Creativepreneur and Career

Digital Storytelling, Cara Berbisnis Efektif di Era Digital

digital storytelling

Berbisnis lewat digital platform merupakan cara jitu untuk dapat memaksimalkan potensi bisnismu. Manfaatkanlah momen ini dengan sebaik-baiknya agar bisnismu dapat berkembang lebih cepat di antara kompetitor lainnya. Salah satu rahasianya adalah lewat digital storytelling, GenK.

Hampir setiap aspek bisnis didasarkan pada data. Meskipun data menjadi alat ukur untuk berbisnis, tapi bakal membosankan juga kalau cara penyampaiannya kurang oke. Carilah cara yang relevan dengan pengguna bisnismu, di saat itulah peran digital storytelling menjadi penting, GenK.

Sebelum menyelam lebih dalam, ada baiknya kamu cari tahu terlebih dulu tentang pengertian digital storytelling yang sebenarnya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini! 😄

Apa Itu Digital Storytelling?

digital storytelling

Pada dasarnya, storytelling adalah bercerita tentang apa pun, terkadang dibumbui dengan improvisasi yang dibuat-buat supaya lebih seru. Storytelling memiliki pengaruh besar dalam menginspirasi seseorang untuk bertindak, karena ceritanya jadi lebih mudah diingat apalagi kalau topiknya relevan. 

Cerita dapat membuat seseorang lebih mudah mengingat ide dan konsep dibandingkan dengan angka-angka yang tertera pada data.

Digital storytelling adalah bercerita lewat digital dengan mengambil unsur-unsur terbaik dari sebuah data yang dikemas dengan alur menarik, kemudian disampaikan secara online ke khalayak luas.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

Bentuk Digital Storytelling

Menentukan konten (sumber: altushost.com)

Dengan bercerita, kamu dapat menjelaskan dengan baik bagaimana suatu produk atau layanan yang ditawarkan bisnismu kepada pengguna. Tak lupa pemilihan teks dan visual yang oke dapat menunjang keberhasilanmu saat bercerita lewat digital. Hal ini dapat dijadikan sebagai taktik jitu untuk membangun brand-mu. 😉

Sebenarnya saat ini sudah terdapat banyak pilihan bentuk digital storytelling untuk memasarkan apa yang kamu jual kepada pengguna. Bisa lewat grafis, video, situs web interaktif, game online, atau podcast

Ini pula yang menjadi alasan kenapa podcast menjadi ladang bisnis yang menjanjikan di masa mendatang, karena kamu bisa mendapat uang dari podcast, GenK.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ketahui Yuk, 4 Cara Mempertahankan Pelanggan dengan Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Creativepreneur and Career

Manajemen Aset From A to Z, Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu

Creativepreneur and Career

Mindset Pengusaha Sukses yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan

Creativepreneur and Career

Memahami Manajemen Risiko Agar Bisnismu Berjalan Lebih Lancar