Mengenal Apa Itu Digital Nomad, Si Pengembara Abad ke-21

Dibaca Normal: 4 menit aja
digital nomad

Kamu pasti menyadari bahwa saat ini semuanya sudah serba internet. Bertukar informasi juga jadi lebih mudah bagai membalikkan telapak tangan. Mau melakukan apa pun seakan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Inilah yang menjadi salah satu alasan munculnya digital nomad.

Maraknya digital nomad merupakan salah satu fenomena yang terjadi karena adanya perubahan pola pikir anak muda masa kini. Stigma bahwa bekerja itu harus di kantor sedikit demi sedikit pun mulai bergeser. Adanya internet yang memadai sangat mendukung kamu untuk bekerja dari jarak jauh, GenK.

Sebenarnya apa itu digital nomad dan kenapa banyak anak muda yang tertarik beralih menjadi salah satu bagiannya? GenKreativv bisa langsung simak jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Digital Nomad?

Pengertian digital nomad berasal dari kata digital yang berarti berhubungan dengan sistem perhitungan tertentu dan nomad yang berarti pengembara atau nomaden yang berarti berpindah-pindah.

Waduh jangan-jangan beneran pengembara? Eh, tapi ini bukan sembarang pengembara, GenK.

digital nomad

Digital nomad adalah istilah yang digunakan oleh seseorang yang memilih untuk bekerja secara lepas dari jarak jauh dan berpindah-pindah sehingga tidak perlu terikat oleh waktu dan tempat dengan memanfaatkan adanya teknologi digital masa kini.

Dengan adanya internet, mereka bisa menyelesaikan pekerjaan di rumah atau di mana pun. Tak jarang juga kamu akan menemukan mereka sibuk menyelesaikan pekerjaan di tengah keramaian kota atau mojok seharian di kedai kopi.

Baca Juga
Tips dan Trik Cara Menjadi Digital Nomad Abad ke-21

Siapa yang Termasuk Digital Nomad?

Seseorang dapat dikatakan sebagai digital nomad apabila sudah memenuhi sebuah kriteria tertentu, GenK. Ini bukan kriteria yang saklek dan mesti dijadikan patokan sih, hanya saja dapat digunakan sebagai bahan untuk tolak ukur.Ini dia beberapa kriterianya:

  1. Bekerja dari tempat pilihanmu dengan memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan dan berhubungan dengan klien.
  2. Freelancer yang bekerja sebagai graphic designer, content writer,web programmer, dan lain-lain.
  3. Umumnya bekerja secara remote.
  4. Lebih banyak berkomunikasi jarak jauh daripada bertemu langsung dengan klien, pegawai, atau atasan di kantor.
  5. Seseorang yang memaksimalkan dunia digital untuk berkarya, seperti influencer, vlogger, blogger, podcaster, dan lain-lain.
  6. Admin atau owner online shop yang menjual produknya melalui toko jual beli online.

Tips: Apabila kamu tertarik menjadi salah satu bagian nomad abad ke-21, pahami terlebih dulu kelebihan dan kekurangan freelancerseperti yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Baca Juga
4 Kota yang Menjadi Favorit Para Digital Nomad Indonesia

Digital Nomad Menjadi Lifestyle

digital nomad

Bekerja sambil travelling (sumber: creamcareers.ca)

Jalan-jalan keliling dunia sambil menghasilkan uang lewat online terdengar sangat keren. Semuanya bisa diwujudkan apabila kamu beralih menjadi nomadabad ke-21.

Tak dapat dimungkiri, hampir semua orang mengidam-idamkan pekerjaan seperti ini. Apalagi kalau kamu punya kepribadian introvert yang cenderung tidak suka berada di tempat ramai.

Travel and connect with people all over the world.

Digital nomad dapat bekerja dari jarak jauh, tidak perlu tua di jalan karena terjebak macet saat ke kantor, dan tidak perlu bertemu dengan orang yang sama setiap harinya. Jadinya bikin kamu gak cepet bosen. Kalau begini sih, jiwamu berasa muda terus.

Kerja secara nomaden lama kelamaan menjadi lifestyle anak muda masa kini. Tapi kamu kamu juga tidak boleh menutup mata kalau sebenarnya digital nomad juga memiliki kekurangan yang patut dijadikan pertimbangan.

Baca Juga
Ingin Jadi Digital Nomad? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur & Career

Startup vs Corporate: Mana yang Harus Kamu Pilih?

Creativepreneur & Career

Tidak Hanya Unicorn, Ini dia 6 Level Valuasi Startup

Creativepreneur & Career

Ingin Kerja di Agency? Pahami Dulu Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Creativepreneur & Career

4 LinkedIn Hack yang Bisa Bikin Profil Kamu Jadi Lebih Powerful

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link