Creativepreneur and Career

Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

design thinking

3. Hands On

Ibarat bekerja, metode hands on merupakan kerja lapangan, di mana kamu turun langsung untuk melakukan suatu pekerjaan. Pada proses desain tentu memerlukan percobaan secara langsung oleh tim desain. Jadi tidak saklek untuk membuat teori atau sekadar membuat gambar di atas kertas.

Metode ini tentu punya banyak keuntungan, salah satunya adalah mempermudah kamu untuk melihat bentuk nyata dari rancangan desain yang kamu buat. Jadi bukan sebatas mengawang-awang lagi. Kalau sudah tahu bagaimana bentuknya, maka akan ketahuan apa saja keunggulan dan kekurangan desainmu. Sehingga bisa cepat-cepat revisi deh.

4. Iterative

Terakhir adalah iterative yang merupakan proses mendesain dengan menggunakan metode pengulangan. Setiap tahap yang kamu kerjakan ketika mendesain akan dilakukan secara berulang-ulang. Tujuan metode ini agar kamu dapat melakukan improvisasi. Kemudian pada akhirnya nanti, kamu dapat menghasilkan desain produk yang baik, bahkan di atas standard jika memungkinkan.

Baca Juga :   Ikuti 5 Tahap Proses Kreatif untuk Ide yang Lebih Imajinatif

Berpikir Desain Secara Non-Linear

design thinking 8

Pola non-linear (sumber: interaction-design.org)

Dari kelima tahap design thinking, sebenarnya bisa kamu ubah urutannya loh. Tidak selamanya saklek berurutan seperti itu. Karena pada dasarnya proses ini dilakukan dengan cara yang fleksibel alias non-linear. Jika kreativitas mandek di tahap ideate, kamu bisa balik lagi ke tahap empathise. Kemudian jika kamu mentok di tahap test, kamu bisa balik lagi ke tahap ideate. Begitu pula pada tahap yang lainnya. Tidak ada aturan yang pasti soal urutan design thinking. Jadi tidak masalah. Bagaimanapun cara yang kamu pilih, yang terpenting kamu nyaman dan akhirnya dapat memecahkan masalah.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Yuk, Belajar Content Marketing Sebagai Strategi Efektif untuk Menarik Customer

Creativepreneur and Career

Kenali Perbedaan Marketing dan Advertising Biar Nggak Rancu

Creativepreneur and Career

4 Manfaat Dari Penggunaan Brand Avatars Yang Harus Kamu Tahu

Creativepreneur and Career

Strategi Marketing Visual untuk Promosi yang Efektif di Era Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published.