leadersingle
leadersingle

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

Dibaca Normal: 5 menit aja
facebook marketing

Siapa yang tidak kenal Facebook? Media sosial dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia ini merupakan platform yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal, termasuk membangun brand-mu. Yuk simak 5 tips Facebook marketing ala GenKreativv berikut! 

Upaya membangun brand di media sosial merupakan salah satu tren digital marketing yang sedang menjadi primadona beberapa tahun belakangan. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menggait pasar dengan menggunakan berbagai platform media sosial, salah satunya Facebook. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sebagai platform media sosial nomor satu, tak pelak membuat Facebook mendapat perhatian yang istimewa dong dalam upaya perusahaan untuk dapat terhubung dengan para konsumen dan penggunanya. 

Nah, setelah sebelumnya kami telah membahas mengenai tips cara menggunakan Instagram supaya kontenmu lebih menarik, kali ini kami akan berikan kamu tips kreatif Facebook marketing untuk membangun brand-mu di media sosial. Selamat membaca! 

1. Tuliskan Seluruh Ceritamu dalam Sebuah Facebook Post

Tips Facebook marketing pertama untuk membangun brand kamu adalah dengan membagikan cerita yang dapat menarik perhatian orang. Cerita yang dimaksud bisa berupa kisah tentang salah satu bagian dari brand seperti produk, atau tentang prestasi seorang karyawan. 

Tuliskan ceritamu secara lengkap dalam bentuk satu post utuh meskipun hasilnya akan jadi cukup panjang. Berdasarkan hasil studi National Public Radio (NPR) dari 30.000 link post Facebook mereka, ditemukan kalau post pendek (di bawah 120 karakter) memiliki angka klik yang lebih tinggi, dibanding post yang lebih panjang (di atas 280 karakter). 

Eits, tapi jangan salah, post yang lebih panjang ternyata punya angka “Other Clicks” yang lebih tinggi, seperti klik untuk “See More”, yang memang muncul pada post Facebook yang panjang. Artinya, para pembaca sudah mendapatkan semua yang mereka ingin ketahui dari post tanpa perlu mengeklik link

Bila kamu penasaran, Facebook page The Humans of New York bisa dijadikan referensi nih. Mayoritas post di halaman Facebook mereka cukup panjang dan mengharuskan orang mengeklik “See More” untuk membaca cerita lengkapnya. 

Membaca post yang panjang mungkin terdengar seperti bukan pilihan bagi beberapa orang, tapi buktinya, The Humans of New York menerima tingkat engagement yang cukup tinggi loh dari para pengguna Facebook. 

facebook marketing 1

Facebook Humans of New York (sumber: Facebook Humans of New York)

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Jika kamu ingin para fans Facebook-mu membaca cerita tentang kisah di balik brand-mu, menulis post panjang bisa jadi pilihan. Opsi ini paling tepat dipilih jika kamu ingin benar-benar menyampaikan sebuah cerita kepada audiensmu, dibanding hanya mengarahkan mereka menuju ke situs tertentu. 

Baca Juga
5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

2. Buatlah Foto Album Facebook

facebook marketing 2

Contoh album foto Facebook (sumber: buffer.com)

A photo tells a thousand words; many photos tell many thousand words. Gimana, setuju gak? Cara kreatif selanjutnya untuk Facebook marketing adalah dengan membagikan cerita seputar brand kamu lewat album foto Facebook. Seperti kata kutipan di atas, sebuah foto bisa menyampaikan seribu cerita. 

Cocok banget kalau kamu punya acara dengan banyak momen menarik yang bisa kamu bagikan lewat foto. Misalnya saat kegiatan outing bersama seluruh kru atau behind the scene proses syuting sebuah produk. 

Kabar baiknya, Facebook akan membagikan seluruh album ke News Feed setiap kali ada foto baru yang ditambahkan. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau para fans Facebook-mu akan ketinggalan update cerita saat kamu menambahkan foto baru. 

Dengan membagikan cerita melalui sebuah album foto di Facebook, orang-orang akan merasa kenal dan tahu lebih dalam mengenai seluk beluk brand kamu. Jangan lupa untuk turut menyertakan caption di setiap foto, supaya para pembaca tahu cerita di balik tiap momennya. 

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Setiap kamu akan mengadakan sebuah event, ajaklah para kolega dan para hadirin untuk mengambil sebanyak mungkin foto sesuka mereka. Lalu mintalah untuk mengirimkan hasilnya kepadamu. Foto-foto tersebut dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah album Facebook dengan memilih 10, 20, atau 30 foto terbaik. 

Baca Juga
Ingin Bisnis Laris Manis? Yuk Intip Cara Foto Produk Pakaian Berikut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

Kenapa Motion Graphic Designer Banyak Dicari?

Creativepreneur and Career

Ingin Kerja di Agency? Pahami Dulu Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Creativepreneur and Career

4 Tips Belajar SEO yang Dijamin Paling Ampuh dan Efektif

Creativepreneur and Career

5 Jenis Profesi Startup yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

Creativepreneur and Career

7 Tips Membuat Copywriting yang Menarik dan Menjual

Creativepreneur and Career

Ini Dia Alasan Kenapa Behance Menjadi Platform Portofolio Terbaik

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>