Creativepreneur and Career

Elevator Pitch, Kunci Sukses Gaet Banyak Pelanggan dan Investor Besar

elevator-pitch

Dalam dunia bisnis ada istilah pitching yang penting banget dikuasai, nih, GenK. Tapi,  apa sih, pitching itu? Pitching sendiri lebih dikenal sebagai presentasi formal dalam bidang bisnis, di mana prosesnya identik dengan waktu yang nggak sebentar. Padahal, sebenarnya kita juga bisa lho, menggaet pelanggan ataupun calon investor nggak pake lama. Gimana caranya? Emang bisa, ya? Kuncinya adalah teknik elevator pitch.

Elevator Pitch, Apa Itu?

mengenal-elevator-pitch

Presentasi untuk menggaet klien maupun investor (Sumber: uschamber.com)

Elevator pitch adalah jenis presentasi bisnis yang sangat umum dipilih ketika seseorang ingin mempresentasikan suatu bisnis dengan calon pelanggan maupun investor. Waktu presentasinya cenderung singkat dan biasanya nggak lebih dari 10 menit.

Nah, dalam waktu yang sangat singkat ini, kamu harus mampu memaparkan semuanya. Mulai dari informasi tentang perusahaan hingga tujuan yang ingin kamu capai dari proyek yang ditawarkan tersebut.

Kata atau istilah ini berasal dari filosofi elevator atau lift yang bergerak cepat dalam waktu singkat, di mana ketika elevator atau lift itu bergerak orang-orang di dalamnya nggak ada yang saling berbicara.

Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Elevator Lift?

elevator-lift-orang-diskusi

Waktu terbaik untuk pitching ke klien atau investor (Sumber: jojonomic.com)

Perlu diketahui kalau elevator lift itu nggak bisa dilakukan di sembarang waktu. Teknik ini cocok diterapkan pada waktu-waktu tertentu, misalnya ketika waktu yang disediakan nggak banyak. Contohnya saat job fair, pameran bisnis atau perkenalan singkat dengan klien.

Di luar momen-momen tersebut, kamu juga bisa, lho, merekam video presentasi pakai metode elevator pitch. Lalu, mengunggahnya ke berbagai website bisnis, seperti LinkedIn. Trik ini dinilai sangat berguna karena memungkinkan semakin banyak audiens, calon klien, calon investor dan calon pelanggan untuk menontonnya. Dengan begitu mereka dapat mengenal lebih dalam tentang karakteristik perusahaan kamu.

Ingatlah untuk terus meng-update dan mengikuti perkembangan zaman jika kamu mempostingnya di website atau media sosial. Ini karena minat pasar akan selalu berubah mengikuti perubahan masa.

Baca Juga :   3 Tips Pitching Ampuh Untuk Menggaet Investor
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Memahami Manajemen Risiko Agar Bisnismu Berjalan Lebih Lancar

Creativepreneur and Career

Mengenal Hak Merek dan Efek Pentingnya untuk Bisnis

Creativepreneur and Career

Cara Meningkatkan Skill Storytelling Marketing yang Harus Kamu Ketahui

Creativepreneur and Career

5 Fase Perjalanan Bisnis Ini Bakal Dilalui Entrepreneur Pemula