8 Tips Memilih Foto LinkedIn yang Tepat dan Profesional

Dibaca Normal: 4 menit aja
kreativv ID

Sebagai sebuah platform media digital, foto profil yang kamu gunakan di akun LinkedIn-mu punya fungsi yang sangat penting terlebih untuk personal branding. Layaknya media sosial, foto profil LinkedIn dapat menjadi cerminan karakter dari sang pemilik akun. Apalagi buat kamu yang memang ingin menampilkan persona terbaik sebagai seorang profesional di bidang pilihanmu. 

Slider
Slider
Slider

Berdasarkan riset resmi yang dilakukan oleh LinkedIn, hanya dengan menambahkan foto profil, kesempatan akunmu untuk dilirik pengguna lainnya akan meningkat hingga 14 kali lipat. Jadi bisa dibayangkan dong betapa pentingnya fungsi dari sebuah foto profil. Memilih foto LinkedIn juga gak boleh sembarangan loh. Nah, berikut ini kami punya beberapa tips yang disadur dari LinkedIn Business Solution untuk mendapatkan foto profil yang bisa menciptakan first impression yang baik. 

1. Gunakan Foto yang ‘Kamu’ Banget

Maksud dari foto yang ‘kamu’ banget adalah foto yang dapat dengan jelas memperlihatkan siapa dirimu sebenarnya saat bertemu dengan orang lain secara langsung. Beberapa kasus yang paling sering terjadi adalah orang kerap kali menggunakan foto dirinya yang diambil 10 tahun lalu. Mungkin saja ketika itu masih menggunakan kacamata, kawat gigi, atau punya potongan rambut yang sama sekali berbeda dengan sekarang. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Foto LinkedIn 1

Selalu gunakan foto terbaru untuk profil LinkedIn (sumber: business.linkedin.com)

Foto seperti contoh di atas tentu saja merupakan sebuah big ‘NO’! Bayangkan saja betapa recruiter atau calon kandidat akan terkejut ketika bertemu pertama kali. Maka dari itu selalu pastikan untuk selalu menggunakan foto diri yang paling up-to-date, dengan rentang waktu pengambilan beberapa tahun terakhir. Pastikan foto yang kamu pilih mirip dengan tampilan kamu sehari-hari, tanpa terlalu banyak perbedaan yang drastis. 

2. Foto dengan Resolusi Tinggi 

Ukuran ideal untuk foto profil LinkedIn adalah 400 x 400 pixel, dengan maksimal file sebesar 8 MB. Hindarilah memakai foto dengan resolusi yang rendah, apalagi kalau sampai hasilnya buram. Opsi terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengambil foto baru dengan kualitas yang mumpuni, bisa memakai kamera profesional atau kamera HP biasa. 

Baca Juga
9 Cara Membuat CV Yang Menarik Perhatian Rekruiter

3. Rasio Wajah di Foto Profil 

Kalau foto kamu dari kejauhan di puncak Menara Eiffel mungkin bisa mengundang banyak likes di Instagram, foto tersebut akan kurang ideal jika digunakan di LinkedIn. Untuk menampilkan visual yang ideal dan profesional di akunmu, usahakan untuk menggunakan foto dengan minimal rasio wajah di frame sebesar 60% atau dalam close-up shot. Cukup crop foto sehingga yang terlihat hanyalah bagian bahu ke atas saja, jadi wajahmu bisa tampak dengan jelas. 

Baca Juga
8 Cara Membangun Jenjang Karir yang Kamu Inginkan

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

Ini Rekomendasi Ide Bisnis di Masa Pandemi untuk Bertahan di Masa Sulit

Creativepreneur and Career

5 Tips Ampuh Belajar Coding Dasar untuk Pemula

Creativepreneur and Career

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membuat Mind Mapping

Creativepreneur and Career

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

Creativepreneur and Career

5 Tips Work From Home Ini Bikin Kamu Tetap Produktif

Creativepreneur and Career

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link