leadersingle

3 Tips Cara Parafrase Ampuh Supaya Tulisanmu Bebas Plagiat

Dibaca Normal: 5 menit aja

Kamu punya segudang laporan kuliah yang menumpuk? Atau ingin membuat artikel di website pribadi, tapi bingung cara parafrase yang tepat supaya tulisanmu bebas copyright? Kali ini kami akan kupas tuntas tips terbaik untuk membuat parafrase tulisan yang dapat kamu coba, GenK.  

Orisinalitas merupakan hal penting yang harus selalu dijunjung tinggi dalam proses pembuatan suatu karya, termasuk di industri kreatif. Berbagai macam jenis konten yang dibuat harus mencantumkan sumber referensi jika menggunakan karya orang lain di dalamnya, baik itu dalam bentuk video, desain, musik, dan tulisan. 

Karya tulis merupakan salah satu produk kreatif yang paling banyak beredar di era digital ini. Suplemen informasi lewat berbagai jenis karya tulis merupakan kebutuhan masyarakat setiap harinya, termasuk para generasi milenial, seperti kamu, GenK. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Tantangan utama yang sering dihadapi para penulis saat sedang membuat karya adalah tentang isu plagiarisme. Hal ini dapat terjadi ketika kamu menggunakan ide dan referensi dari orang lain untuk mendukung tulisan yang kamu buat tanpa menggunakan metode yang tepat.

Untuk itulah, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari masalah tersebut, salah satunya adalah lewat parafrase. Buat kamu yang pernah atau bahkan masih berkutat di dunia akademik, tentu sudah familiar dengan istilah tersebut. 

Nah, kali ini, kami akan membeberkan tips cara parafrase ampuh supaya tulisanmu aman dan bebas dari ancaman plagiarisme, GenK. Cari tahu cara lengkapnya lewat artikel berikut ini. 😊

Apa Itu Parafrase? 

Cara parafrase 1

Hindari plagiarisme dengan parafrase (sumber: homework-lab.com)

Parafrase adalah cara penyampaian suatu gagasan atau konsep dalam bahasa lain yang relevan, tanpa mengurangi maupun menambah isi konten aslinya. Sesuai dengan fungsinya, parafrase dipakai dalam berbagai bentuk karya tulis, seperti artikel, jurnal, berita, hingga berbagai jenis teks lainnya.  

Tujuan dari penggunaan parafrase adalah untuk menghindari kemungkinan terjadinya plagiarisme, khususnya pada karya tulis yang menggunakan banyak sumber referensi dalam proses penulisannya, GenK. Parafrase digunakan sebagai alternatif lain dari metode quoting atau pengutipan, dalam urusan menulis. 

Baca Juga
8 Langkah Membaca Efektif

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Nah, bicara soal kutip-mengutip, waktunya memutar mesin waktu dan kembali ke zaman sekolah dulu, GenK. Kamu pasti pernah dong, belajar soal materi kutipan dalam pelajaran Bahasa Indonesia pas di bangku SMP atau SMA dulu. Ada yang  masih ingat? 🤔

Cara parafrase 2

Ilustrasi kutipan langsung atau lebih dikenal dengan copy & paste (sumber: stonemaeirgames.com)

Kutipan dibagi menjadi dua macam, yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Kutipan langsung adalah metode penyalinan suatu informasi secara utuh, tanpa ada perubahan sama sekali pada struktur dan komposisi teks yang disalin. Singkat kalau anak sekarang bilang yah, copy and paste, GenK. 

Tidak hanya itu, teks kutipan langsung juga biasanya diapit dengan tanda kutip jika tergolong dalam kalimat pendek. Namun untuk teks panjang, tanda kutip tidak selalu wajib digunakan. Tak ketinggalan, titik tiga berspasi juga wajib digunakan jika ada bagian yang dihilangkan dari teks. 

Contoh: “…itulah mengapa kreativv ID mengangkat tema food & beverage untuk kampanye di bulan Oktober.”

Sementara untuk kutipan tidak langsung, ide atau gagasan milik orang lain disalin kembali dalam bentuk tulisan dengan menggunakan gaya bahasa yang berbeda, tanpa mengubah isi dari sumber aslinya. Jadi kutipan tidak langsung adalah istilah lain untuk parafrase, GenK. Jangan sampai salah yah!

Baca Juga
Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

Cara Parafrase Jitu Biar Tulisanmu Bebas Plagiat

Setelah paham tentang apa itu parafrase dan juga mengenai kutipan, saatnya masuk ke bagian utama. Yuk simak tips cara membuat parafrase jitu, supaya tulisanmu jauh dari marabahaya plagiarism. 😉

1. Pahami konsep dasar tulisan

Cara parafrase 3

Dapatkan konsep dasar tulisan dengan meng-highlight kata kunci (sumber: michaelhyatt.com)

Untuk dapat membuat parafrase tulisan, hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah dengan memahami konsep dasar serta struktur kalimat yang digunakan di dalam tulisan tersebut. 

Kunci utama agar kamu dapat memahami apa yang dimaksud oleh sang penulis adalah dengan membaca sumber referensi tersebut secara berulang-ulang. Seperti kata pepatah, banyak baca, banyak tahu. 

Dengan memahami gagasan yang disampaikan dalam tulisan, kamu jadi bisa menerjemahkan kembali isi dan konteks yang diperlukan ke dalam karya tulis kamu, GenK. 

2. Perkaya kosakata dan istilah 

Contoh platform penyedia sinonim kata digital (sumber: persamaankata.com)

Cara parafrase dasar sudah di tangan, selanjutnya adalah menceritakan kembali memakai gaya bahasa kamu sendiri. Caranya mudah saja, GenK, yaitu dengan menggunakan kata pengganti yang memiliki arti serupa dengan teks aslinya. 

Maka dari itu, kamu harus sering-sering membaca banyak sumber referensi tulisan untuk memperkaya kosakata kamu. Jangan lupa juga mencari istilah-istilah yang sedang tren dan banyak digunakan dalam bidang yang ingin kamu bahas. 

Tidak perlu khawatir, bukan kreativv ID namanya, kalau kami tidak membocorkan tips profesional. Kamu bisa memanfaatkan platform pencari sinonim kata yang tersedia secara gratis di internet. 😎

Baca Juga
6 Rekomendasi Situs Cek Plagiat Online Gratis dan Berbayar

3. Belajar pengetahuan umum

Ilustrasi pengetahuan umum (sumber: medium.com)

Pada umumnya, banyak orang yang seringkali tersesat dan tak bisa bangkit lagi saat sedang membuat parafrase. Sebabnya? Bingung menentukan mana yang perlu dikutip, mana yang bisa digunakan secara bebas. 😓

Teks yang wajib dikutip serta diberikan referensi atau juga disebut sitasi, adalah informasi spesifik yang kamu temukan pada suatu sumber dan jarang diketahui oleh orang banyak. Misalnya seperti penjelasan fenomena masyarakat digital di era Industri 4.0 atau manfaat musik klasik untuk meningkatkan kecerdasan. 

Berbeda lagi kalau informasi yang kamu gunakan dalam tulisan merupakan pengetahuan umum atau common knowledge yang diketahui secara luas. Informasi yang termasuk dalam pengetahuan umum dapat berupa tanggal lahir dan wafatnya tokoh-tokoh penting, kejadian alam sehari-hari, berbagai peristiwa bersejarah, dan masih banyak lagi. 


Nah, semoga beberapa tips cara parafrase di atas bisa bermanfaat buat kamu, GenK. Kalau bayang-bayang plagiarisme masih bergentayangan di pikiranmu, coba simak artikel kami sebelumnya tentang cara cek plagiat. Tulisan pun jadi aman, kamu bisa lebih santai dan merasa nyaman. 😊

Polling 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

9 Cara Membuat CV Yang Menarik Perhatian Rekruiter

Creativepreneur and Career

4 Manfaat Dari Penggunaan Brand Avatars Yang Harus Kamu Tahu

Creativepreneur and Career

4 Langkah Personal Branding di Medsos

Creativepreneur and Career

3 Tips Pitching Ampuh Untuk Menggaet Investor

Creativepreneur and Career

Simak Cara Membuat Bisnis Plan untuk Kamu yang Mau Berwirausaha

Creativepreneur and Career

Tips dan Trik Digital Storytelling yang Efektif untuk Bisnismu

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>