Creativepreneur and Career

Catat Strategi Branding Rendah Biaya yang Efektif untuk Bisnismu

Branding penting banget terutama untuk bisnis kecil dan menengah. Nah, banyak yang mengira kalau biaya untuk branding itu mahal, padahal nggak selalu. Ada strategi branding rendah biaya yang bisa diterapkan untuk bisnis kamu apapun itu. Begitu orang ngerasa familiar dengan brand kamu, maka kamu bisa langsung menjalankan strategi branding dengan cara yang lebih ngena. Untuk itu, catat strategi branding minim biaya berikut ini:

Bangun Komunitas

Sumber Gambar : unsplash.com

Keunikan brand kamu adalah sesuatu yang menjadi daya tarik bagi pembeli. Gimana produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa menjadi solusi, inilah yang membuat mereka tertarik. Nah, kumpulkan semua konsumen yang sepemikiran dan suka dengan brand-mu. Cara terbaik buat membangun komunitas ini, adalah melalui interaksi sosial. Bikin grup di Facebook, akun komunitas Instagram dan lain sebagainya. Mereka jadi mudah untuk saling berinteraksi. Dari sini, kamu pun bisa mengerti, apa sebenarnya yang jadi ekspektasi pembeli. Kamu juga bisa langsung promo saat ada produk baru.

Bikin Brand Voice yang Unik

strategi branding rendah biaya

Sumber Gambar : unsplash.com

Brand voice bukan cuma cara berkomunikasi dengan audiens kamu. Tapi, ini merupakan langkah branding untuk menjelaskan tentang brand kamu. Seperti apa gambaran tentang visi brand kamu tersebut. Jadi, brand voice membuat brand kamu tetap konsisten, terpercaya dan original. Menurut Stackla, 86% konsumen menganggap keaslian brand itu penting banget, dan jadi salah satu alasan kenapa mereka terus menggunakan brand tersebut. Sederhananya, brand voice itu tentang pencitraan tapi secara positif.

Berikan Pelayanan Terbaik

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Untuk selanjutnya, strategi branding rendah biaya adalah dengan memberikan pelayanan terbaik. Menurut Brand Manvision, lebih dari 73% pelanggan mencintai sebuah brand, karena pelayanan konsumen yang luar biasa. Pelayanan konsumen atau customer sevice adalah segalanya. Kamu harus bisa menyelesaikan masalah konsumen, menjawab pertanyaan mereka, menanggapi keluhan mereka. Pokoknya, bikin konsumen merasa diperhatikan sungguh-sungguh. Ini bakal menciptakan ikatan emosional antara brand kamu dan konsumen.

Baca Juga :   7 Pekerjaan yang Akan Hilang di Masa Depan Tergantikan Teknologi

Manfaatkan SEO Lokal

strategi branding rendah biaya

Sumber Gambar : unsplash.com

SEO lokal atau local SEO (Search Engine Optimization) adalah marketing tool yang berguna banget untuk bisnis kecil. SEO lokal ini juga membantu kamu dalam ber-partner dengan perusahaan apa aja. Mulai dari kerja sama untuk suatu event sampai kolaborasi jangka panjang. Menurut Google, 76% pengguna smartphone cenderung mencari bisnis lokal, saat mereka ingin membeli sesuatu. Jadi, saat kamu bisa meningkatkan engagement dengan audiens lokal, mereka bakal mempromosikan brand kamu dari mulut ke mulut. Terus, testimoni dari mereka bisa jadi social proof yang berguna banget buatmu. Peringkat brand kamu di Google search juga bakal terus naik.

Membuat Branding yang Konsisten

strategi branding rendah biaya

Sumber Gambar : unsplash.com

Elemen branding ada banyak, termasuk font, visual, sampai tone dan cara brand kamu berkomunikasi. Nah, ini semua harus konsisten. Terutama, seperti logo dan juga slogan untuk brand kamu, jangan sampai berubah-ubah. Gunakan palet warna, ukuran logo, hingga font style yang sama. Menurut Lucidpress, menjaga brand supaya konsisten, bisa meningkatkan pendapatan sampai 33%. Luar biasa, kan. Jadi, kalau brand kamu konsisten, orang mudah mengenalinya. Lalu, begitu mereka cocok dengan brand-mu, mereka bakal langsung balik lagi buat belanja di tokomu.

Demikian strategi branding rendah biaya yang praktis, bisa langsung kamu terapkan. Soalnya, branding itu penting untuk membuat brand kamu lebih dikenal. Juga agar brand kamu semakin terpercaya. Nah, cara-cara tadi bisa kamu coba sambil menghemat bujet kamu, lho. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021

Creativepreneur and Career

Langkah dan Alasan Kenapa Kamu Perlu Membuat Business Plan