kamu coba.  

1. Mulai dari Memilih Bidang yang Ingin Digeluti

Cara menjadi digital nomad 1

Pilihlah proyek di bidang yang kamu sukai (sumber: pexels.com)

Untuk belajar cara menjadi digital nomad, kamu mesti belajar tentang dirimu sendiri terlebih dahulu. Kenalilah kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki terkait dengan bidang pekerjaan impianmu. Sebagai seorang pekerja lepas, kamu memiliki kebebasan untuk mengatur sendiri segala hal, termasuk bidang yang ingin digeluti. Pilihlah yang sekiranya kamu sukai dan dapat dilakukan di waktu luang tanpa membutuhkan banyak sumber daya dan waktu. Meskipun dapat dilakukan dari jarak jauh tanpa adanya pengawasan langsung dari orang lain, kamu tetap mesti berkomitmen untuk menyelesaikan tugas serta tanggung jawab yang diberikan dengan baik.  Dengan demikian, proyek yang diberikan kepadamu dapat dikerjakan dengan semaksimal mungkin dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh klien. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Baca Juga
Mengenal Apa Itu Digital Nomad, Si Pengembara Abad ke-21

2. Manfaatkan Media Terbaik 

Cara menjadi digital nomad 2

Aplikasi terbaik untuk mendukung produktivitasmu (sumber: thetimes.co.uk)

Elemen esensial lainnya untuk menjadi seorang digital nomad yang sukses terletak pada pemilihan media pendukung yang kamu gunakan. Media yang dimaksud dapat berupa aplikasi dan alat komunikasi lain untuk mempermudah manajemen pekerjaan yang kamu lakukan. Jika kamu mendapatkan pekerjaan dari klien luar negeri misalnya, Skype atau Slack merupakan dua aplikasi primadona yang dapat membantumu berkomunikasi dengan lebih efektif.  Sering kelupaan deadline dan jadwal agenda untuk proyek yang kamu kerjakan? Gak perlu khawatir dan gundah, aplikasi Google Calendar dan Timesheet bisa jadi penolongmu untuk mengatur jadwal dengan praktis. Eits, tak hanya itu kamu juga bisa langsung menyimak beberapa rekomendasi aplikasi terbaik untuk meningkatkan produktivitas di post kami sebelumnya loh. 

3. Buat Paypal Dulu, Belajar Cara Menjadi Digital Nomad Kemudian 

Cara menjadi digital nomad 3

Akun Paypal bakalan jadi sahabat terbaikmu sebagai seorang digital nomad (sumber: pymnts.com)

Langkah berikutnya yang tidak boleh sampai terlewatkan sebelum kamu mencoba bekerja sebagai seorang pengembara digital abad 21 adalah dengan membuat Paypal. Ini dia tempat yang nantinya akan kamu gunakan sebagai pundi-pundi uang menerima upah hasil kerjamu. Paypal adalah platform transaksi yang digunakan secara global di berbagai belahan dunia. Buat kamu yang berencana menerima tawaran dari seluruh penjuru Bumi, Paypal is a must

Baca Juga
Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

4. Kembangkan Portofolio 

Cara menjadi digital nomad 4

Portofolio kreatif jadi kunci untuk menarik perhatian calon klien (sumber: uxdesign.cc)

Bagian yang tak kalah penting untuk diperhatikan jika kamu ingin belajar cara menjadi digital nomad adalah portofolio. Kalau diibaratkan nih, portofolio adalah media promosi kamu untuk menarik perhatian calon perusahaan atau klienmu. Kumpulkanlah semua karya yang pernah kamu buat, baik itu berupa tulisan, desain, ilustrasi, foto, video, sampai proyek-proyek yang pernah dikerjakan sebelumnya. Langsung aja intip artikel Cara Membuat Portofolio Kreatif yang mudah dan praktis. Dijamin, kesempatan kamu untuk menggait perhatian calon klien akan lebih tinggi.  Gimana, GenK? Tertarik untuk belajar cara menjadi digital nomad? Mantapkan niat, matangkan rencana, dan tentunya siapkan koneksi internet yang memadai dong. Selamat mencoba! 

5. Konektifitas tak terbatas

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

3 Hard Skill Ini Bikin Kamu Serba Bisa di Industri Kreatif

Creativepreneur and Career

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

Creativepreneur and Career

Apa Kamu Punya Jiwa Pemimpin yang Baik? Ikut Tes Ini Yuk!

Creativepreneur and Career

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membuat Mind Mapping

Creativepreneur and Career

Startup vs Corporate: Mana yang Harus Kamu Pilih?

Creativepreneur and Career

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>
firmmobile
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link